Domain Expired : Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh Kasusnya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti mengkonsumsi konten-konten yang ada di internet, salah satu media yang mereka gunakan umumnya adalah website. Wadah ini banyak dimanfaatkan karena isi yang disajikan sangatlah beragam, website ini merupakan situs atau halaman dalam internet yang bisa diakses secara digital. Namun tahukah Anda bahwa di dalam website berisi banyak komponen seperti hosting, domain, dan lainnya.

Domain digunakan dalam sebuah hosting untuk membantu website sebagai alamat dari website itu sendiri, domain juga banyak ekstensinya seperti com, id, dan sebagainya. Uniknya nama domain hanya memiliki satu di dunia, sehingga tidak akan ada yang sama persis dan tidak bisa untuk ditiru satu sama lain. Keunikan ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi penggunanya.

Dalam dunia blog dikenal dengan istilah expired domain, yang disebut-sebut bagus dalam SEO, backlink, serta popularitas dari blog. Sehingga banyak blogger yang lebih memilih untuk membeli domain yang sudah expired ketimbang membeli yang baru, karena membeli expired domain tidak lagi membutuhkan untuk membangun popularitas blog dari awal lagi. Karena akan sangat banyak manfaat yang diberikan oleh domain yang sudah expired, manfaat ini menjadi keuntungan tersendiri bagi blogger.

 

Mengenal Apa Itu Domain

Sebuah domain adalah bukti nyata suatu website berada di Internet, seperti halaman web. Nama domain web adalah pengganti yang menggantikan alamat Internet Protocol (IP). Misalnya kita bisa mengganti IP address 123.456.789.100 dengan nama domain seperti www(dot)abcd(dot)com. Membuat terjemahan dari alamat IP ke nama domain dilakukan melalui Domain Name System (DNS). Menggunakan contoh kami sebelumnya, Anda dapat melihat bahwa jauh lebih mudah mengingat nama domain daripada alamat IP.

Penasaran tentang pertanyaan di awal? Yang manakah domain yang sebenarnya, Mari kita lihat nama domain kita lebih dekat. Nama domain seperti contoh di atas adalah www(dot)abcd(dot)com. Www adalah domain tingkat ketiga, memberitahu browser Anda untuk mencari nama domain di web. Bagian kedua, ‘abcd’, unik dan dianggap sebagai nama domain level kedua, dan bagian .com mewakili domain level teratas, atau TLD. Jadi, penjelasan diatas sudah jelas jika domain memiliki struktur dari Third Level Domain, Second Level Domain, hingga yang paling atas Top Level Domain. TLD ini juga sering dibilang ekstensi domain, pasti Anda sudah mengetahuinya juga, contohnya seperti .com, .net, .id, dan masih banyak lagi.

 

Kelebihan dari Expired Domain

Domain Expired : Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh Kasusnya
 

Domain yang sudah kadaluarsa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut ulasan terkait kelebihan dari expired domain.

 

  • Ranking Website Tinggi

    Umumnya ranking yang sudah kadaluarsa memiliki ranking website yang tinggi, karena pemilik yang baru tidak lagi perlu bersusah payah untuk melakukan promosi domain mulai dari awal. Anda akan lebih mendapatkan banyak keuntungan jika berhasil membeli domain yang kadaluarsa namun sudah memiliki ranking website yang tinggi, karena website yang biasa-biasa saja tidak banyak memberikan keuntungan bagi Anda.

  • Backlink Bagus

    Backlink yang sudah dibangun pada domain kadaluarsa yang Anda beli otomatis akan menjadi milik Anda, hanya perlu melakukan modifikasi dan menambahkan backlink yang sudah ada. Akan sangat beruntung jika Anda menemukan domain expired yang memiliki backlink yang berkualitas, namun perlu Anda ketahui bahwa backlink yang banyak tidak menjamin bahwa kualitasnya bagus. Karena backlink yang tidak berkualitas tidak akan membawa banyak manfaat bagi Anda, bahkan bisa menurunkan ranking Anda.

  • Terhindar dari Penalti Google

    Pemilik baru hanya akan menggunakan kembali domain yang sudah lama diindeks oleh Google, pemilik baru tersebut akan terhindar dari dugaan teknik promosi yang ilegal sehingga bisa menyebabkan turunnya ranking website. Anda harus hati-hati dalam memilih domain expired ketika ingin membelinya, karena domain expired umumnya tidak memiliki nilai kecuali memiliki kualitas dalam backlink, ranking, dan lainnya.

 

Baca Juga   :    Apa itu Domain : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

 

Kekurangan dari Expired Domain

Selain kelebihan yang sudah ditampilkan di atas, berikut ulasan terkait kekurangan dari expired domain yang harus juga Anda perhatikan serta ketahui :

 

  1. Pernah di Penalti oleh Google

    Di beberapa website kadangkala melakukan spamming dan hal lain yang bisa menaikkan peringkat website nya, sehingga berakibat pada penghapusan oleh google dari indeksnya sehingga tidak akan muncul hasil dari pencarian tersebut. Tidak banyak cara yang tersedia untuk mengetahui penalti atau tidaknya domain expired tersebut, Anda perlu waktu untuk kemudian memastikan bahwa domain tersebut tidak melakukan tindakan ilegal sebelumnya.

  2. Ranking Alexa Tidak Valid

    Jika ranking dari alexa tidak valid, ada kemungkinan bahwa ketika ia diaktifkan kembali yang ditimbulkan justru mengarah pada nilai buruk ketika nanti di reset kembali. Alih-alih Anda dapatkan keuntungan, yang ada justru rugi sebab membelinya.

  3. Backlink Berkualitas Rendah

    Alasan orang-orang atau bisa jadi termasuk Anda membeli domain expired karena backlink bawaannya, Anda perlu teliti dalam hal ini. Sebab tidak semua domain memiliki backlink yang bagus. Ada beberapa website yang melakukan kecurangan dalam backlinknya, sehingga kualitas dari backlink tersebut benar-benar rendah. Backlink dengan kualitas rendah tidak akan mempengaruhi trafik, namun backlink yang sedikit namun berkualitas justru bisa meningkatkan traffic website Anda.

 

Baca Juga   :   Perbedaan Registry, Registrar dan Registrant pada Akreditasi Domain Indonesia

 

Dampak dari Domain Expired

Domain Expired : Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh Kasusnya
Di balik banyak kelebihan dan kekurangan, domain expired membawa dampak pada setiap penggunanya. Berikut penjelasannya.

 

  • Suspend Sementara

    Masa aktif yang dimiliki sebuah domain bergantung pada kontrak antara Anda dengan penyedia layanan, sehingga harus memilih waktu yang sesuai dengan jangka waktu yang tersedia. Saat Anda lupa melakukan perpanjangan, maka website yang Anda miliki akan di suspend dalam sementara waktu sehingga tidak bisa untuk diakses.

  • Membayar Denda

    Keterlambatan dalam perpanjangan domain membuat Anda harus menggunakan uang Anda, denda yang ditetapkan sejumlah uang sebesar 10 kali lipat. Domain yang belum bayar mempunyai masa ngantuk di atas jam 5 cm, jika Anda belum juga membayarnya maka Anda akan masuk dalam.

  • Domain Diambil Orang

    Domain yang sudah tidak diaktifkan akan otomatis bisa digunakan oleh orang lain, jika saat seperti itu tidak melakukan perpanjangan bisa saja Anda akan masuk ke tahap pending elite.

 

Baca Juga  :    Macam-Macam Ekstensi Domain yang Perlu Kamu Ketahui Serta Fungsinya

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah membaca dan memahami artikel di atas, bisa Anda ambil pemahaman jika tidak melakukan perpanjangan domain. Ada beberapa kerugian yang akan didapatkan seperti ranking SEO yang menurun, SEO menjadi sangat penting untuk memajukan website yang Anda miliki. Website dengan SEO yang selalu baik akan berada dalam halaman utama mesin pencari, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mencari peringkat dalam hal ini. Selain itu Anda juga menaikkan ranking website dengan memanfaatkan expired domain, karena domain yang sudah dalam masa kadaluarsa namun memiliki kualitas yang bagus akan baik untuk perkembangan website Anda.

Namun perlu Anda ingat bahwa tidak semua domain expired bagus, Anda harus tetap hati-hati dalam memilihnya. Karena jika Anda sembarangan dalam memilih domain, Anda akan mengalami kesulitan kedepannya. Domain yang sudah di banned oleh pihak Google akan sangat sulit untuk dipulihkan, bahkan tak jarang domain tersebut sudah tidak lagi aktif.

Related Post :