10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Domain MY.ID

Domain & Hosting / 0 | | 1

Apakah anda pernah mendengar istilah domain? Domain sangat erat kaitannya dengan website, dimana domain menjadi faktor penting bagi sebuah website. Fungsi domain adalah sebagai identitas diri Anda. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk memilih nama domain yang simple agar lebih mudah untuk diingat. Website personal biasanya lebih mudah untuk menentukan nama domain dibandingkan dengan website lain. Domain MY.ID adalah salah satu yang bisa Anda gunakan

Sebelum menentukan nama untuk domain, alangkah baiknya untuk memahami beberapa level dari domain. Secara stuktural domain memilik tiga level yaitu Top Level Domain, Second Level Domain dan Third Level Domain. Jika dilihat dari jenisnya ada berbagai macam domain salah satunya domain MY.ID. Lalu, apakah Anda cukup familiar dengan domain yang satu ini? Apa itu sebenarnya domain MY.ID dan mengapa harus menggunakannya? Simak penjelasannya dibawah ini ya!

Baca Juga: Cara Membuat Bitly untuk Menyingkat Link Website Anda

Apa itu Domain MY.ID

Berdasarkan sejarahnya domain MY.ID pertama kali dikeluarkan oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) dan diresmikan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika RI tahun 2007. Sejak perilisannya domain ini terus berkembang dan mengalami kenaikan, Pandi mencatat ada 2491 nama pendaftar yang telah menjadi pengguna. Hadirnya domain ini juga bisa disimbolkan sebagai identitas website milik Indonesia.

Setelah melihat sejarahnya, maka Domain MY.ID adalah jenis ekstensi domain yang diciptakan untuk kepentingan personal website. Kepentingan personal ini meliputi blog pribadi, email pribadi dan lainnya. Lalu, apa saja keunggulan yang dimilki oleh domain MY.ID untuk blog agar orang tertarik menggunakannya?

Baca Juga: Panduan Membuat Blog dan Website Dengan Cepat dan Gratis

10 Alasan Memilih Domain MY.ID

Nah berikut ini akan kita jabarkan beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan domain MY.ID untuk blog, website portofolio dan lain-lain!

  • Harga terjangkau

Dari segi harganya, domain ini memiliki harga yang jauh lebih murah dimulai dari kisaran 10 ribu hingga 25 ribu. Meskipun harganya murah tetapi kualitas yang didapatkan sangat baik, bukan hanya itu saja untuk mendaftar sebagai pengguna caranya mudah, cukup menggunakan email dan verifikasi akun Anda.

  • Akses lebih cepat dan fleksibel

Dari segi aksesnya, domain ini memiliki akses lebih cepat karena DNS yang dikelola oleh PANDI berada di Indonesia. Sehingga memudahkan akses dan tidak menghambat server. Kemudian fleksibel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa khawatir jaringan lelet.

  • Mudah Optimasi SEO

Alasan memilih domain MY.ID untuk blog pertama adalah dari segi optimalisasi, domain ini sangat mudah Anda gunakan  jika ingin memiliki website yang dioptimasi oleh SEO. Bukan hanya itu eksistensi domain ini membuat SEO yang ada pada website akan lebih diakui oleh Google dan bisa mencapai halaman pencarian teratas dimesin pencari Google.

  • Banyak Kuota untuk Nama Domain

Alasan memilih domain MY.ID kedua adalah dari segi kuota domain, MY.ID menyediakan kuota yang sangat banyak untuk nama domain. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang ingin mengganti nama domain atau kesulitan memilih nama domain yang menggambarkan identitas diri Anda.

  • Lebih Mudah Diingat

Alasan memilih domain MY.ID ketiga adalah dari segi nama, jika Anda menggunakan domain MY.ID akan memudahkan pengunjung untuk mengingat. Karena nama domain ini sangat singkat, dibandingkan dengan nama domain lain yang panjang dan kata yang susah diingat.

  • Memiliki masa berlaku

Alasan memilih domain MY.ID adalah dari segi masa berlaku, sama seperti domain lainnya domain MY.ID juga memiliki masa berlaku status yang disebut Domain Life Cycle. Perbedaan jika ekstensi domain ini telah habis masa berlakunya, maka website Anda tidak akan langsung beku atau nonaktif. Sebaliknya, butuh waktu sekitar 35 hari untuk proses auto renewal period, kemudian dilanjutkan dengan proses redemption period 30 hari dan terakhir pending delete selama 7 hari. Hal ini sesuai dengan aturan domain.ID.

Baca Juga: Pentingnya Website dan Domain Bagi Bisnis Online yang Harus Diketahui Pemula

  • Mendapatkan Adsense

Dari segi Adsense, domain MY.ID sangat mudah untuk menerima Adsense. Ditambah lagi jika Anda konsisten mengelola website untuk memposting konten-konten orisinil hasil karya Anda, maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Namun, pastikan untuk tidak melakukan plagiat terhadap karya orang lain, agar kualitas konten Anda baik begitupun dengan Adsense yang akan diterima.

  • Menjadi Identitas Negara

Dari segi identitas, sangat jelas dari namanya domain MY.ID berasal dari Indonesia. Saat pengunjung melihat website Anda mereka akan benar-benar langsung mengetahui bahwa domain ini memiliki legalitas website dari Indonesia. Bukan hanya itu saja, di dunia Internasional akan semakin memperkenalkan salah satu produk buatan Indonesia berupa domain yang tidak kalah saing dari negara lain.

  • Tepat Sasaran dengan Target

Dari segi target, Anda bisa menargetkan pengunjung website melalui domain MY.ID ini. Caranya adalah perbanyak informasi dalam bahasa Indonesia, karena sesuai sasarannya mereka para pengunjung dari Indonesia akan lebih sering mencari informasi dari website asli Indonesia. 

  •  Membentuk Personal Branding

Terakhir, domain MY.ID untuk blog sangat cocok digunakan untuk membangun citra brand bagi Anda yang akan memulai bisnis. Anda bisa mengubahnya menjadi website atau blog khusus bisnis. Mulailah dengan konsisten membuat konten promosi produk Anda agar personal branding Anda semakin meningkat.

Baca Juga: Mengenal Top Level Domain (TLD): Tipe dan Cara Kerjanya

Penutup

Demikianlah beberapa alasan penggunaan domain MY.ID untuk blog, website portofolio, dan kebutuhan lainnya yang sudah kami rangkum untuk Anda. Diantara 10 keunggulannya Anda bisa mencoba untuk membandingkan domain ini dengan domain lain.

Jika Anda ingin menggunakannya secara pribadi, sangat disarankan untuk memakai domain MY.ID karena domain ini spesifik untuk keperluan pribadi. Anda bisa membeli domain MY.ID termurah hanya di IDCloudHost Setelah Anda tau banyaknya kelebihan dari domain ini, Anda wajib memasukkan ekstensi domain yang satu ini kedalam Top List domain terbaik ya!

bundling wordpress hosting dan domain my.id

Related Post :

popup image