Keunggulan dan Kapasitas Software as a Service (SaaS)

Cloud Computing / 0 | | 0

Penggunaan software as a service (SaaS) pertama kali digunakan semenjak tahun 2015. Adanya perkembangan teknologi dan informasi membuat perusahaan harus mampu memahami trend perkembangan yang sedang digalakkan salah satunya dengan penggunaan software.

Lebih lanjut, tentu saja hal ini menjadi keuntungan dalam menciptakan efisiensi dalam operasional dan meningkatkan kemungkinan pertumbuhan dalam sebuah bisnis. Dengan demikian, SaaS sebagai bagian dari teknologi cloud computing semakin memegang peranan penting dalam sebuah eksistensi bisnis. 

Jika Anda sedang mengeksplorasi berbagai tentang SaaS dan ingin mengetahui manfaat yang diberikan untuk bisnis Anda, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda baca. Kami akan menyajikan berbagai wawasan tentang SaaS dan bagaimana penggunaan SaaS yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Dengan demikian, langsung saja kita simak artikel berikut ini!

Apa Itu SaaS? 

Keunggulan dan Kapasitas Software as a Service (SaaS)

Software as a service (SaaS) adalah model pengiriman perangkat lunak berbasis cloud dimana penyedia cloud melakukan pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak aplikasi cloud, menyediakan pembaruan software otomatis, dan membuat software tersedia bagi pelanggannya melalui internet dengan basis pay-as-you-go. 

Adapun contoh pengimplementasian SaaS adalah pada Google Docs yang merupakan akses web browser instan yang memungkinkan Anda menulis, mengedit, mengkolaborasikan dokumen dengan pengguna lainnya.

Adapun contoh lainnya juga dapat dilihat pada Dropbox yang merupakan layanan penyimpanan awan sehingga memungkinkan Anda untuk membagikan, menyimpan, dan mengkolaborasikan data dan file. Selain itu, adapun contoh implementasi SaaS dapat Anda lihat Google G Suite, Office 365, SAP Concur, Cisco Webex, dan sebagainya. 

Sebagai sebuah layanan, SaaS memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi melalui browser internet sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan download software pada PC atau jaringan bisnis untuk menjalankan atau melakukan update. Adanya SaaS dapat membuat bisnis menurunkan pengeluaran, meningkatkan solusi bisnis yang lebih cepat, dan memprediksi biaya total dengan akurasi yang lebih baik. 

Kelebihan SaaS

Keunggulan dan Kapasitas Software as a Service (SaaS)

Dalam menggunakan suatu software, kelebihan adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, berikut telah kami rangkum beberapa kelebihan SaaS yang perlu Anda ketahui: 

  • Aksesibilitas

Salah satu kelebihan SaaS adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi melalui internet browser sehingga tidak peduli sistem operasi apapun yang Anda gunakan, aplikasi tetap aksesibel untuk digunakan. Hal ini juga membuat SaaS versitele digunakan untuk berbagai hal, bahkan untuk smartphone yang menjalankan Android atau iOS sekalipun. Dengan demikian, aplikasi SaaS memang didesain mobile-friendly sehingga bisa digunakan dengan berbagai keadaan. 

  • Pembaharuan (updates)

Pada dasarnya, SaaS dijalankan pada komputasi awan sehingga vendor bisa melakukan pembaruan softwarenya secara terpusat tanpa harus mengganggu operasional terhadap pengguna (users).  Dengan demikian, hal ini membuat SaaS sangat kontras dengan perangkat lunak lokal yang seringkali memerlukan tingkat kompatibilitas dan keamanan titik akhir pengujian yang bahkan sebelum pembaruan dan tambalan rutin dapat diterapkan.

SaaS dapat menghindari jebakan pengujian yang memperlambat siklus pengembangan dan akses ke fitur baru bagi pengguna. Lebih lanjut, SaaS juga dapat memastikan bahwa pembaruan keamanan diterapkan sesegera mungkin. Hal tersebut berbeda dengan perangkat lunak lokal yang mungkin tetap rentan terhadap serangan hingga staf manajemen layanan IT telah menyelesaikan pengujian mereka.

  • Hardware

SaaS memungkinkan bisnis terkecil pun sekarang dapat memiliki akses software melalui aplikasi cloud berbasis SaaS yang awalnya hanya mampu dibangun oleh enterprises tertentu saja. Selain itu, SaaS dapat diskalakan karena jika Anda perlu menambahkan lebih banyak pengguna ke layanan Anda atau sebaliknya menguranginya, Anda cukup melakukan penyesuaian. Dengan demikian, Anda tidak harus membeli lebih banyak hardware saat memperluas dan sebaliknya. 

  • Jangkauan pasar

SaaS membuat vendor mampu memasok layanan perangkat lunak ke berbagai pasar sasaran, bukan hanya segmen pasar yang terbatas dan tertentu saja. Lebih lanjut, hal Ini membuat penetapan harga bisa lebih murah dan lebih mudah diakses oleh bisnis dari berbagai ukuran. Bagi pengguna, harga yang murah dapat mengakses layanan yang biasanya tidak tersedia sehingga memperluas dan meningkatkan layanan bisnis, produktivitas, dan peluang.

  • Penyimpanan 

SaaS memungkinkan data disimpan secara rutin di cloud. Lebih lanjut, adapun keuntungan ganda dari hal ini bukan hanya aspek redundansi, melainkan karyawan juga dapat beralih antar perangkat tanpa kehilangan pekerjaan atau data, hanya dengan masuk ke satu akun, terlepas dari perangkat mana yang digunakan.

  • Data dan Analitik

SaaS merupakan layanan yang dijalankan melalui platform terpusat sehingga

memudahkan untuk menyajikan data dan menyediakannya secara analitik. Bisnis yang menggunakan perangkat lunak SaaS biasanya memiliki akses ke pelaporan dan alat intelijen serta visualisasi yang dapat memberikan wawasan tentang operasi bisnis, memungkinkan alur kerja yang disederhanakan, dan penghematan secara efisien

Kapabalitas SaaS

Keunggulan dan Kapasitas Software as a Service (SaaS)

Setelah mengetahui manfaat yang diberikan oleh SaaS, maka berikut ini kami sediakan tabel yang memberikan insight kepada Anda mengenai kapabilitas yang dimiliki SaaS. Kapasitas SaaS tersebut dapat menjadi tolak ukur bagi Anda yang sedang mempertimbangkan dalam menggunakan SaaS. Dengan demikian, lihatlah tabel berikut ini:

 

Keterangan  Kapabalitas
Solusi lintas bisnis yang terhubung 
  • Mampu menghubungkan dan mengoptimalkan proses bisnis lintas departemen
  • Dapatkan pandangan holistik dari keseluruhan bisnis Anda
Memiliki update yang flexible dan lebih cepat
  • Memiliki akses kemampuan baru setiap tiga bulan
  • Pilih update yang sesuai dengan kecepatan bisnis Anda dan tidak tergantung pada jadwal penyedia
Personalisasi yang mudah
  • Memiliki kustomisasi yang baik melalui adanya update
  • Mampu menjadi solusi kustomisasi yang cepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda
Kemampuan analitik 
  • Mampu menghindari biaya data yang mahal dan memakan waktu
  • Mampu mengakses data secara real time
Portabilitas data
  • Dapat mempersiapkan, memvisualisasikan, dan menganalisis data dengan cepat untuk melihat pola dan tren
  • Mampu membagikan dan/atau memindahkan data di seluruh SaaS, on-premises, dan aplikasi cloud pribadi.
  • Dapat menggabungkan data pihak ketiga untuk analitik 
Inovasi yang lebih cepat dengan memanfaatkan teknologi yang dapat disematkan
  • Mampu berinovasi dengan cepat dan berkesinambungan dengan AI, pembelajaran mesin,chatbots, asisten digital, IoT, blockchain, dan teknologi baru lainnya
  • Mampu meningkatkan produktivitas dengan pembelajaran mandiri dan kecerdasan adaptif bawaan

Kekurangan SaaS

Keunggulan dan Kapasitas Software as a Service (SaaS)

Meskipun SaaS memberikan banyak manfaat dalam operasional bisnis bukan berarti SaaS tidak memiliki kekurangan. Mengetahui kekurangan SaaS akan menjadi media pertimbangan bagi Anda untuk melakukan perbandingan. Dengan demikian, berikut telah kami rangkum kekurangan SaaS yakni sebagai berikut: 

  • Keamanan 

Keamanan menjadi salah satu media yang paling diperhatikan dalam SaaS. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan aplikasi SaaS, maka secara tidak langsung Anda mempercayakan data bisnis yang Anda miliki kepada pihak ketiga. Jika Anda berurusan dengan informasi sensitif, Anda harus sangat berhati-hati dengan manajemen identitas dan akses yang digunakan. Hal tersebut menjadi penting karena berhubungan dengan berbagai resiko kebocoran data, serangan peretas, dan berbagai insiden lainnya. 

  • Resiko penghentian layanan 

Dalam alasan tertentu, penyedia terkadang harus menghentikan layanan sehingga pelanggan tidak dapat terus menggunakan layanan SaaS dan akan kehilangan semua data yang dibagikan dengan penyedia. Meskipun demikian, jika jika layanan dihentikan karena misalnya perusahaan bangkrut, maka vendor akan memberi tahu pengguna dengan waktu yang cukup untuk melakukan pemulihan data.

  • Kebutuhan akan kualitas internet yang mumpuni

Pada dasarnya, akses layanan ini melalui browser web sehingga menjadi hal yang memudahkan penggunanya karena mudah diakses namun jika memiliki koneksi Internet yang buruk malah dapat membatasi penggunaannya. Misalnya Anda memiliki koneksi internet yang lambat dapat menyebabkan waktu muat yang sangat lama sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. 

  • Fitur yang terbatas

Meskipun SaaS memberikan beberapa kustomisasi bandwidth namun masih memiliki batasan. Saat Anda berlangganan aplikasi yang dihosting, Anda dibatasi oleh fitur dan fungsi yang disediakan oleh solusi tersebut yang tidak mencakup semua kebutuhan bisnis Anda. 

  • Tidak dapat diakses selama periode waktu henti

Karena arsitektur multi-penyewanya, jika layanan turun dari ujung penyedia, pelanggan tidak akan dapat mengakses aplikasi.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai SaaS dan semoga membantu Anda dalam memaksimalkan layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan layanan tersebut, Anda dimungkinkan mengefisiensikan operasional bisnis Anda sehingga Anda dapat menurunkan pengeluaran, meningkatkan solusi bisnis yang lebih cepat, dan memprediksi biaya total dengan akurasi yang lebih baik. 

Setelah memahami mengenai layanan ini dan tentunya Anda menginginkan layanan cloud yang memadai, Anda dapat menggunakan layanan Cloud VPS IDCloudHost. Layanan ini didukung dengan fleksiblitas dengan sistem pay as you grow dan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, dapatkan layanan cloud yang memadai dan fitur tercanggih dalam mengefisiensikan operasional bisnis Anda ya!

 

Related Post :

popup image