Marketing Automation: Panduan Sukses Bisnis

Business, Marketing / 0 | | 0

Dunia Digital Marketing menjadi strategi yang bagus pada zaman yang serba menggunakan teknologi saat ini. Namun, dalam penerapannya anda membutuhkan marketing automation yang dapat melakukan tindakan otomatis bagi konten digital anda.

Terutama ketika anda pintar dalam membaca pasar dan tren. Anda pasti akan memerlukan teknologi ini untuk melakukan pemasaran secara terus – menerus dengan sendirinya.
Oleh karena itu, Berikut ini berupa panduan dalam Marketing Automation yang dapat membantu kesuksesan bisnis anda. Yuk, simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Pandua Digital Marketing Untuk Pemula

Apa itu Marketing Automation?

Marketing automation adalah teknik otomatisasi pemasaran dengan software marketing hal ini tujuan untuk mengotomatisasi tindakan pemasaran. Apakah Anda merupakan seorang digital marketer? , anda pasti sudah mengetahui berbagai macam strategi digital marketing. Anda dapat memanfaatkan marketing automation ini untuk aktifitas marketing. Marketing automation menjadi solusi karena begitu banyak yang harus Anda kelola secara bersamaan.

 

Manfaat Marketing Automation

  1. Jangkauan Pelanggan Lebih Luas

    Marketing Automation akan membantu anda dalam mempromosikan bisnis melalui berbagai layanan digital seperti social media atau platform lainnya. Keunggulan Marketing Automation juga akan membantu tim marketing menemukan lead dalam jangkauan yang lebih luas. Dari semua lead tersebut, tentu Anda juga akan menemukan lead yang memiliki potensi besar untuk bisnis Anda.

  2. Meningkatkan Prospek Pelanggan

    Marketing Automation merupakan bagian dari CRM yang dapat membantu perusahaan lebih terhubung dengan pelanggan. Sebagai contoh, ketika Anda menjalankan strategi marketing menggunakan platform yang dapat diintegrasikan dengan MA seperti SMS/Messenger/Socmed, pelanggan akan lebih mudah untuk mengingat perusahaan. Tak hanya itu saja, setiap notifikasi yang dihasilkan dari berbagai media tersebut juga akan muncul pada MA yang Anda gunakan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu tim marketing dalam melihat respon-respon dari pelanggan/prospek yang didapatkan.

  3. Retensi pelanggan lama

    Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh marketer, mereka lupa untuk menjangkau pelanggan-pelanggan lama yang masih memiliki peluang besar untuk melakukan pembelian ulang. Kehadian MA menghapuskan kesalahan tersebut. Artinya, tim marketing memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan-pelanggan lama agar melakukan pembelian ulang.
    Itulah beberapa manfaat dari MA yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memperbaiki metode pemasaran dan mempertemukan Anda dengan pelanggan yang potensial dengan hubungan yang baik pula dengan mereka.

Daftar Marketing Automation Tools Terbaik

Marketing automation memiliki banyak tools yang bagus untuk Anda coba. Untuk saat ini ada beberapa tools yang akan dibahas dalam artikel ini. Yuk, simak beberapa daftar marketing automation tools berikut ini :Beberapa manfaat software Automation Marketing adalah

 

1. Ontraport

 

 

Ontraport adalah perangkat lunak otomatisasi bisnis untuk pengusaha, solopreneurs, dan usaha kecil. Ontraport memiliki CRM yang berfungsi sebagai otomatisasi pemasaran, ia juga memiliki beberapa fitur lain untuk menjalankan dan menumbuhkan bisnis kecil, berikut ini tools yang dapat diterapkan oleh Ontraport :

  1. Email pemasaran
  2. Halaman Landing
  3. Pelaporan
  4. Commerce

Salah satu hal yang paling berharga yang ditawarkan Ontraport adalah fokus mereka pada pelaporan dan wawasan. Ontraport akan memberikan Anda tampilan laporan pada kinerja pemasaran Anda.

 

2. SendinBlue

 

 

SendInBlue dimulai sebagai agensi digital tetapi akhirnya membangun alat pemasaran email yang cukup kuat, seiring berjalannya waktu SendInBlue berubah menjadi perangkat lunak otomatisasi pemasaran yang sangat disukai.
SendInBlue memiliki beberapa fitur canggih, seperti pelaporan mereka dan memimpin scoring. Selain itu, SendinBlue menawarkan paket gratis yang cukup mengesankan, yang mencakup fungsi otomatisasi pemasaran dasar, dukungan telepon, dan hingga 300 email per hari. Anda juga dapat menjalankan strategi marketing dengan SMS dari SendInBlue.

 

3. ActiveCampaign

 

ActiveCampaign adalah pemasaran email yang terintegrasi, serta dapat mengotomatisasi pemasaran, dan CRM bisnis kecil.

Titik terkuat ActiveCampaign adalah fungsi otomatisasi pemasaran mereka yang kuat dan fleksibel. Ini adalah salah satu solusi paling komprehensif di pasaran. Keterkiriman mereka dinilai sebagai salah satu bagian atas di pasar, juga.

Ini mungkin bukan alat yang baik untuk pemula, atau mereka yang memiliki kemampuan teknis yang rendah. Dibutuhkan sedikit lebih banyak waktu dan usaha untuk belajar-tetapi ketika Anda belajar platform, itu cukup kuat.

 

4. Pardot

 

 

Pardot bagian dari SalesForce. Pardot adalah solusi otomatisasi cloud yang kuat sehingga sebagian besar perusahaan ini memiliki sumber daya teknis dan waktu untuk mempelajari platform.
Pardot memiliki banyak fitur canggih, mulai dari integrasi CRM hingga pemasaran melalui email, pemeliharaan prospek, Skor prospek, dan fungsi pelaporan ROI yang berharga untuk memastikan kampanye Anda bekerja.

Anda dapat melacak semua interaksi di situs web Anda dan membangun penilaian prospek prediktif berdasarkan parameter yang Anda tetapkan. Semua ini membantu meningkatkan efisiensi pemasaran dan menghapus waktu dan usaha terbuang dari tim penjualan Anda.
Penting untuk dicatat, Pardot adalah perusahaan yang kuat tetapi mungkin tidak dapat diakses atau terjangkau untuk usaha kecil, atau pengusaha.

5. InfusionSoft

 

 

InfusionSoft telah membantu ribuan pemasar memberikan pada prospek, pendapatan, dan target akuisisi pelanggan.

InfusionSoft sangat berkembang dalam usaha kecil dan kerumunan solopreneur, hal ini karena mereka memiliki basis pengguna yang cukup canggih.

Baca Juga : Panduan Memaksimalkan Online Marketing Untuk Pemula

Kesimpulan dan Penutup

Marketing Automation memiliki banyak keuntungan dalam dunia digital marketing. Beberapa manfaatnya yaitu : 1. Jangkauan Pelanggan Lebih Luas, 2. Meningkatkan Prospek Pelanggan 3. Retensi pelanggan lama.

Dalam penggunaanya, Marketing Atomation dapat membantu anda menjadwalkan dan membagikan konten anda sesuai keinginan anda secara otomatis pada social media atau platform lainnya.

Setelah anda memahami manfaat dan beberapa tools dalam Marketing Automation anda dapat menerapkannya dalam konten marketing platform anda.

Related Post :

popup image