Panduan Digital Marketing untuk Pemula

Business, Marketing / 0 | | 0

Dunia bisnis dengan menerapkan digital marketing akhir – akhir ini banyak diminati oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan dengan adanya kehadiran Internet dan Smartphone. Pemasaran melalui media online membuat bisnis menjadi lebih cepat dan efisien. Digital marketing mulai menguasai perusahaan kecil hinga menengah.

Digital marketing menawarkan solusi serba praktis. Sehingga banyak agensi yang menawarkan jasa digital marketing untuk mendukung bisnisnya. Misalnya pada pemesanan makanan, kini anda sudah tidak perlu datang jauh – jauh ke tempat makan yang anda inginkan, hanya dengan menggunakan aplikasi makanan yang anda inginkan akan dipesan dan diantar kerumah anda. Sehingga sistem tradisional mulai ditinggalkan karna memakan waktu yang lama dan tidak praktis.

Digital Marketing juga membantu banyak orang dalam memaksimalkan tujuan dari bisnisnya sehingga hal ini sangat berguna bagi Anda yang ingin memaksimalkan bisnis dengan memaksimalkan  channel- channel  digital marketing  yang ada. Digital Marketing juga menjadi salah satu  solusi  terbaik bagi Anda yang tidak  mempunyai budget  yang  banyak namun  yang terpenting adalah bagaimana Anda juga bisa memilih channel Digital Marketing yang  terbaik untuk bisnis Anda.

 

Mengapa Memulai Digital Marketing ? 

 

Mengapa Anda perlu memaksimalkan kegiatan Digital Marketing, kita bisa lihat ditahun 2018 pengguna internet di Indonesia sendiri sudah mencapai  143 juta pengguna dimana hal itu juga masih  1/4  dari keseluruhan jumlah popolasi yang ada di Indonesia. Sehingga hal ini membuat Digital Marketing menjadi salah satu teknik yang paling ampuh juga untuk bisa menjangkau  seluruh masyarakat Indonesia khususnya pengguna Internet yang Ada di Indonesia yang setiap tahunnya bertambah.

Selain itu kita juga bisa lihat peningkatan pengguna social media yang sangat besar di Indonesia didukung juga dengan  pertumbuhan smartphone yang semakin kencang sehingga bagi Anda yang melakukan kegiatan Digital Marketing dengan memaksimalkan smartphone menjadi peluang yang sangat cocok untuk Anda.

Dan yang  terakhir  yang Anda tidak boleh lupa juga jangan  lupa dengan market bonus demografi  yang ada di  Indonesia karena Indonesia di prediksi tahun 2030 menjadi salah satu negara bonus demografi  yang dimana didominasi oleh usia produktif.

Nah sekarang sudah tahukan bagaimana peluang dari Digital Marketing untuk bisnis Anda ? Berikut ini Definisi beserta cara kerja digital marketing yang wajib anda ketahui.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah merupakan usaha pemasaran produk yang memanfaatkan alat elektronik dan internet. Cara ini digunakan untuk mendapatkan costumer lebih banyak dengan jangkauan yang lebih luas. Contoh strategi digital marketing ini yaitu website, social media, iklan PPC, email marketing dan SEO merupakan contoh dari penerapan digital marketing. Digital marketing menggunakan Teknik psikologi pasar dan teknologi.

 

Digital Marketing memang susah-susah gampang, namun yang jelas bagaimana pengguna dapat dengan cerdas juga memilih channel yang efektif terlebih dahulu agar kegiatan Digital Marketing bisa berjalan dengan baik. Tentunya implementasi Digital Marketing jika dilakukan dengan tidak benar juga tidak akan membuat bisnis online itu juga berjalan dengan baik.

 

Keunggulan Digital Marketing

Setelah memahami pengertian digital marketing, kita dapat melihat berikut ini keunggulan digital marketing, Sebenarnya juga ada banyak sekali  keunggulan  yang bisa Anda manfaatkan dengan penerapan Digital Marketing, dalam artikel ini  kita akan jabarkan keunggulan memaksimalkan  Digital Marketing yaitu :

  • Luasnya Pemasaran
    Dulu ketika kita ingin memasarkan sebuah produk, kita bisa memasarkannya lewat baliho, media cetak alias koran, hingga brosur yang dibagikan dan dipasang ditempat yang ramai pengunjung. Pemasaran tradisional seperti ini memerlukan banyak biaya, dan waktu untuk mendapatkan pelanggan. Namun, jika kita ingin menjangkau pasar yang lebih luas, cara ini kuranf efektif. Kini, untuk memasarkan sebuah produk kita bisa memasarkannya sendiri melalui media online. Bahkan dengan digital marketing seperti ini, kita dapat menjangkau pelanggan hingga pasar  internasional tidak hanya di nasional saja. Hal ini tentu akan mendapatkan profit yang lebih besar.
  • Bersifat Fleksibel
    Pemasaran secara tradisional sudah mulai ditinggalkan karena banyak memakan waktu dan biaya. Berbeda dengan digital marketing, yang peosesnya anda bisa menentukan sendiri kapan waktunya untuk memasarkan produk anda. Bahkan, dengan digital marketing ini anda dapat menghemat budget pengeluaran anda.
  • Mempermudah Komunikasi
    Pemasaran tradisional dulu hanya bersifat satu arah, sehingga pelanggan menjadi kurang nyaman dengan keadaan tersebut karena tidak dapat langsung berinteraksi dengan penjual. Bisa jadi produk yang anda tawarkan tidak sesuai degan keinginan pembeli. Hadirnya digital marketing membuat komunikasi lebih aktif, sehingga pelanggan mendapat kepuasan setelah membeli. Hal ini dikarenakan pembeli dapat mengetahui keuntungan dan kerugian dari produk tersebut. Anda tidak perlu repot – repot untuk mendatangi toko yang barangnya, cukup dengan menggunakan smartphone saja anda bisa mendapat semua informasi dari prouduk.

 

Macam-Macam Digital Marketing

Pada dasarnya ada beberapa kategori yang termasuk ke dalam digital marketing. Terutama juga media yang digunakan mulai dari Website, Email, Social media, serta platform lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan kegiatan Digital Marketing.

 

Berikut adalah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO itu sendiri adalah usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin pencarian. Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website , Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur seperti Google, Bing, dan lainnya.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu SEO Search Engine Optimization

Penerapan SEO akan berjalan dengan baik jika Anda mempunyai Website sehingga untuk bisa melakukan  teknik ini sendiri disarankan bagi Anda untuk mempunyai Website terlebih dahulu. Dalam SEO, Terdapat 2 teknik SEO. Diantaranya adalah SEO On Page dan SEO Off Page. Berikut penjelasan SEO On Page dan SEO Off page.

  • SEO On Page
    Search Engine Optimization / SEO On Page merupakan praktik optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang diterbitkan. Untuk langkah – langkah optimasi on page SEO fokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten. Hal ini berarti, on page SEO dapat diartikan adalah langkah untuk optimasi meningkatkan kualitas konten agar mudah dibaca dan dapat menarik perhatian pembaca website atau blog. Selain agar mudah dibaca, on page SEO yang dioptimasi dengan baik berfungsi untuk memudahkan mesin pencari seperti Google untuk memahami konteks konten dan relevansi website Anda dengan kata kunci yang dicari sehingga konten yang anda buat menjadi urutan pertama pada mesin pencarian Google.
  • SEO Off Page
    Website merupakan market utama dari bisnis Anda, karena selain memudahkan pembeli website juga dapat menjadi tempat portofolio bisnis anda. Website Anda dapat anda maanfaatkan untuk mendapatkan uang dengan Google Analytics untuk mencari kata kunci dalam sebuah konten. Tools dari Google yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para digital marketer.

Sebenarnya juga teknik SEO sendiri banyak sekali yang bisa dilakukan mulai dari Backlink, Memaksimalkan Konten, serta hal hal lain  yang dapat memaksimalkan hasil SEO dari Website kita di pencarian Google. Perlu diingat juga, kamu harus fleksibel untuk bisa lebih peka terhadap Algoritma Google Agar teknik SEO kamu tidak sembarangan atau berjalan dengan sia-sia.

2. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM merupakan salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas website pada Google. Tujuannya yaitu, agar konten yang dibuat menjadi nomor pertama di mesin pencarian. Nah ini bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang tidak mau lama lama melakukan optimasi untuk mendapatkan trafik dari Google.

Cara ini tentunya bisa  Anda lakukan jika Anda mempunyai budget marketing. Untuk SEM sendiri Ada beberapa model macam seperti Google Ads, Google Display, Youtube Ads, serta lainnya yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

3.    Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah teknik yang melibatkan pembuatan konten serta pendistribusian konten. Konten yang dibuat harus relevan, konsisten dan menarik audiens tujuannya yaitu menarik mereka menjadi konsumen.

Saat ini penerapan konten marketing bisa Anda maksimalkan dengan menggunakan konten baik dalam bentuk tulisan atau media lain seperti video. Kita ambil contoh bagaimana Aplikasi GOJEK memanfaatkan kampanye Cerdikiawan melalui konten marketing mereka dan ini sangat menarik untuk bisa memancing emosional marketing target user kita.

Untuk bisa memaksimalkan kegiatan Digital marketing dengan konten marketing ini sendiri juga g sembarangan, karena Anda perlu memaksimalkan aspek-aspek yang kiranya perlu di perhatikan juga. Konten Viral sendiri sebenarnya bisa juga Anda manfaatkan, bahkan konten viral modifikasi menyesuaikan bisnis kita bisa membuat user kita terkadang tertarik juga dengan konten kita dikarenakan mereka juga saat itu juga sedang menikmati momen viral yang pada saat itu  juga Anda menyungguhkan dengan versi Anda.

3. Social Media Marketing

Social media marketing adalah sebuah metode untuk mempromosikan produk atau layanan di platform media social dengan menggunakan internet. Artinya, social media marketing membuat produk atau layanan untuk ditampilkan dimedia sosial. Akan namun, Inti dari social media marketing terletak pada strategi pemasarannya.

Setiap social media memiliki keunggulan serta fiturnya sendiri, Anda harus jeli dalam memilih channel yang efektif untuk bisnis Anda sehingga hal tersebut bisa berjalan dengan lebih maksimal untuk kegiatan digital marketing dalam bisnis Anda. Memulai menjadi social media marketing dibutuhkan riset untuk menentukan kanal media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis Anda serta tren seperti apa dipasar yang akan dibeli oleh banyak orang.

Anda tidak perlu menggunakan Semua Social media untuk melakukan kegiatan marketing Anda, namun Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari Digital marketing Anda. Sebagai contoh  Anda mempunyai bisnis Fashion yang dalam hal ini  Anda bisa memaksimalkan Social media Instagram untuk Promosi bisnis Anda.

4. Pay Per Click (PPC)

PPC adalah kependekan dari Pay Per Click, yaitu model internet marketing yang memanfaatkan pemasang iklan, hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Hal ini berarti sistem periklanan ini universal dan bisa digunakan oleh para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram.

Selain itu, model iklan ini juga lebih efektif, lebih efisien, dan lebih ekonomis dibanding model iklan konvensional karena hanya menggunakan internet. Tersedia berbagai pilihan untuk membuat iklan PPC, dari Youtube Ads, Google Ads, Facebook Ads, hingga Instagram Ads.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing berarti pelanggan regular anda bisa mengiklankan produk Anda ke teman-teman atau followernya di media sosial. Contohnya ialah promo harga murah untuk penggunaan hosting anda. Sebagai informasi juga, IDCloudhost juga mempunyai program Affiliasi / Affiliate Marketing yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga : Keahlian Yang Harus Dimiliki Seorang Digital Marketing

6. Email Marketing

Email marketing adalah pengiriman pesan contohnnya newsletter dan promosi melalui email. Banyak yang menganggap email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Faktanya, berkata sebaliknya, penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya. Contohnya email marketing perusahaan Gojek, dengan mendaftarkan biodata anda, anda setiap harinya akan mendapat promo melalui email.

McKinsey and Company telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh konsumen dibandingkan Facebook dan Twitter.Hal ini karena, Efektivitas yang tinggi ini mungkin disebabkan perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka, yaitu kotak masuk email. Email merupakan sebuah tools yang paling banyak dibuka setiap harinya.

7. Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan sebuah fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah pelanggan untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Caranya adalah dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, kantor, restoran, atau perusahaan Anda otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

Baca Juga : Manfaat Google Bisnisku untuk Bisnis Anda

 

Kesimpulan dan Penutup

Digital marketing mampu meningkatkan efektivitas penjualan dan keuntungan bisnis offline maupun online. Selain lebih fleksibel, karena anda bisa mengatur waktu untuk mempromosikan bisnis anda. Pelanggan akan semakin bertambah, karena anda selalu melakukan inovasi yang menarik.

Metode pemasaran tradisional yang muali ditinggalkan. Selain karna lama dan tidak efisien,model ini sangat susah untuk bertransaksi. Digital marketing membuat luasnya jangkauan pelanggan sehingga Akan bisa membuat bisnis Anda lebih besar.

Namun sebelum memilih semua dan melaksanakan kegiatan digital marketing, Anda harus jeli dalam memilih channel digital marketing yang pas untuk bisnis Anda. Jangan sampai kegiatan berjalan dengan sia-sia karena tidak menghasilkan apapun dari digital marketing Anda.

Related Post :

popup image