Memahami Pentingnya Online Review Bagi E-commerce dan Toko Online

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 3

Seberapa penting ulasan atau review pelanggan bagi pembeli? Ternyata sangat penting. Faktanya, 90% konsumen membaca ulasan online sebelum mengunjungi bisnis. Dan 88% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi. Hal ini disebabkan karena lanskap e-niaga terus berubah dan berkembang. Salah satu perubahan terbesar dalam beberapa tahun terakhir adalah menjamurnya ulasan online. Ulasan atau review telah menyebar ke seluruh internet dan muncul terlepas dari apakah Anda secara aktif mendorongnya atau tidak.

Namun, bila digunakan secara strategis, review dapat menjadi bukti sosial yang kuat yang membujuk orang untuk membeli. Mencari ulasan online telah menjadi bagian standar dari proses pembelian bagi banyak orang-orang akhir-akhir ini sehingga setiap pengecer online perlu memikirkan untuk mengoptimalkannya dalam strategi berbisnis. Artikel ini akan memberikan Anda informasi terkait dengan online review atau ulasan daring bagi e-commerce dan toko online.

 

Baca Juga :  Tips Memilih Marketplace yang Tepat Bagi Pengusaha dan Bisnis Online

 

Mengenal Apa Itu Online Review

Apa Itu Online Review
Di era serba digital saat ini, memiliki online presence adalah kunci keberhasilan bisnis. Selain situs web, blog, dan profil media sosial, memiliki ulasan online yang positif dapat memainkan peran yang menentukan dalam keberhasilan bisnis Anda. Faktanya, lebih dari 90% konsumen mencari dan membaca ulasan pelanggan sebelum mengunjungi atau menggunakan bisnis, yang sebagian besar memercayai ulasan sama seperti mereka mempercayai rekomendasi pribadi. Ulasan online adalah salah satu cara paling efektif untuk mengarahkan calon pelanggan ke bisnis Anda. Tentu, Anda dapat menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk mencoba mengarahkan bisnis Anda ke puncak halaman hasil mesin pencari SERP Google, tetapi itu bisa mahal dan tidak efisien. Selain itu, sementara berada di puncak SERP dapat menunjukkan bahwa Anda adalah bisnis yang mapan, tapi tetap saja itu tidak memiliki keaslian dan kepercayaan brand yang dapat diberikan oleh tinjauan bisnis online.

Online review yang positif membantu memikat perhatian dan minat pelanggan. Demikian pula, ulasan online dapat secara efektif membangun kepercayaan dan keyakinan ketika konsumen mencari bisnis Anda secara khusus atau mencari produk atau layanan umum yang ditawarkan bisnis Anda. Studi menunjukkan bahwa jika pelanggan memercayai ulasan online bisnis Anda, mereka cenderung membelanjakan 31% lebih banyak daripada perusahaan dengan ulasan lebih rendah. Sederhananya, ulasan online yang menguntungkan dapat secara signifikan dan positif mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan Anda.

Selain itu, online review juga penting bagi bisnis Anda karena berfungsi sebagai cara murah untuk menarik calon pelanggan dan tidak menuntut kontribusi yang signifikan dalam upaya dari manajer dan pemilik. Tidak seperti teknik pemasaran lainnya seperti email blast dan kampanye media sosial yang membutuhkan waktu, uang, dan tenaga, strategi ulasan online dapat dengan mudah diterapkan dan memiliki dampak positif yang cepat pada kesuksesan bisnis Anda. Ulasan Google, Yelp, dan Facebook tidak hanya membantu bisnis Anda ditemukan, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk membuktikan keunggulan, profesionalisme, dan keandalan bisnis Anda.

Meskipun kendali ulasan online sebagian besar berada di tangan pelanggan lama dan calon pelanggan, masih ada beberapa cara Anda dapat menggunakan ulasan ini untuk keuntungan Anda. Berikut adalah 6 cara utama untuk meningkatkan ulasan bisnis online Anda.

  • Meningkatkan eksposur brand

    Sebelum adanya internet, orang akan mengoceh atau mengeluh tentang bisnis melalui mulut ke mulut. Hari ini, konsep dari mulut ke mulut ini telah terbawa ke dalam ulasan pelanggan yang meningkatkan visibilitas perusahaan Anda. Tidak hanya ulasan bagus yang mencerminkan secara positif produk dan layanan Anda, tetapi juga membantu meningkatkan pengoptimalan mesin telusur atau SEO bisnis Anda dengan membuat konten unik dan terkini secara berkelanjutan.

  • Identifikasi kata kunci untuk produk dan layanan

    Dengan melacak kata-kata umum yang digunakan pelanggan untuk menggambarkan produk dan layanan Anda dan menerapkan kata kunci ini ke dalam penentuan posisi produk, penargetan kata kunci, tag, dan pembuatan konten, Anda dapat secara signifikan meningkatkan peringkat brand Anda di berbagai platform pencarian.

  • Soroti ulasan positif dalam kampanye penjangkauan PR dan influencer

    Orang-orang penting seperti selebritis lokal, tokoh masyarakat terkenal, atau profesional mapan dapat digunakan untuk mempengaruhi orang lain agar memperhatikan bisnis Anda. Produk dan layanan yang didukung oleh lusinan ulasan positif dapat menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan kepada para influencer ini, serta tim PR dan jurnalis, betapa pelanggan menyukai, menggunakan, dan mengandalkan brand Anda.

  • Tingkatkan brand Anda dengan umpan balik pelanggan

    Ulasan adalah cara yang tak ternilai untuk memanfaatkan umpan balik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ulasan ini untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah produk dengan cepat, menganalisis pola, menentukan apa yang disukai pelanggan sehingga Anda dapat memberikan lebih banyak, dan mengawasi persaingan.

  • Berinteraksi langsung dengan pelanggan

    Anda dapat dengan mudah membangun loyalitas brand dengan membalas ulasan pelanggan. Baik Anda berterima kasih kepada mereka atas bisnis mereka, mengakui umpan balik konstruktif yang mereka tawarkan, atau meminta umpan balik tambahan, menanggapi ulasan pelanggan membuat mereka merasa dilihat dan dihargai oleh perusahaan Anda dan akan membantu membangun hubungan bisnis-klien yang meningkatkan dan memperkuat pelanggan Anda base. Anda juga dapat menggunakan ulasan untuk menyelamatkan pengalaman pelanggan yang buruk. Jika pelanggan memposting ulasan negatif tentang produk yang Anda tawarkan, misalnya, Anda dapat dengan cepat terhubung dengan mereka untuk menanyakan apa yang salah, perbaikan apa yang dapat dilakukan, apa yang ingin mereka lihat lebih banyak, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kepercayaan mereka pada brand Anda.

  • Tingkatkan penjualan dengan ulasan positif

    Pada akhirnya #4 dan #5 akan bekerja sama untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Pelanggan menanggapi ulasan positif sebanyak kesediaan Anda untuk menyelesaikan ulasan negatif. Mereka akan lebih cenderung untuk membeli jika mereka dapat mengenali baik kualitas produk maupun investasi perusahaan pada pelanggannya.

Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol bagi Pemula yang Ingin Berjualan Online

Menghasilkan ulasan bisnis online adalah satu hal, tetapi mengelola ulasan online adalah hal lain. Kepercayaan dan kredibilitas konsumen adalah manfaat lain yang dapat diwujudkan oleh bisnis melalui ulasan bisnis online. Menurut BrightLocal, 79% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi. Selanjutnya, 73% konsumen mengatakan ulasan pelanggan yang positif membuat mereka lebih mempercayai bisnis (naik dari 58% pada tahun 2012). Kepercayaan dan kredibilitas ini tertanam dalam ulasan bisnis online dan pencarian lokal yang memungkinkan konsumen memiliki pandangan yang jelas tentang bisnis apa pun. Ini juga memungkinkan bisnis untuk memberikan transparansi lengkap tentang apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan mereka dan seberapa baik mereka menawarkannya.

 

Baca Juga :  Fungsi Halaman Term of Service pada Bisnis Online yang Perlu Diketahui

 

Memahami Pentingnya Online Review Bagi E-commerce

Memahami Pentingnya Online Review Bagi E-commerce dan Toko Online
 

Selain membantu calon pelanggan dalam tahap penelitian proses pembelian, online review juga memberikan sejumlah manfaat penting bagi bisnis Anda. Beberapa manfaat penting tersebut berupa :

  1. Konsumen mempercayai ulasan

    Anda mungkin merasa pencitraan brand dan pemasaran Anda menyajikan gambaran yang akurat dan dapat dipercaya tentang pengalaman yang akan Anda berikan. Tetapi kebanyakan dari kita telah dibakar oleh scam, produk yang buruk, atau pengalaman layanan pelanggan yang negatif di beberapa titik. Bisnis-bisnis itu bisa sama bagusnya dengan bisnis yang sah. Bagi seorang konsumen, mendengar dari pelanggan lain terkadang sering lebih meyakinkan. Sudut pandang pelanggan langsung lebih dapat dipercaya daripada kata-kata bisnis, karena mereka tidak mendapatkan apa-apa dengan memuji perusahaan atau produk. Dan sebagai pengguna akhir suatu produk, mereka memiliki pengalaman yang secara langsung relevan dengan konsumen lain. Katakanlah Anda sedang mempertimbangkan sepasang sepatu yang akan Anda kenakan saat lari pagi. Ulasan pelanggan yang berasal dari pelari lain memberikan informasi berharga tentang bagaimana seseorang seperti Anda menilai sepatu dalam kategori yang penting bagi Anda, apakah itu kenyamanan, daya tahan, atau kecenderungan untuk menjadi bau.

  2. Memberikan bukti sosial

    Bukti sosial adalah alat yang berharga untuk brand dalam segala bentuknya, tetapi ulasan online adalah salah satu versi bukti sosial yang paling kuat di luar sana. Itu karena pelanggan tahu mereka asli. Mengetahui sekelompok orang lain menggunakan suatu produk karena situs web mengatakan demikian memberitahu Anda sesuatu. Tetapi mengetahui orang tertentu menggunakannya untuk tujuan yang Anda rencanakan untuk menggunakannya memberi tahu Anda lebih banyak. Dan melihat ulasan pelanggan dari mereka yang menguraikan hal-hal spesifik yang mereka suka dan tidak suka tentang produk tertentu menjadi sangat membantu seseorang dalam proses memilih di antara beberapa opsi.
    Bukti sosial juga ikut bermain mengenai jumlah ulasan yang Anda miliki. Orang akan lebih mempercayai peringkat bintang jika berasal dari rata-rata 500 ulasan dibandingkan dua atau tiga. Jadi, meskipun konten ulasan bisnis itu penting, berapa banyak orang yang membeli produk Anda dan kemudian meluangkan waktu untuk meninggalkan ulasan setelah itu juga penting.

  3. Bagus untuk SEO

    SEO atau optimasi mesin pencari adalah bidang pemasaran yang terdiri dari semua taktik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peluang situs web Anda muncul di mesin pencari. SEO itu kompleks, dan mesin pencari mempertimbangkan banyak faktor peringkat yang berbeda ketika memutuskan tautan mana yang akan diletakkan di halaman pertama dari halaman hasil mesin pencari atau SERP. Tetapi untuk bisnis lokal khususnya, ulasan memainkan peran penting. Ulasan online adalah sinyal peringkat google. Meskipun itu berarti mendapatkan banyak ulasan bagus tidak akan menempatkan Anda di posisi teratas Google, ini menunjukkan bahwa mereka dapat membuat perbedaan besar. Jika bisnis Anda peduli dengan SEO dan bisnis apa pun dengan situs web seharusnya, maka mencoba mendapatkan lebih banyak ulasan online adalah taktik cerdas untuk disertakan dalam strategi Anda.

  4. Meningkatkan konversi

    Ketika ulasan online mudah diakses oleh prospek yang tertarik, mereka meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam melakukan pembelian. Seseorang di situs web Anda yang mencoba memutuskan apakah suatu produk bernilai uang atau tidak akan jauh lebih mungkin untuk melakukan pembelian jika mereka dapat menggulir ke bawah dan melihat ulasan dari lusinan pelanggan lain yang mempertimbangkan apa yang mereka sukai dan tidak tidak suka tentang item tersebut.
    Penelitian menunjukkan bahwa ulasan dapat menghasilkan peningkatan penjualan sebesar 18%. Tidak heran menambahkan ulasan online adalah praktik terbaik CRO. Ulasan online menghasilkan peningkatan penjualan 18%
    Dan yang mengejutkan, bukan hanya ulasan bagus yang memiliki efek itu. Ulasan buruk dapat meningkatkan tingkat konversi sebesar 67%. Awalnya memang tidak masuk akal. Tapi ketika pelanggan melihat campuran ulasan baik dan buruk, itu membuat ulasan bagus lebih meyakinkan. Jika suatu produk memiliki 1.000 ulasan dan semuanya adalah lima bintang dan hanya berbicara tentang produk dalam istilah superlatif, Anda mungkin mulai sedikit curiga dimana tidak ada satupun dari 1.000 orang memiliki pengalaman yang kurang sempurna.
    Memiliki banyak review yang menunjukkan keragaman pengalaman dan opini membuat semuanya semakin meyakinkan dan powerful. Dan siapa pun yang cukup tertarik pada suatu produk untuk membaca sejumlah ulasan adalah seseorang yang sudah jauh di jalur pembelian, yang juga membantu menjelaskan bagaimana orang yang membaca ulasan buruk lebih mungkin untuk berkonversi.

  5. Membantu memahami pelanggan

    Salah satu aturan emas dalam bisnis adalah Anda perlu memahami siapa audiens Anda, dan belajar bagaimana berbicara langsung dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Bisnis berusaha keras untuk lebih memahami prospek dan pelanggan mereka dengan penelitian audiens, grup fokus, wawancara dan survei pelanggan, dan analisis data tentang perilaku pengguna. Semua itu berharga, tetapi ulasan memberi Anda jenis informasi yang sama juga secara gratis.
    Setiap kali pelanggan memberikan ulasan, mereka memberikan umpan balik yang jujur ​​dan tidak memihak tentang produk dan layanan Anda. Selain memberi tahu Anda apakah mereka puas atau tidak, ulasan sering kali masuk ke detail perasaan mereka. Mereka mungkin menyertakan penyebutan spesifik fitur yang mereka sukai atau pikir bisa lebih baik. Mereka mungkin menyoroti jika mereka menyukai produk, tetapi bukan layanan pelanggan. Atau mereka mungkin memberikan secara spesifik tentang bagaimana berbagai jenis audiens menggunakan produk Anda.
    Ulasan mengungkapkan informasi berharga yang dapat Anda gunakan saat membuat pembaruan pada produk Anda saat ini atau memutuskan produk baru untuk ditambahkan ke model bisnis Anda. Review memberikan informasi tentang siapa audiens Anda dan apa yang mereka pedulikan yang dapat Anda gunakan saat menyusun persona pembeli yang akurat dan membuat strategi pemasaran Anda. Dan mereka mengungkapkan bahasa yang digunakan pelanggan Anda ketika berbicara tentang produk Anda, sesuatu yang sangat penting ketika memilih kata kunci apa yang akan ditargetkan dalam SEO dan strategi bayar per klik Anda. Jika Anda mendapatkan ulasan yang cukup untuk memberi Anda informasi tentang bagaimana perasaan pelanggan yang berbeda tentang brand dan produk Anda, ulasan tersebut menjadi harta karun informasi untuk membantu Anda membangun bisnis yang lebih sukses dari waktu ke waktu.

 

Baca Juga :  Mengenal Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial untuk Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Terlepas dari apakah bisnis Anda memilih untuk secara sengaja mendorong dan memantau ulasan bisnis online Anda, ulasan tersebut akan tetap berperan dalam keputusan yang dibuat audiens Anda. Jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan pada brand Anda dan mendorong lebih banyak penjualan, menjadikan ulasan online sebagai bagian dari model bisnis Anda adalah hal yang cerdas. Anda tidak dapat memaksa pelanggan untuk meninggalkan ulasan, keputusan akhir selalu ada di tangan mereka. Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah yang meningkatkan kemungkinan mereka akan meluangkan waktu untuk memberi Anda ulasan online.

Semoga artikel ini memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana Anda dapat mulai menerapkan ulasan produk dalam bisnis Anda. Ulasan sangat kuat dan bila digunakan secara efektif, ulasan dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Gunakan segala celah dari banyak strategi pemasaran termasuk online review ini. Semoga bermanfaat!

Related Post :

popup image