Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Bisnis Online Anda

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Membicarakan dunia perhostingan memang tidak akan ada habisnya, bagi mereka yang sudah terjun di dalam lingkup teknologi ini maka bisa dipastikan mereka sudah mengenal banyak sekali jenis hosting. Ada banyak sekali jenis hosting atau server yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Dari sekian banyak jenis hosting, Shared Hosting merupakan hosting yang paling banyak digunakan karena harganya yang murah dan mudah dalam mengkonfigurasinya. Harga jelas menentukan kualitas jadi jangan berharap terlalu banyak jika Anda ingin mendapatkan performa website yang kencang ketika menggunakan jenis hosting ini.

Misalkan Anda  memiliki sebuah website yang memiliki trafik yang besar, kinerja yang kompleks, setiap hari ada pengunjung yang melakukan kegiatan ini dan itu. Melihat gambaran aktivitas tersebut bisa disimpulkan jika website Anda  kurang cocok jika menggunakan Shared Hosting. Apalagi website yang    Anda  miliki adalah website marketplace yang jelas-jelas memiliki kinerja sangat tinggi. Mulai dari melakukan pendaftaran pengguna, menyelesaikan pembayaran, monitoring barang, disamping itu dari sisi penjual mereka harus menginputkan beragam data tentang produk. Tentu peran sebuah hosting yang cepat, akurat, dan bisa dikonfigurasi sendiri merupakan sesuatu yang dibutuhkan.

Salah satu dari sekian produk hosting yang paling cocok dengan kasus yang dijabarkan diatas adalah VPS Hosting. VPS merupakan kependekan dari Virtual Private Hosting. VPS merupakan solusi dari hoting yang memiliki fleksibilitas, skalabilitas, dan keamanan yang sangan mumouni. Selain itu VPS juga memiliki nilai ekonomis yang kompetitif. Penggunaan VPS merupakan solusi sempurna bagi mereka yang sudah melampaui pemakaian paket hosting seperti Shared Hosting. Selain itu, kelebihan dari VPS adalah beragam spesifikasi yang bisa dipilih. Penasaran apa saja alasan yang harus Anda  ketahui untuk memilih VPS sebagai hosting website bisnis online ? Yuk kita simak pada artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu VPS dan Cara Kerjanya

 

Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Bisnis Online Anda
 

VPS hosting merupakan salah satu hosting istimewa, maksudnya istimewa bagaimana? VPS merupakan hosting yang dari sisi penggunaan diserahkan sepenuhnya kepada pemilik VPS dan sumberdaya dari VPS sendiri tidak dibagi-bagi dengan pengguna lain. VPS ibarat sebuah ruang khusus yang bebas di kreasikan ingin diisi apa ruang itu. Istilah dai peggunaan VPS ini juga bisa disebut dengan Software as Service. Pengelola VPS bebas menggunakan sumberdayanya. VPS ini sebenarnya merupakan teknologi virtualisasi, mengapa bisa dibilang virtualisasi karena sumber daya yang ada didalamnya dibagi melalui software.

Agar pemahaman lebih mengental mengenai VPS, disini akan diibaratkan VPS seperti sebuah apartemen dari sebuah gedung. Apabila Anda  memiliki apartemen di sebuah gedung atau bangunan tentu apartemen tersebut sudah menjadi milik Anda  dan bebas untuk melakukan apapun tanpa harus berbagi dengan pemilik apartemen lain di satu gedung tersebut.Kita bisa menamai meja, kursi, kulkas, lampu di dalam apartemen dengan RAM, Storage, CPU, bandwidth dalam sebuah VPS. Tentu barang-barang ini memiliki hak penuh Anda bukan? Berbeda dengan hosting lainnya yang Anda harus membagi barang-barang diatas dengan pengguna lain.

VPS dikenal dengan teknologi virtualisasi yang membagi sumberdaya pada pengguna VPS sesuai dengan apa yang dibayar oleh pengguna. Sebagai contoh, jika server memiliki 128GB RAM, maka jumlah ini dapat dibagi menjadi 2 bagian atau lebih. Setiap pemegang akun kemudian akan diberi jumlah RAM sebagaimana ditentukan dalam kontrak hosting mereka. Sumber daya yang dialokasikan untuk setiap akun hanya untuk akun itu dan tidak akan disadap bahkan jika akun lain membutuhkan atau menggunakan lebih banyak.

 

Baca Juga : Cara Mengurus Akta Kelahiran Hilang dan Syarat untuk Membuatnya Kembali 

 

Kelebihan Memakai VPS Hosting

Supaya  Anda semakin teracuni untuk menggunakan VPS ini, pada bagian ini akan dijelaskan kelebihan apa saja yang dimiliki oleh VPS. Banyak pasti yang sudah mengetahui apa saja kelebihan dari layanan VPS ini. Dibandingkan dengan jenis hosting lainnya VPS merupakan jenis hosting yang memiliki keistimewaan, mulai dari sumber daya, keamanan, penggunaan, dan masih banyak lagi. Biar Anda paham tentang apa saja keunggulan dari VPS ini, berikut adalah kelebihan dari VPS hosting.

  • Memiliki Sumber Daya yang Terjamin

    Jadi segala macam sumber daya mulai dari bandwidth, memori, penyimpanan, dan lainnya akan secara penuh  Anda pegang tidak dibagi-bagi. Semua nya dapat Anda nikmati dan Terjamin mutunya secara penuh.

  • Kemanan Data Lebih Baik

    Dengan menggunakan VPS otomatis data Anda akan sangat aman karena dari sisi penggunaan sumber daya yang tidak dibagi-bagi tadi. Tentu hal ini sangat penting jika Anda merupakan pemiliki website e-commerce untuk melindungi data pribadi pengguna dan pembayaran.

  • Fleksibilitas yang tinggi

    Selain itu yang terakhir adalah Anda bebas untuk mengatur administrasi server Anda seperti root acces, OS, dan masih banyak lagi. Anda dapat secara maksimal  serta lebih efesien dalam penggunaan hosting tersebut.

  • Skalabilitas yang Tinggi

    Kelebihan yang terakhir adalah kemudahan kala untuk melakukan upgrade sumber daya di VPS ini mulai dari CPU, RAM, storage dn masih banyak lagi ketika performa website Anda  menurun dan segera membutuhkan pertolongan spesifikasi website yang bagus.

 

Baca Juga : Cara Menghitung Bunga Deposito yang Mudah dan Cepat 

 

Alasan Menggapa Bisnis Online Harus Menggunakan VPS

 

Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Bisnis Online Anda
 

Memang tidak bisa dipungkiri bagi pemilik website marketplace atau bisnis online mereka sangat membutuhkan sumberdaya yang sangat tinggi. Peran server dalam sebuah website sangatlah penting, karena nanti akan berdampak pada performa dan kinerja dari website itu sendiri. Sebuah server yang baik adalah server yang mampu menangani segala kebutuhan mulai dari keamanan, trafiks, beban bandwidth, dan masih banyak lagi tentunya. Nah salah satu dari sekian hosting yang bisa menjadi solusinya adalah VPS hosting.

Berbeda dengan jenis hosting lainny, VPS memiliki OS dan sumber daya sendiri. Mereka terisolasi satu sama lain meski seperti terlihat sekana menggunakan server yang khusus yang sama. Sehingga mekaniskan memungkinkan kalian mendapatkan performa yang terbaik. Nah jika kalian ingin memiliki VPS yang terbaik dan oke banget kalian bisa melihat VPS yang ditawarkan oleh IDCloudHost. IDCloudHost menawarkab berbagai fitur-fitur yag bisa kalian sesuaikan dengan bisnis online yang dimiliki. Anda akan merasakan fleksibilitas dan kemudahan paket0paket IDCloudHhost. Berikut adalah alasan mengapa kalian harus menggunakan layanan VPS ini.

 

  • Server Independen

    Apabila kalian menggunakan VPS, maka server yag kalian gunakan memang dirancang khusus hanya untuk kalian. Ketika terjadi masalah atau apapun kendala yang terdapat pada server virtual maka sesuatu tidak akan berdampak pada kinerja dari website kalian. Contohnya adalah ketika kalian mengalami kelebhan trafik, server kalian akan tetap stabil Sehingga hal ini sangat cocok sekali digunakan oleh bisnis online kalian. Server yang sangat baik berarti tingkat uptime yang lebih baik yang akan mempengaruhi pengalaman pengguna dan reputasi merek Anda. Tidak ada yang lebih buruk daripada kehilangan pelanggan potensial karena kinerja situs web yang buruk.

  • Keamanan yang Tinggi

    Kelebihan penggunaan dari VPS adalah keamanannya yang sangat baik. Keamanan memang sering dijadikan faktor pertimbangan dari sekian banyak pengguna website esommerce. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk melindungi website kalian adalah dengan memanfaatkan firewall dari server. Firewall akan bekerja sebagai sebuah dinding pembatas. VPS kalian bisa menyesuaikan firewall yang kaliah butuhkan. Kalian juga bisa mengizinkan atau melarang lalu lintas port tertentu.

  • Pertumbuhan yang Bisa Dikonversi

    Sejalan dengan perkembangan website kalian. Pastinya membutuhkan sumberdaya yang dapat memenuhi segala kebutuhan dari berkembangnya website tersebut. Seperti contoh peningkatan lalu lintas atau trafik pengunjung dimana lingkungan VPS juga dapat di scale up tanpa ribet-ribet. Server virtual memiliki sifat sangat portabel, sehingga kalian dapat dengan mudah dipindahkan ke server fisik baru. Maka dari itu kerika kalian perlu meningkatkan sumber daya, maka situs yang dimiliki akan mengalami downtime minimal.

  • Murah dan Hemat Biaya

    Dulu bisnis biasanya memilih paket hosting bersama karena server pribadi virtual terlalu mahal untuk digunakan. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi internet, biaya hosting web telah menurun secara signifikan, menjadikan VPS sebagai opsi untuk hampir semua bisnis. Banyak penyedia memiliki paket hosting VPS dengan harga di bawah $ 10 per bulan, yang hampir tidak lebih dari tarif sebagian besar paket bersama.

 

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC 

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan bantuan teknologi VPS maka kalian akan lebih mudah dalam menjaga website lebih stabil dan lancar. Jika kalian memiliki sebuah bisnis online yang memiliki trafik yang tinggi. Dengan teknologi internet yang terus meningkat, dan semakin banyak bisnis yang memanfaatkan kekuatan internet untuk meningkatkan eksposur mereka, ada kebutuhan untuk menggunakan server pribadi virtual. Meskipun ada paket hosting lain yang tersedia, seperti paket bersama, ini dapat berdampak negatif pada fungsi situs web jika lalu lintas meningkat.

VPS akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan skalabilitas yang lebih mudah saat Anda mengembangkan bisnis. Selain itu, rendahnya biaya penggunaan VPS membuat opsi ini terjangkau untuk hampir semua perusahaan. Jika Anda membutuhkan layanan hosting untuk bisnis Anda, Anda akan ingin mempertimbangkan server pribadi virtual. Demikianlah artikel mengenai alasan menggunakan VPS untuk bisnis online Anda.

Related Post :

popup image