Mengenal Apa Itu Data atau Web Scraping

Development & Security, Web & Development / 0 | | 1

Perkembangan dunia ekonomi digital menuntut peran data atau web scraping menjadi sebuah komponen penting dalam mendapatkan informasi yang bermanfaat. Ini tidak terlepas karena perlunya data dan informasi mengenai kompetitor sehingga bisa membuat serta menentukan langkah unggul mereka dari para kompetitor tersebut.

Maka dengan lonjakan jumlah data yang tumbuh secara eksponensial, analitik data telah menjadi bagian yang sangat penting dari cara bisnis yang Anda jalankan. Perkembangan bidang big data analytics, artificial intelligence, dan machine learning memungkinkan Anda untuk memudahkan pekerjaan seputar data, salah satunya adalah mengumpulkan data dari website dengan teknik web scraping.

Mengandalkan web scraping, Anda tidak perlu melakukan copy-paste satu per satu pada informasi di website karena teknik ini memungkinkan Anda untuk mengekstraksi informasi pada website dengan lebih cepat, efisien, dan lebih sedikit human error (kurang teliti) dalam mengerjakan tugas yang berulang-ulang. Pada artikel ini akan disediakan pengenalan data atau web scraping seperti apa itu web scraping, kelebihan dan kekurangan web scraping, serta bagaimana cara kerjanya.

 

Mengenal Apa Itu Data atau Web Scraping

Mengenal Apa Itu Data atau Web Scraping
 

 

Web Scraping adalah sebuah teknik atau proses yang digunakan untuk mengekstrak sejumlah data dari website dan menyimpannya pada penyimpanan lokal Anda atau pada database sehingga data dapat dimanipulasi dan dianalisa ketika dibutuhkan. Artinya ini, informasi dari website kompetitor akan di copy-paste yang merupakan web scraping namun dalam skala yang lebih kecil.

Dibandingkan dengan melakukan copy-paste data secara manual, software web scraping digunakan untuk mempercepat proses ini dan mengurangi kesalahan dalam pengumpulannya. Software web scraping telah diprogram untuk mengunjungi website, mengambil beberapa halaman yang relevan dan melakukan ekstraksi informasi yang Anda inginkan.

Teknik ini berguna karena otomatisasi dari software tersebut memungkinkan Anda mendapatkan data dalam jumlah besar dengan waktu yang lebih singkat, sehingga dapat diakses dan dianalisa dengan cepat ketika data telah tersimpan pada spreadsheet Anda, file CSV, ataupun database Anda tergantung pada penyimpanan yang Anda inginkan.

Umumnya web scraping banyak digunakan di e-commerce dan penjualan untuk melakukan tracking dan menghasilkan sebuah prospek. Namun saat ini banyak investor yang mulai menggunakan teknik ini pada transaksi finansial online. Seperti misalnya dalam dunia trading saham, web scraping dapat digunakan untuk mengekstrak data histori harga suatu saham. Para investor berpengalaman dapat melakukan tracking terhadap harga saham dan mendapatkan informasi seputar bursa dengan menggunakan software web scraping.

Anda mungkin berpikir memperoleh data dari website orang lain merupakan sesuatu yang ilegal, namun teknik web scraping ini memiliki penggunaan legal yang sah. Meskipun demikian, sayangnya teknik web scraping juga dapat digunakan untuk tujuan melanggar hukum seperti melakukan plagiarisme terhadap materi bermerk dan mengumpulkan alamat email untuk mengirimkan email spam.

 

Baca Juga  :      Mengenal Apa Itu Big Data dan Karakteristik Umumnya

 

Kelebihan Menggunakan Data/Web Scraping

Web scraping telah membawa aspek yang positif dan menguntungkan untuk Anda dalam memperoleh data dari website. Oleh itu, berikut adalah beberapa manfaat atau kelebihan utama yang cukup populer dari teknik web scraping:

  • Meningkatkan Efektifitas

    Memperoleh data secara manual adalah pekerjaan yang tidak mudah terutama dalam jumlah besar. Teknik web scraping telah menyelesaikan masalah ini. Selain itu terdapat banyak layanan yang disediakan oleh pasar untuk melakukan web scraping dengan biaya yang terjangkau.

  • Menghemat Waktu

    Seperti yang telah disampaikan, software web scraping dapat mempercepat pekerjaan Anda. Misalnya Anda melakukan scraping pada web yang membutuhkan waktu seminggu, akan selesai dengan bantuan software atau layanan web scraping hanya dalam hitungan jam. Namun ini juga tergantung dari tingkat kompleksitas, resources, dan software yang Anda gunakan.

  • Akurasi Data

    Ketika Anda melakukan scraping pada web dengan cara copy-paste manual, Anda mungkin akan dapat mengerjakannya dengan fokus dalam waktu beberapa jam namun semakin lama Anda mengerjakan pekerjaan berulang ini, semakin terkuras energi Anda dan akan membuat penurunan tingkat fokus Anda. Human error seperti ini akan sangat diminimalisir oleh bantuan software web scraping karena otomatisasi yang telah diprogram untuk mengerjakan pekerjaan berulang secara akurat!

  • Dukungan Otomatisasi

    Anda mungkin telah sadar kalau salah satu kelebihan dari menggunakan web scraping adalah otomatisasi pekerjaan yang berulang. Dan beruntungnya, software web scraping saat ini dapat mengekstrak data dalam jumlah yang sangat besar secara cepat.

  • Mudah Digunakan

    Perkembangan teknologi yang cepat membuat banyak software web scraping yang kini semakin mudah digunakan. Oleh itu Anda tidak perlu khawatir untuk belajar banyak agar dapat menggunakan teknik ini.

 

Baca Juga  :     Database Marketing : Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis/Perusahaan

 

Kekurangan Web Scraping

Meski memang teknik data/web scraping ini lebih umum digunakan bagi kepentingan mengetahui informasi mengenai kompetitor yang nantinya akan menjadi riset mengembangkan bisnis lainnya, ternyata web scraping ini juga mempunyai kekurangan tersendiri, seperti :

  • Perubahan Pada Website

    Karena struktur HTML pada website dapat berubah-ubah, Anda akan butuh untuk melakukan beberapa maintenance secara berkala untuk memastikan pengumpulan data Anda dapat berjalan dengan semestinya. Ini juga berlaku ketika sebuah website memiliki kebijakan seperti memblokir IP ketika terdapat banyak request HTTP dari IP yang sama, oleh itu Anda mungkin akan sedikit berinvestasi dalam proxy agar request HTTP Anda dapat berasal dari IP yang berbeda.

  • Analisa Data

    Saat pertama kali menggunakan software web scraping, Anda mungkin akan butuh meluangkan banyak waktu dan energi Anda karena informasi yang datang adalah berupa kode HTML dan mungkin sulit dibaca dan dipahami oleh sebagian orang. Namun hal ini juga dapat diatasi dengan bantuan software lainnya yang dapat mengatasinya.

 

Baca Juga  :    Panduan Mengenal Konsep Data Warehouse Bagi Pemula

 

Cara Kerja Data/Web Scraping

Mengenal Apa Itu Data atau Web Scraping
 

Tergantung dari software web scraping yang Anda gunakan, namun biasanya semua software web scraping mengikuti tiga tahapan utama berikut :

  • Mengirimkan Request HTTP ke Server

    Request HTTP adalah sebuah permintaan yang dikirimkan ke server website. Artinya jika Anda mengunjungi sebuah website, Anda akan mengirimkan request HTTP ke server dan server akan mengembalikan permintaan ini ke Anda sehingga Anda dapat memperoleh informasi yang disediakan website seperti tampilan home, product teratas, dan sebagainya. Web scraping juga memiliki prinsip yang sama saat mengunjungi sebuah website. Oleh itu hal pertama yang dilakukan oleh software web scraping adalah mengirimkan request HTTP ke website yang Anda inginkan.

  • Melakukan Ekstraksi dan Menguraikan Kode Website

    Setelah server memberikan akses ke web scraping, proses pada program akan berjalan untuk membaca dan mengekstrak kode HTML atau XML website tersebut. Kode ini akan menentukan struktur konten yang relevan sesuai yang Anda inginkan. Program kemudian akan mengurai kode ke dalam beberapa bagian sehingga dapat mengidentifikasi elemen yang ada seperti teks, class, tag, id dan informasi lainnya.

  • Menyimpan Data yang Relevan ke Penyimpanan Lokal

    Setelah dua proses sebelumnya selesai, maka software web scraping akan menyimpan data yang telah diekstrak sebagai data terstruktur ke dalam file Excel dengan format yang Anda tentukan, ataupun ke dalam database lokal Anda.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menerapkan Marketing Strategy 2022 Pada Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Web Scraping adalah sebuah teknik atau proses yang digunakan untuk mengekstrak sejumlah data dari website dan menyimpannya pada penyimpanan lokal Anda atau pada database sehingga data dapat dimanipulasi dan dianalisa ketika dibutuhkan. Teknik ini memberikan manfaat bagi Anda seperti meningkatkan efektifitas pekerjaan Anda, mengurangi waktu pengerjaan scraping pada web, memastikan keakuratan data yang diperoleh, hingga mengotomatisasi pekerjaan manual berulang Anda.

Seringnya digunakan untuk melakukan riset suatu bisnis terhadap kompetitornya, ini bisa dijadikan opsi untuk diterapkan dalam riset bisnis Anda sendiri. Selain Anda mendapatkan informasi yang berharga, Anda juga dapat memanfaatkan bantuan aplikasi khusus sehingga meringkas pekerjaan Anda.
 

 

Related Post :

popup image