Mengenal Apa itu Marketplace : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Di era yang serba digital seperti ini, Anda tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar kata marketplace. Belakangan ini sendiri istilah marketplace cukup dikenali banyak orang di Indonesia. Tak heran jika berbagai marketplace yang ada sudah berkembang dengan pesat hingga sekarang. Lantas, sebenarnya apa itu marketplace?

Perlu Anda ketahui bahwa keberadaan marketplace memang sangat membantu masyarakat di Indonesia untuk terus menikmati kemudahan dalam berbelanja secara online. Dengan memanfaatkan marketplace, maka seseorang dapat berbelanja hanya dengan satu klik saja bahkan di mana pun mereka berada. Begitu juga cakupan penjualannya, kini hampir di semua pelosok daerah telah bisa memanfaatkan cara berbelanja baru ini.

Mungkin sebagian dari Anda juga belum terlalu mengenal lebih jauh tentang apa itu marketplace. Ingin tahu lebih lanjut mengenai marketplace? Simak lebih lanjut mengenai pengertian marketplace, fungsi, manfaat, kelebihan, serta bagaimana cara untuk mendaftar marketplace pada ulasan di bawah ini.

 

Ketahui Lebih Jauh Apa itu Marketplace

Marketplace merupakan sebuah platform dimana Anda akan mendapatkan fasilitas jual beli dengan berbagai macam toko. Umumnya, jika dilihat dari kasat mata marketplace sendiri memiliki konsep yang sama dengan pasar tradisional secara nyata. Hanya saja, keberadaan marketplace ini sendiri dapat dilangsungkan secara online.

Kemudian, bagi pemilik marketplace itu sendiri tidak memiliki tanggung jawab akan barang-barang yang dijual. Pasalnya, pemilik hanya menyediakan tempat bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual beli dengan para pelanggan yang ada. Tranksaksi ini sendiri bahkan dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan simple.

Di Indonesia sendiri, sudah terdapat marketplace lokal yang siap Anda pilih untuk melakukan transaksi jual beli tersebut. Beberapa marketplace bahkan sudah cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi untuk memanfaatkan platform yang satu ini agar Anda semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi online sekalipun dari rumah saja. Terlebih terdapat berbagai manfaat apabila Anda bergabung dengan marketplace tersebut. Apa saja? Ketahui manfaat lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :   Tutorial Cara Belajar Digital Marketing untuk Usaha Property

 

Apa Saja Fungsi dan Manfaat Marketplace

Mengenal Apa itu Marketplace : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya
 

Anda ingin menggunakan marketplace? Saat ini, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat atau fungsi marketplace untuk berbagai keperluan tak terkecuali bisnis. Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan :

 

  1. Sebagai tempat dimana para pembeli berkumpul

    Marketplace bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu tempat dimana para pembeli berkumpul. Tak hanya di satu kota saja, akan tetapi berbagai pembeli dari seluruh kota di Indonesia bisa menjangkaunya. Dengan begitu, hal ini sangat menguntungkan bagi mereka seorang penjual yang ingin mendapatkan pembeli dengan lebih mudah.
     
    Dengan memanfaatkan marketplace, maka pembeli akan lebih mudah mengetahui toko Anda. Hal ini berarti, bagi mereka yang berposisi sebagai pedagang atau penjual tidak perlu kesusahan lagi mencari calon pembeli.

  2. Sebagai penghubung antara pembeli dengan penjual

    Manfaat apa itu marketplace juga bisa Anda dapat sebagai penghubung antara penjual dengan pembeli. Pembeli akan lebih mudah mendapatkan penjual dengan cara mengakses marketplace yang ada. Dengan begitu, kebutuhan para pembeli pun bisa cepat didapatkan meski hanya melakukan transaksi secara online.
     
    Tak hanya itu, manfaat yang satu ini juga cukup jelas menguntungkan dari sisi penjual. Hanya dengan memasang produk yang dijual, maka penjual hanya perlu menunggu dan melayani pembeli karena secara langsung marketplace sudah menghubungkannya.

  3. Sebagai relasi antar pedagang dengan pedagang lain

    Siapa sangka apabila marketplace juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan relasi antar satu pedagang dengan pedagang lainya. Dengan begitu, bagi Anda seorang pedagang yang ingin bertukar pikiran dengan pedagang lain baik itu mengenai produk atau hal lainnya, Anda bisa dengan mudah terhubung. Tak hanya itu, apabila Anda sebagai sesame pedagang ingin melakukan hubungan kerjasama maka Anda juga akan mendapatkan keuntungan lebih satu sama lainnya.

  4. Sebagai salah satu sarana promosi tanpa adanya pungutan biaya

    Marketplace merupakan salah satu platform jual beli yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana promosi secara gratis. Anda tidak perlu pungutan biaya lainnya untuk mempromosikan setiap produk yang ingin dipasarkan. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat biaya saat ingin memulai usaha.
     
    Anda juga tetap bisa leluasa untuk mempromosikan produk meski tidak dipungut biaya. Alhasil, Anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal apabila tidak ada potongan biaya saat ingin melakukan promosi.

Itulah beberapa fungsi sekaligus manfaat apa itu marketplace yang bisa Anda dapatkan. Jika dibandingkan dengan lainnya, keberadaan marketplace pun tentu memiliki berbagai kelebihan pula. Di bawah ini beberapa kelebihan yang bisa Anda peroleh.
Baca Juga :   Tips dan Trick Mengelola Customer Service (CS) yang Baik dan Profesional

 

Kelebihan Saat Anda Menggunakan Marketplace

Keberadaan marketplace memang sangat menguntukan untuk melakukan transaksi, baik itu dari sisi penjual maupun pembeli. Di bawah ini beberapa kelebihan saat Anda Anda menggunakannya :

  • Marketplace lebih mudah pengelolaannya

    Jika dibandingkan dengan yang lain, Anda akan lebih mudah mengelola marketplace untuk menjual berbagai produk. Tak hanya itu, marketplace juga sangat mudah digunakan bagi mereka yang ingin membeli produk. Mengapa? Hal ini tak lain karena marketplace sudah dibuat dengan sangat user friendly. Bahkan, bagi mereka yang belum menggunakan platform jual beli pun pasti bisa menggunakannya.
     
    Terlebih lagi marketplace juga sudah dilengkapi dengan panduan penggunaan. Dengan begitu, sangat mudah bagi user untuk memahami pengelolaannya. Marketplace sendiri dapat Anda kelola dengan lebih praktis tanpa adanya keperluan biaya untuk perawatan lebih lanjut. Jadi, Anda hanya perlu memakainya untuk keperluan menjual atau membeli produk.

  • Memiliki potensi market yang jauh lebih luas dan besar

    Saat Anda menggunakan apa itu marketplace, maka Anda juga memiliki potensi market penjualan yang lebih besar dan juga luas dengan calon pembeli yang banyak. Untuk itu, kelebihan dari marketplace ini sendiri sangat disayangkan jika Anda sebagai penjual tidak menggunakannya.
     
    Jadi saat Anda berjualan melalui marketplace maka produk yang dijual pun akan lebih mudah untuk ditemukan oleh pembeli saat mereka membutuhkannya. Pembeli pun tidak perlu lagi mendatangi lokasi toko Anda karena setiap transaksi dapat dilakukan secara online.

  • Lebih meyakinkan bagi pembeli untuk melakukan order

    Kelebihan lainnya adalah pembeli akan lebih mudah yakin dengan keberadaan penjual yang memang menjual produk mereka lewat marketplace. Berbeda saat Anda membuka toko online sendiri yang bisa saja pembeli merasa tidak yakin sehingga kesempatan mendapatkan order pun lebih sedikit.

Dari kelebihan penggunaan marketplace di atas, Anda tentu sudah bisa menyimpulkan sendiri betapa untungnya melakukan transaksi lewat platform tersebut. Jika ingin mengetahui bagaimana cara daftarnya, maka simak di bawah ini.

Baca Juga :   Mengenal Market Share, Tujuan dan Jenis -Jenisnya

 

Bagaimana Cara Daftar Marketplace

Mengenal Apa itu Marketplace : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya
 

Sekarang ini ada banyak marketplace yang bisa Anda pilih untuk melakukan penjualan maupun pembelian. Untuk cara daftar apa itu marketplace sendiri sangatlah praktis dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula sekali pun. Anda bisa hanya perlu mendownload aplikasi marketplace yang diinginkan pada smartphone secara langsung.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan arahan dari aplikasi yang sudah didownload tersebut. Jika sudah, maka Anda akan memperoleh akun marketplace yang bisa Anda operasikan kapan saja dan dimana saja. Akun tersebut dapat Anda gunakan aik itu untuk keperluan penjualan ataupun pembelian.

Baca Juga :    Mengenal Apa Perbedaan Sales & Marketing dalam Bisnis / Perusahaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai apa itu marketplace lebih lanjut yang bisa Anda ketahui. Bagi Anda seorang pedagang yang memiliki banyak produk, maka kini tidak perlu lagi untuk ragu menggunakannya. Anda sudah bisa menyimpulkan sendiri kelebihan yang bisa di dapat saat menggunakan marketplace sesuai dengan penjelasan di atas.

Kemudian, bagi Anda seorang pembeli yang ingin membeli sebuah produk juga jangan ragu untuk menggunakan marketplace. Dengan menggunakan marketplace untuk membeli produk, maka Anda bisa mendapatkan banyak pilihan yang lengkap dan spesifik. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk sesuai dengan kategori yang diinginkan.

Related Post :