Mengenal Apa itu Mesin Pencari serta Cara Kerja dan Jenisnya

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari yaitu Google? Nah, cara kerjanya pada smartphone anda yaitu biasanya ketika anda mencari sesuatu yang anda inginkan, sehingga muncul beberapa referensi link yang anda inginkan.

Namun, anda pasti masih belum mengenal bagaimana cara kerja didalam mesin pencaharian tersebut hingga dapat menghasilkan tampilan yang anda cari. Bahkan mesin pencari dapat menampilkan mulai dari text, foto, video. Dengan mesin mencari ini, dapat memudahkan binis anda sehingga dapat diakses oleh pengunjung dimana saja.

Berikut artikel panduan tentang Mesin pencarian, cara kerjanya hingga SEO dalam website anda. Ssehingga anda dapat mengoptimalkan bisnis dalam website anda.

Baca Juga : Maksimalkan Operasional Bisnis Anda Dengan Google Gsuite

 

Sejarah Mesin Pencari

Dalam sejarah mesin pencari, salah satu mesin pencari yang paling awal adalah sebuah program yang disebut Archie (tunjuk gambar), yang memulai debutnya pada tahun 1990 dimana pada program Archie memungkinkan orang untuk mengakses dan mencari nama file dari suatu halaman web.

Tapi, Archie tidak bisa membuka situs web yang dituju,namun bisa langsung mendownload file yang dicari. Seiring berkembangnya teknologi tumbuh berbagai jenis mesin pencari di internet dengan fitur yang ditawarkan berbeda-beda. Kemudian sekitar tahun 1998 Google.com mulai diluncurkan dan digunakan oleh publik. Saat ini Google merupakan mesin pencari yang pling banyak digunakan. Mesin pencari lainnya yang cukup banyak digunakan diantaranya: Bing (dulunya msn search), Yahoo!, dan Baidu.

Fungsi utama mesin pencari bagi Anda pemilik bisnis, adalah untuk mendapatkan pengunjung potensial yang dapat menjadi calon pelanggan Anda. Semua mesin pencari pada dasarnya berkerja dengan cara yang sama, yaitu ketika orang ingin menemukan sesuatu, kemudian memasukkan kata atau kalimat yang disebut permintaan pencarian, mesin pencari akan menampilkan daftar hasil pencarian yang paling relevan untuk membantu pencari menemukan apa yang mereka cari.

Anda tentu ingin bisnis Anda muncul di daftar hasil pencarian, sehingga ketika konsumen mengetik kata yang berhubungan dengan bisnis Anda, maka akan keluar bisnis Anda. Oleh karena itu mesin pencari menjadi tempat / cara yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda karena ini adalah cara untuk menargetkan orang yang sudah mencari Anda sehingga ini dapat menjadi strategi pemasaran online yang baik untuk bisnis Anda.

Semakin baik posisi halaman website Anda di Google / mesin pencari maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

Baca Juga : Yahoo! Tutup Akhir Oktober, Segera Selamatkan Data Anda

 

Apa Itu Mesin Pencari

Mesin pencari merupakan website yang berisi text, video maupun text dan mengumpulkannya ke dalam internet. Cara penggunaanya yaitu, Anda hanya tinggal memasukkan sebuah kata yang anda ingin cari sehingga mesin pencari akan memberikan Anda berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang anda cari.

Untuk hasilnya ialah berupa halaman pencarian, yang biasa disebut search engine results page. Laman hasil inilah yang akan ditampilkan kepada Anda dari konten yang paling relevan hingga tidak relevan. Berbagai informasi ini biasanya tersimpan dalam WWW (World Wide Web), FTP (File Transfer Protocol), atau mailing list yang berada dalam sebuah server. Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan tampilan text WWW?.

Namun, Setiap search engine mempunyai kriteria khusus yaitu dapat menentukan mana situs web yang berkualitas terkait dengan keyword yang dicari. Untuk hasil pencarian yang didapat dari search engine ini nantinya akan disebut sebagai SERP atau Search Engine Result Pages.

 

Cara Kerja Mesin Pencari

Search engine seperti Google mempunyai software sendiri yang bisa mengumpulkan berbagai kalimat dan data dari internet serta dapat memutuskan konten mana yang benar – benar berkualitas maupun tidak. Nama Software ini ialah Web Crawlers atau Googlebot. Cara kerja Googlebot ialah ia akan mengambil setiap halaman situs web secara otomatis dengan mengikuti setiap link, Sehingga mengindeks data yang didapatkan itu.

Pengindeksan ini dilakukan ketika pembacaan teks di judul, sub judul, meta tag maka dari itu dibutuhkan kualitas SEO yang baik dan benar. Selanjutnya, Oleh indeks ini, search engine akan menyediakan informasi yang berkualitas dan relevan dengan keyword yang dicari oleh pengguna internet. Hal ini sangat membantu anda dalam pencarian informasi dalam smartphone atau laptop anda.

 

Namun secara teknis, bagaimana mesin pencari memilah-milah seluruh Internet begitu cepat, dan memilih hasil yang Anda lihat di halaman? Secara umum cara kerja setiap mesin pencari dibagi ke dalam 3 tahapan:
 

  1. Crawling (penelusuran/penjelajahan)
     
    Pada tahap ini search engine menjelajahi trilliunan halaman dan dokumen yang ada pada world wide web (WWW). Search engine selalu memulai penelusuran data-data dari website yang paling terpercaya dan berkualitas tinggi. Dari website-website yang terpercaya, Google akan menemukan link-link ke website lain. Dari website-website ini ke beberapa yang lain lagi.
     
    Sehingga bentuknya menjadi seperti jaring laba-laba yang bercabang kemana-mana. Oleh karena itu disebut world wide web. Yang menelusuri website-website untuk mencari dokumen dinamakan spider atau crawler. Crawler menjelajahi world wide web dengan menelusuri semua link dalam satu website ke page lain atau ke website lain dan datanya dimasukkan ke dalam index.
     
  2. Indexing (pengindeksan)
     
    Indeks ini adalah daftar raksasa semua halaman web dan konten yang ditemukan oleh bot. Dokumen dan halaman yang telah ditelusuri pada proses crawling akan dimasukkan ke dalam list database milik search engine. Mesin pencari menggunakan indeks ini sebagai sumber informasi yang ditampilkan pada laman hasil penelusuran. Tapi, tidak semuanya bot menemukan membuatnya ke dalam indeks mesin pencari.
     
    Dokumen yang relevan akan dipilih dari database tersebut. Setiap ada orang mencari sesuatu di search engine, hanya data dari website yang ada di index search engine tersebutlah yang akan ditampilkan sebagai search result nanti. Tapi ternyata ada ratusan ribu, bahkan hingga jutaan dokumen & data yang dapat dibilang relevan dalam index ini. Caranya adalah dengan melakukan ranking.
     
  3. Ranking (peringkat)
     
    Cara mesin pencari dalam melakukan peringkat halaman adalah rahasia, dan mempunyai cara tersendiri. “Ada ratusan cara mesin pencari menentukan peringkat, termasuk hal-hal seperti kata-kata di halaman, jumlah situs-situs lain yang menghubungkan ke sana, dan konten terbaru.
     
    Tujuannya adalah untuk mencoba untuk menghubungkan pencari dengan apa yang mereka cari. Dalam proses ranking, dari jutaan halaman dan dokumen yang relevan, Google akan memberi nilai kepada masing-masing data untuk menentukan yang mana yang paling relevan dan dianggap terpercaya dan sesuai dengan apa yang anda cari.

 

Search Engine Optimization (SEO)

Tahukah anda faktor penentu ranking dalam website anda ialah Search Engine Optimization (SEO). Maka dari itu, ketika anda membuat sebuah konten dalam website anda, pastikan SEO on page dan SEO off page anda sudah baik dan benar.

1. Teknik SEO On-Page

Optimalisasi halaman atau SEO On-Page adalah teknik optimalisasi yang dilakukan pada website anda dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui jika website anda sudah sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan kualitas yang baik. Sehingga, anda dapat mengoptimalisasi website anda agar terstruktur dan konten yang anda buat dapat bermanfaat bagi pengunjung agar pengunjung merasa betah.

2. Teknik SEO Off-Page

Teknik SEO Off-Page berbanding terbalik dengan SEO On-Page yang lebih dominan terhadap optimalisasi didalam halaman website itu sendiri muali dari penulisannya hnga formatnya, Teknik SEO Off-Page lebih ke arah memproses optimalisasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink serta mempromosikan website anda. Ketika anda dapat mengoptimalkan keduanya, maka website anda akan mendapatkan hasil yang baik juga.

Baca Juga : Langkah Awal Untuk Mengotimasi Web Dengan Seo

 

Jenis Mesin Pencari

Anda pasti sudah familiar dengan penggunaan google? Namun, ternyata masih banyak mesin pencari selain google yang bagus untuk anda gunakan. Berikut ini beberapa jenis mesin pencari yang ada didunia serta keunggulannya :

 

1. Mesin Pencarian Google

Nah, mesin pencarian ini merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia setiap harinya. Search engine Google terdapat dalam 123 bahasa. Sehingga memudahkan banyak negara dalam berkomunikasi atau mencari sesuatu yang di inginkan dengan bahasa negaranya. Cara kerja Google yaitu dengan mengumpulkan banyak data dan informasi dari penggunanya yang kemudian ditambahkan kedalam fitur untuk mesin pencarinya.
Baidu.

 

2. Mesin Pencarian Baidu

 

Baidu merupakan mesin pencari paling terkemuka di China. Namun, Mesin pencari ini hanya digunakan di China. Penggunaan Baidu saat ini sangat, hal ini karena populasi China yang besar. Baidu juga merupakan salah satu mesin pencari paling populer dengan market share dalam negeri sekitar 74 persen dibandingkan Google hanya 1,7 persen per Juli 2018.
Biasanya para pengguna baidu adalah pebisnis, Baidu merupakan software yang wajib digunakan ketika ingin berbisnis ke pasar online di China. Karena untuk mendapatkan peringkat tinggi, konten merekmu harus berbahasa China, pakai domain ‘.cn’, host site di China dan pakai tagar judul.

 

3. Mesin Pencarian Bing

 

Bing merupakan salah satu software mesin pencarian. Melansir laman Statista, pada April 2018 mesin pencari online Bing di kunjungi oleh pengguna sebesar 6,45 persen dari pasar pencarian global. Bing menampilkan hasil pencarian konten dengan visual yang lebih menarik, estetis, dan lebih beragam. Selain pencarian, Bing Place for Business sebagai alternatif dari Google My Business untuk mempromosikan bisnismu.

 

4. Mesin Pencarian Yahoo!

 

Selain untuk email, Yahoo! bukanlah nama baru sebagai mesin pencari online. ia juga menyuguhkan fitur lain seperti news, dan finance. Yahoo! pernah berada di masa kejayaan sebelum akhirnya diakuisisi oleh Verizon pada tahun 2017 lalu. Saat ini posisi Yahoo sedang sekarat, artinya tidak mampu bersaing  dengan dominasi Google sebagai salah satu mesin pencarian yang banyak digunakan  oleh orang saat ini.

 

6. Mesin Pencarian Yandex

 

Yandex merupakan mesin pencari paling populer di Rusia. Yandex telah memiliki pangsa pasar lebih dari 50 persen di negaranya sendiri dibandingkan Google sekitar 46 persen. Mesin pencari ini juga hadir di negara arab yaitu seperti, Ukraina, Kazakhstan, Turki, dan Belarusia.

 

5. Mesin Pencarian Naver

 

Naver memang hanya punya persentase kecil dari segi pangsa pasar global. Namun, Naver punya basis besar di pasar dalam negeri, Korea Selatan. Berkat algoritmanya yang menggunakan bahasa Korea, Naver memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan Google. Hal tersebut juga dikarenakan syntax Korea yang sangat berbeda dengan bahasa Inggris.

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam kehidupan sehari – hari anda pasti sangat membutuhkan mesin pencari. Terutama untuk bisnis anda, banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh mesin pencari.

Google merupakan mesin pencari paling familiar yang banyak digunakan oleh banyak negara. Namun, ada beberapa mesin pencari yang dibuat oleh beberapa negara sehingga mampu menyaingi google yaitu : Yahoo!, Yandex, Naver, Bing, Baidu.

Mesin pencari ini dapat menampilkan apa saja yang anda inginkan, dengan berisi konten text, video atau foto. Dalam artikel ini, anda dapat memahami cara kerja dan beberapa jenis mesin pencari yang dapat berguna bagi kehidupan sehari – hari.

Kira-kira, kamu lebih sering menggunakan yang mana ni ?

Related Post :

popup image