Mengenal Apa itu Off-Page SEO Serta Manfaat Dan Cara Kerjanya

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Bagi para Blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan Off-Page SEO. Terdapat dua tipe SEO  untuk mengoptimalkan website anda yaitu : Off-Page SEO dan On-Page SEO. Manfaat SEO yaitu dapat menaikkan traffic dan page ranking di mesin pencari.

Anda tentu ingin website milik Anda muncul di halaman pertama atau lima halaman pertama. Sederhananya, Seperti itulah manfaat dari penerapan SEO di website anda. Namun, itu baru sebagian saja dari konsep SEO.

Sehingga, dalam artikel ini akan membahas seperti apa itu Off-Page SEO beserta manfaat, tujuan, dan cara kerjanya. Yuk simak artikel berikut ini.

 

Apa Itu SEO Off Page?

 

Off Page SEO yaitu sebuah proses optimalisasi website yang di lakukan webmaster atau pemilik website di luar dari website utama (money site). Hal ini biasanya bisa berupa penggunaan backlink ke website utama dengan kata kunci Contohnya : Digital marketing.

Semua proses itu dilakukan dengan didahului dengan proses optimasi on page seo sehingga mendapatkan hasil yang di inginkan.

 

Cara Kerja Off Page SEO

 

Cara kerja untuk mengoptimasi off page seo yaitu  diluar dari website utama dengan memberikan baclink ke website utama anda . Nah, jenis backlink bisa anda gunakan untuk do-follow atau pun no-follow link.

Pada gambar ini, terdapat  beberapa jenis cara yang bisa anda lakukan agar dapat mengoptimalisasi off page seo sebuah website. Seperti blog post, video, review, press release, forum, social network dan lain sebagainya dengan mengedepankan link yang kamu punya.

Untuk  praktisi seo di indonesia maupun di luar negri selalu menggunakan jenis baclink PBN (Private Blog Network) agar dapat mengoptimasi website kata kunci yang mereka inginkan. Namun, cara ini tidak dianjurkan, tapi PBN terbukti sangat ampuh untuk mengoptimasi sebuah kata kunci.

Baca Juga : Panduan Seo Copywriting

 

Faktor Penting Optimasi Off Page

Seperti penjelasan diatas, banyak para praktisi seo yang kurang memahami teknik natural dalam mengoptimasi seo off page mereka. Beberapa tahun lalu, saya bahkan pernah membuat status facebook yang isinya kurang lebih begini.

Biasanya ketika membangun baclink sebanyak mungkin guna mendapatkan hasil maksimal yang mereka inginkan. Namun faktanya, kualitas baclink dan bagaimana kamu membangunnya (tertaut) adalah kunci utamanya.

Oleh karena itu, Metrix MOZ SEO untuk Domain Authority dan Page Authority adalah kunci utamanya. DA/PA yang baik dapat memberikan dampak yang besar pada hasil optimasi off page seo yang kamu lakukan. Baclink yang tertaut di website dengan memiliki otoritas yang baik bisa sangat kuat. Apa lagi, cara link tersebut tertaut dengan benar.

Baca Juga: Panduan Untuk Pengoptimalan Seo

 

Mengapa Backlink Sangat Penting? 

Dalam mengoptimasi off page seo akan memberikan dampak rating pada website anda di mesin pencari Google. Hal ini terjadi jika optimasi seo off page di lakukan dengan benar, maka anda akan merasakan dampak yang pesat dari penelusuran organik website kamu di search engine.

Bahkan Efek dari  off page seo merupakan sebuah kunci bagi artikel anda, yang Artinya, pemberian link balik (backlink) yang berotoritas tinggi dengan kata kunci yang kamu targetkan akan membuat posisi website kamu naik di kata kunci yang seharusnya. Namun bukan sembarangan cara membuat link. waktu dan caranya juga harus kamu pahami.

Tahukah kamu perbedaan off-page SEO dan on-page SEO? Yuk, simak perbedaan dari  off-page SEO dan on-page SEO agar anda dapat mengoptimalkan website anda dalam kolom pencaharian.
 

  1. Teknik SEO On-Page
    Optimalisasi halaman atau SEO On-Page adalah teknik optimalisasi yang dilakukan pada website anda dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui jika website anda sudah sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan kualitas yang baik. Sehingga, anda dapat mengoptimalisasi website anda agar terstruktur dan konten yang anda buat dapat bermanfaat bagi pengunjung agar pengunjung merasa betah.
     
  2. Teknik SEO Off-Page
    Teknik SEO Off-Page berbanding terbalik dengan SEO On-Page yang lebih dominan terhadap optimalisasi didalam halaman website itu sendiri muali dari penulisannya hnga formatnya, Teknik SEO Off-Page lebih ke arah memproses optimalisasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink serta mempromosikan website anda. Ketika anda dapat mengoptimalkan keduanya, maka website anda akan mendapatkan hasil yang baik juga.

Baca Juga : Panduan Lengkap Apa itu Domain Authority dan Page Authority

 

Kesimpulan dan Penutup

Teknik SEO dalam digital marketing website anda sangat dibutuhkan. Hal ini dapat mempengaruhi rating website anda dalam kolom pencaharian. Teknik SEO sendiri terbagi kedalam 2 jenis : 1.Teknik SEO On-Page  dan 2. Teknik SEO Off-Page.

Perbedaan dalam 2 jenis SEO ini iyalah jika Teknik SEO On-Page lebih memperhatikan penulisan dan format dalam website anda. Maka akan berbanding terbalik dengan Teknik SEO Off-Page yang sangat mementingkan backlink dan marketing diluar website.

Jika anda dapat mengoptimalkan keduanya, akan berpengaruh pada website anda. Hal ini jika diterapkan dengan baik akan membuat ranking pada kolom pencaharian menjadi urutan pertama dan akan membuat pengunjung akan betah berada didalam website anda.

 

Related Post :

popup image