Mengenal Apa itu Shopify : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Apakah Anda seorang pebisnis yang ingin memiliki toko online? Perlu Anda ketahui bahwa di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini Anda tidak harus mengerti pemrograman dan coding untuk membuat sebuah toko online. Salah satu solusi mudahnya adalah dengan menggunakan Shopify. Apa itu Shopify? Bagaimana cara menggunakan Shopify?

Shopify merupakan sebuah platform pembuatan toko online tanpa coding. Dengan Shopify maka Anda akan lebih mudah membuat toko online yang diinginkan. Shopify sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat toko online namun tidak mengerti sama sekali mengenai dunia website.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara menggunakan Shopify, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh terlebih dahulu tentang apa itu Shopify. Di bawah ini merupakan penjelasan selengkapnya yang bisa Anda simak!

Baca Juga : Tips dan Trik Membangun Website Toko Online yang Baik dan Benar

 

Mengenal Apa itu Shopify

Mengenal Apa itu Shopify : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Shopify merupakan ecommerce web builder berbayar yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat toko online. Tak hanya sekedar membuat toko onlinde, dengan menggunakan Shopify maka Anda bisa manajemen produk, inventaris harga, melakukan pembayaran, hingga shipping yang dapat diatur dengan mudah.

Platform pembuatan toko online Shopify juga sangat memudahkan bagi Anda yang sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam dunia programming hingga coding. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftarkan diri pada situs resmi Shopify yang sudah tersedia. Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat website yang diinginkan lewat dashboard yang tersedia.

Penjelasan mengenai di atas tentu sudah menjawab pertanyaan Anda mengenai Shopify itu sendiri. Bagi Anda yang masih penasaran mengenai apa itu Shopify maka simak berbagai fungsi sekaligus manfaat Shopify di bawah ini!

Baca Juga : Cara Jualan di Toko Online khusus Pemula

 

Fungsi dan Manfaat Shopify

Mengenal Apa itu Shopify : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Shopify memiliki beberapa fungsi sekaligus manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakannya nanti. Apa saja fungsi dan manfaat tersebut? Berikut diantaranya:

  1. Platform untuk membuat website dengan mudah

    Apa itu Shopify? Shopify merupakan sebuah platform yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat website atau toko online dengan mudah. Jika sebelumnya Anda berfikir bahwa membuat website adalah suatu hal yang sulit, maka dengan hadirnya Shopify sudah dapat mematahkan anggapan tersebut. Mengapa menggunakan Shopify mudah? Shopify sudah dilengkapi dengan fitur drag-and-drop Shop Builder untuk membangun website atau toko online bahkan hanya dalam waktu satu malam saja.

  2. Shopify dapat mendesain toko Anda dengan unik

    Shopify hadir dengan banyak varian tema yang bisa Anda modifikasi dan atur sendiri sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, bukan menjadi hal yang sulit untuk membuat toko Anda menjadi unik dan berbeda dari yang lain. Hal tersebut tentu dapat menjadikan konsumen semakin betah berlama-lama di toko online Anda tersebut.

  3. Anda bisa memanajemen toko hanya melalui smartphone

    Shopify tak hanya sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat website toko online, tapi lebih dari itu. Saat Anda bepergian dan tidak membawa laptop, maka Anda tetap bisa mengelola toko online hanya melalui smartphone saja. Pengelolaan tersebut bahkan tidak hanya sebatas menerima pesanan yang masuk saja. Akan tetapi, Anda juga dapat menambahkan produk, berkomunikasi dengan pekerja, dan mengunggah gambar produk terbaru. Bagaimana, sangat spesifik bukan?

  4. Shopify menyediakan layanan bantuan dalam 24 jam

    Bagi Anda yang mengalami kendala saat menggunakan Shopify, maka jangan khawatir. Pasalnya, Shopify sudah menyediakan layanan bantuan selama 24 jam penuh. Anda bisa menghubungi bantuan tersebut baik melalui phone call, email, hingga open chat.

  5. Shopify menyediakan trial gratis selama 14 hari

    Shopify juga memberikan fasilitas yang cukup bermanfaat. Yakni trial gratis selama 14 hari yang memungkinkan Anda mencoba Shopify tanpa pungutan biaya sebelum berlangganan. Kemudian, apabila trial selama 14 hari tersebut sudah Anda coba maka Anda bisa melanjutkan pembayaran untuk berlangganan Shopify,

Itulah beberapa fungsi sekaligus manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Shopify. Penasaran, bagaimana cara menggunakan Shopify? Simak informasi selengkapnya berikut!

Baca Juga : Tips Agar Bisnis Online Kita Sukses dan Diminati Banyak Orang

 

Bagaimana Cara Menggunakan Shopify?

Mengenal Apa itu Shopify : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya | IDCloudHost

 

Untuk menggunakan Shopify Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah melakukan pendaftaran, saatnya Anda belajar membuat toko online sekaligus mengelolanya sendiri. Sebelum itu, ikuti langkah-langkah berikut terlebih dahulu sebagai beberapa cara menggunakan Shopify.

  1. Buka laman dan daftar dahulu di Shopify

    Cara menggunakan Shopify yang pertama adalah dengan mendaftarkan diri ke Shopify. Anda bisa membuka laman Shopify dan mulai mengisi alamat email, password, serta nama toko online yang Anda inginkan. Tunggu beberapa saat hingga Shopify berhasil membuat toko online Anda sendiri.

  2. Selanjutnya akan muncul beberapa opsi yang perlu Anda jawab

    Anda bisa menceritakan sedikit mengenai diri Anda. Seperti apakah Anda sudah siap untuk berjualan? Sistem jualan mana yang paling sering Anda gunakan? Apa alasan Anda membuat toko online ini? Berapa penghasilan Anda saat ini? Di industri mana Anda akan beroperasi? Apakah Anda menyiapkan toko untuk pelanggan? Anda hanya perlu memilih satu jawaban yang paling sesuai.

  3. Isi informasi data diri Anda dengan lengkap dan benar

    Setelah Anda selesai mengisi opsi yang tersedia, maka akan muncul halaman baru selanjutnya. Pada halaman ini, Anda diminta untuk mengisikan informasi data diri secara lengkap. Mulai dari nama, alamat, negara, telepon, situs web bisnis pribadi, dan lainnya. Isilah data tersebut dengan lengkap dan sesuai lalu klik Enter My Store.

  4. Mulai kenali dan pahami dashboard beserta fungsinya

    Pada cara menggunakan Shopify yang satu ini, Anda sudah bisa mendesain seperti apa toko yang diinginkan. Disana terdapat dashboard dengan berbagai fitur beserta fungsinya. Seperti Orders, Products, Costumers, Discounts, Settings, dan lainnya. Dengan Anda mengenali lebih details mengenai fitur dan keunggulannya, tentunya juga akan mempermudah Anda dalam melakukan jualan kedepannya.

  5. Tambahkan produk yang Anda jual

    Anda bisa menambahkan produk ke dashboard dan mengintegrasikannya ke situs lain seperti Magento ataupun eBay jika ada. Hal ini tentu bisa mempermudah Anda, Anda dapat mengupload produk Anda dengan cepat dan mudah. pastikan Anda menjual produk dan layanan yang sudah menyesuaikan aturan dan rule dari platform.

  6. Isi detail produk yang akan ditawarkan

    Selanjutnya, akan terdapat opsi judul dan deskripsi produk yang bisa Anda tulis dengan lengkap. Jangan lupa menambahkan detail maupun kelebihan produk Anda agar semakin diminati konsumen. Buatlah secara lengkap dan jelas sehingga orang lain mengerti mengenai produk dan layanan yang Anda jual.

  7. Upload foto produk Anda

    Kemudian, Anda juga bisa menambahkan foto produk yang berkualitas. Caranya hanya dengan drag & drop layar atau memilihnya secara manual. Tips dalam upload foto juga jangan lupa untuk memberikan nama yang sesuai dengan isi foto Anda karena hal ini bisa memberikan manfaat untuk SEO bagi gambar produk dan layanan Anda.

  8. Tentukan harga setiap produk

    Jika foto sudah terupload, maka Anda bisa menentukan harga dari setiap produk yang dijual. Pada tahap ini Anda juga bisa menambahkan beberapa keterangan lain seperti detail pengiriman dan masih banyak lagi. Berikan harga yang menarik serta berbagai penawaran yang kiranya bisa menambang niat pembeli Anda.

  9. Tambahkan variasi produk jika ada

    Anda bisa menambahkan detail mengenai warna dan ukuran yang tersedia. Hal ini sangat penting untuk bisa menambah daya minat pembeli dari pelanggan Anda. Sehingga anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk bisa digunakan maksimal dalam menjual layanan dan produk yang anda miliki.

  10. Optimasi SEO produk

    Langkah ini bisa Anda lakukan dengan mengeklik Edit SEO pada bagian search engine listing preview. Kemudian optimalkan judul, deskripsi, serta URL yang mengandung keyword. Hal ini dapat berfungsi membuat halaman dari produk atau layanan kita bisa berada di peringkat paling atas mesin pencarian Google.

  11. Tentukan visibilitas produk

    Centang bagian Visibility apabila Anda ingin tetap menampilkan produk di toko online. Selanjutnya pilih tipe produk, merek, dan tambahkan tags yang sesuai. Terakhir klik Save sehingga Anda berhasil mempublikasikan produk Anda di toko online Shopify.

 

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu Shopify dan cara menggunakan Shopify. Cara di atas bisa Anda gunakan bagi Anda yang ingin membuat toko online dengan cara yang mudah, simple, cepat, dan tidak merepotkan. Bagi Anda yang ingin menggunakan Shopify secara maksimal maka jangan ragu untuk mulai berlangganan. Dengan mengguakan Shopify, maka Anda bisa berjualan di toko online Anda sendiri dengan mudah dan cepat.

Apakah Anda sudah tertarik untuk menggunakan layanan Shopify? Pastikan Anda tidak melewatkan layanan yang satu ini agar Anda berhasil meluncurkan toko online pertama Anda dengan langkah yang sangat mudah.

Related Post :

popup image