Mengenal Apa Itu Website dan Fungsinya untuk Kehidupan Sehari-hari

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Seiring dengan perkembangan internet khususnya di Indonesia membuat kepopuleran website dikalangan masyarakat semakin meningkat. Hampir setiap orang pasti pernah mengunjungi website yang ada diinternet. Disisi lain mengenal website untuk kehidupan sehari-hari juga bermanfaat dalam menunjang berbagai aktifitas kita.

Website umumnya sebagai sarana guna mendapatkan informasi apasaja yang kita butuhkan, bahkan dewasa ini website juga sudah bisa sebagai media untuk kita bisa berbisnis dan menghasilkan pundi-pundi uang. Diantara website yang populer di Indonesia yaitu seperti Google, Twitter,Kompas,Facebook,Bukalapak,Tokopedia,CNN, dan masih banyak lainnya.

Meskipun tanpa disadari kita sudah berinteraksi dengan website di setiap harinya namun pasti masih banyak yang belum mengenal website untuk kehidupan sehari-hari. Melalui artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian website serta apa saja fungsinya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Baca Juga : Panduan Lengkap Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

 

Mengenal Apa Itu Website? 

 

Hal pertama yang perlu untuk dipahami dari mengenal website untuk kehidupan sehari-hari yaitu pengertian dari website itu sendiri, website merupakan suatu halaman yang berisikan informasi baik berbentuk tulisan, gambar, suara maupun video. Informasi tersebut termasuk kedalam suatu pusat data atau server (hosting) dimana pada saat anda ingin mengaksesnya anda membutuhkan jaringan internet.

Disamping server, agar suatu website dapat berfungsi juga membutuhkan komponen lainnya seperti hosting dan domain. Biasanya masyarakat mengenal website untuk kehidupan sehari-hari dengan site atau situs, web dan situs web.

Website terdiri dari beberapa jenis berdasarkan dengan fungsi dan bentuknya. Jika berdasarkan dengan bentuk, website dibagi menjadi website dinamis dan statis. Website dinamis berarti isi atau konten yang terdapat didalam website tersebut dapat terus diperbaharui tanpa perlu adanya perubahan kode pada sistem. Sebagai contoh penggunaannya seperti website berita yang membutuhkan update data setiap waktu.

Disamping itu, website statis yaitu isi atau konten yang ada didalam website tersebut tidak dapat diubah dengan mudah sewaktu-waktu, atau bisa dikatakan kebalikan dari website dinamis. Dalam hal ini apabila anda ingin mengubah konten dari website tersebut anda perlu tahap code ulang. Oleh karena bentuknya yang tidak fleksibel maka biasanya digunakan oleh website perusahaan.

 

Jenis – Jenis Website Berdasar Fungsinya

Untuk lebih mengenal website untuk kehidupan sehari-hari, berikut kami sajikan jenis-jenis website jika dikelompokkan berdasarkan dengan fungsinya, sebagai berikut :

 

  1. News Portal

    News portal atau biasa dikenal dengan portal berita merupakan website yang khusus menyajikan konten dalam bentuk berita atau berbagai informasi terupdate. Website berita memungkinkan harus mengupdate beritanya setiap waktu oleh karena itu website berita termasuk kedalam kategori website dinamis yang dapat diubah sewaktu-waktu.
     
    Jika pada zaman dahulu kita hanya membaca berita melalui koran saja, untuk saat ini sudah bisa mendapatkan berita dalam bentuk format digital namun karakteristik nya tetap sama dengan koran pada umumnya. Ditambahkan lagi yang membuat website ini lebih unggul dari koran yaitu adanya tersedia forum diskusi dan juga fitur untuk berkomentar secara langsung.

  2. Search Engine

    Untuk jenis website yang satu ini pastu sudah sangat populer dikalangan masyarakata pada umumnya. Jika dilihat dari segi fungsinya, website ini berguna sebagai mesin pencarian terhadap semua situs yang terdapat pada internet. Dengan menggunakan akan membantu anda untuk secara otomatis memilah dan menentukan website apa yang adan butuhkan sesuai dengan kata kunci yang anda masukkan.

  3. Networking dan sosial media

    Saat ini sosial media merupakan website yang memiliki banyak peminat pengguna di internet, dalam hal ini sosial media termasuk kedalam website jenis Networking. Yang dimaksud dengan networking berarti berfungsi dalam hal menjalin pertemanan atau relasi melalui jaringan internet.
     
    Yang membuat website ini banyak peminatnya karena dapat membantu kita untuk bisa berinteraksi dengan sesama pengguna lainnya yang juga menggunaka website tersebut. Seperti contohnya Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak sosial media lainnya.

  4. Blog

    Bagi anda yang memiliki hobi menulis, menjadi blogger adalah pilihan yang tepat untuk menyalurkan hobi tersebut. karena saat ini banyak website yang dapat diakses secara gratis membuat blog menjadi banyak diminati oleh para pengguna internet. Anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui blog loh.

Baca Juga : Memahami Peran Website Dalam Bisnis Online

 

Fungsi Website Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Didalam sejarah perkembangan mengenal website untuk kehidupan sehari-hari, website hingga saat ini sudah semakin merakyat, dalam kata lain sudah semakin mudah untuk bisa diakses oleh semua kalangan masyarakat. Tak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi ternama, perusahaan besar atau bahkan pemerintahan saja, melainkan website juga sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan pribadi.

Seperti contohnya menulis tutorial, menceritakan pengalaman perjalanan, atau menampilkan berbagai macam karya. Oleh karena itu website memang memberikan segudang fungsi yang bisa didapatkan oleh semua kalangan masyarakat, berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan website dalam kehidupan sehari-hari diantaranya:

 

  1. Sebagai Sarana Publikasi Pada Perusahaan
    Sejak dulu website sudah bisa dimanfaatkan sebagai tempat utama untuk mempublikasikan perusahaan khususnya yang berbasis dengan teknologi dan internet. Selain itu melalui website juga sebagai sarana mempromosikan profil dari perusahaan dan mempromosikan berbagai jenis produk yang ingin dijual.
  2. Sebagai Sarana Tempat Menjual Produk

    Saat ini sudah banyak online shop yang memanfaatkan website sebagai sarana untuk dapat menarik pelanggan dengan mempromosikan barang dagangannya melalui website. Semakin menarik tampilan website anda maka akan semakin banyak pelanggan yang berkunjung.

  3. Mempermudah Komunikasi

    Jarak saat ini bukan lagi menjadi halangan untuk kita tetap bisa menjaga silaturahmi dengan para keluarga. Kemudahan teknologi komunikasi melalui sosial media berfungsi sebagai penghubung para penggunanya dari berbagai kota bahkan dilintas negara.

Melalui penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa mengenal website untuk kehidupan sehari-hari diera digital saat ini memegang peranan penting bagi perkembangan teknologi komunikasi. Terlihat dari fungsi utama website sebagai sarana dalam menyampaikan atau berbagi informasi kepada seluruh pengguna internet sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Selain itu, mengenal website untuk kehidupan sehari-hari juga dapat dikategorikan kedalam beberapa jenis dan bentuk sesuai dengan fungsinya, dengan begitu para pemilik website juga harus lebih cermat dalam menentukan website jenis apa yang dibutuhkannya. Dalam hal ini jasa penyedia web hosting sangat dibutuhkan guna menyediakan web hosting yang terbaik sesuai dengan kebutuhan si pemilik website.

Layanan Hosting Murah dan Domain Murah Website IDCloudHost akan mempermudah pengokahan data produk anda. Dilengkapi dengan Hosting dan Domain yang berkualitas namun dengan harga terjangkau bersertifikasi SSL. Coba anda bayangkan, anda dapat menjangkau pasar lebih luas hingga mancanegara hanya dengan bermodalkan website dna internet saja.

 

Apa Saja Yang Kita Butuhkan untuk Membuat Sebuah Website?

Sebelum memutuskan mempunyai website Anda sendiri, maka penting untuk Anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini sebelum membuat website :

 

  1. Hosting, yaitu sebuah tempat untuk menyimpan file website Anda. Bisa dibilang, hosting ini adalah sebuah rumah untuk database website Anda nanti.
  2. Domain, yaitu sebuah alamat atau nama situs web yang nantinya Anda gunakan sebagai identitas situs dan destinasi website Anda. Misalnya saja untuk situs ini, nama domainnya IDCloudHost.com
  3. Konten, yaitu artikel berkualitas, dan kombinasi media yang dibutuhkan, seperti gambar, video, dan konten lainnya.
  4. Aplikasi pengolah gambar yang nanitnya dapat Anda gunakan untuk men-desain gambar banner, logo, dan sebagainya. Salah satu software yang direkomendasikan untuk keperluan ini adalah Adobe Photoshop.

 

Kesimpulan dan Penutup

Siapapun dapat menjadi pemilik website, anda bisa membuat website dengan mudah melalui informasi yang juga tersebar melalui website-website yang sudah ada diinternet. Melalui website tersebut anda bisa mempelajari bagaimana menjadi blogger secara otodidak.

Tak hanya itu, kemudahan website saat ini sudah bisa diakses oleh siapa saja selagi mereka memiliki jaringan koneksi internet. Meskipun terkesan mudah untuk diakses dan mudah untuk digunakan, para pengguna juga harus lebih berhati-hati dalam menggunakan website karena saat ini kejahatan juga sangat mungkin kita dapatkan melalui dunia maya.

Tak jarang dari pemilik website mendapati website yang mereka miliki di hack oleh orang-orang usil sehingga tidak bisa lagi untuk diakses.

Related Post :

popup image