Mengenal Apa itu Weebly Website Builder, Keunggulan, Fungsi, dan Manfaatnya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Semakin banyaknya pengguna internet dan digitalisasi yang meluas, maka semakin banyak pula informasi dan data yang berputar di dunia maya. Semua data dan informasi itu didapatkan dari tidak hanya platform media sosial mulai dari Facebook, Instagram, Twitter hingga platform perpesanan seperti WhatsApp, Line, Telegram dan lainnya.

Selain cara menyampaikan dan memutar informasi diatas, sebelumnya kita lebih dulu mengenal cara sederhana seperti website. Laman situs ini biasanya mempunyai banyak tujuan penciptaan mulai dari untuk mengenalkan suatu merek, sebagai lapak penjualan usaha atau bisnis maupun untuk dipakai secara pribadi seperti blogging yang sempat menjadi tren tersendiri.

Bagi para penulis blog, cara yang paling sederhana untuk membuat website mereka sendiri dengan cepat, murah dan instan adalah dengan menggunakan platform blogging seperti WordPress, Blogger, Weebly Website Builder dan lainnya. Cukup berbeda dari dua platform blogging tersebut, Weebly hadir dengan cara blogging yang lebih simple dan praktis. Mari simak dan mengenal Weebly Website Builder, platform blogging yang ramah untuk digunakan.

 

Apa itu Weebly Website Builder

Weebly adalah salah satu pembuat situs web paling populer di antara para blogger yang telah digunakan oleh 40 juta pengguna. Platform pembuatan situs web ini menawarkan fitur- fitur yang kuat dan menarik, mudah digunakan dan juga ditujukan untuk mereka yang memerlukan situs web bisnis, profesional atau penggunaan pribadi.

Didirikan oleh David Rusenko, Chris Fanini dan Dan Veltri pada tahun 2007 yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. Dengan inovasi yang membuatnya berbeda, Weebly datang dalam banyak bahasa seperti Inggris, Portugis, Spanyol, Italia, Cina, Jepang, Indonesia, Korea dan lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan bahasa ibu Anda. Pengguna tidak perlu lagi menggunakan atau menambah aplikasi penerjemah karena Weebly telah menyediakan hampir semua bahasa yang ada di dunia.

Weebly juga menawarkan lima paket dengan paket dasar gratis yang bisa Anda pilih untuk belajar dan mengembangkan website Anda. Disamping itu, Weebly Website Builder juga datang dengan fitur termudah yang pernah ada yaitu pembuatan interface tanpa perlunya pengetahuan pemrograman yang rumit. Pengguna hanya perlu menggunakan cara drag-and-drop yang menghemat waktu dan ramah bagi pembuat website pemula sekalipun.

 

 

Keunggulan dan fungsi Weebly Website Builder

 

Berbeda dengan platform pembuatan website lainnya, Weebly menyediakan pilihan bagi para penggunanya. Anda dapat menentukan tujuan pembangunan dan pembuatan website Anda untuk kegunaan pribadi atau sebagai laman website untuk berjualan secara online. Anda dapat dengan mudah mengubah blog Anda menjadi toko online.

Tujuan utama Weebly adalah menyambut semua orang yang hendak dan berniat mengambangkan website mereka dengan senyaman mungkin. Anda dapat mengembangkan situs Anda lebih cepat dengan panduan SEO, mengoptimalkan pekerjaan Anda lebih fokus kepada kualitas blog, portfolio, toko online dan apapun yang ingin Anda capai.

Karena Weebly dikembangkan bagi orang-orang untuk mempermudah pembuatan halaman web, maka Weebly menjaga keunggulan dan kesederhanaannya. Karena itu, Weebly menonjol karena kualitas positifnya di antara banyak platform lain, berikut ini pertimbangan keunggulan dan fungsi Weebly Website Builder yang bisa membantu Anda :

 

  1. Desain antarmuka yang nyaman dan jelas.
  2. Ada templat tema siap pakai yang cukup sesuai untuk membuat situs cepat tampil di dunia maya.
  3. Lebih dari 300 aplikasi untuk menghubungkan layanan online.
  4. Aplikasi seluler untuk mengelola situs di perangkat apa pun.
  5. Penambahan galeri foto atau tayangan slide.
  6. Perpustakaan foto Weebly yang luas.
  7. Perancang design bawaan.
  8. Dukungan teknis berkualitas tinggi melalui email, obrolan, dan telepon.

Baca Juga : Panduan Lengkap Belajar Bahasa Pemrograman PHP untuk Pemula

 

Manfaat Weebly Website Builder

 

Sebagai salah satu pembuat situs web yang luar biasa, Weebly memberi kemudahan penggunaan dan tidak mengharuskan penggunanya untuk mempelajari bahasa pemrograman yang tidak dikuasai semua orang yang ingin membuat website. Untuk mereka pengguna dengan latar belakang agar lebih fleksibel, pengembang layanan ini juga menawarkan penempatan detail dengan kode HTML yang bisa Anda kostumisasi sesuai dengan keinginan Anda.

Anda mempunyai banyak kesempatan untuk mengedit dan memuat template baru desain situs, menempatkan iklan di laman web Anda dengan tema situs web yang Anda kembangkan sendiri. Pembuat situs web Weebly dapat digunakan dengan perangkat apa pun (bahkan iPad) dan mempunyai ospi yang banyak tanpa berbayar atau gratis.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Antara Domain dan Hosting untuk Website

 

Tips dan trik menggunakan Weebly Website Builder

 

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba dan kembangkan jika Anda tertarik menggunakan platform pembuatan website Weebly :

 

  1. Pemberitahuan editor yang jelas dan sederhana.
  2. Beragam macam pilihan template yang menarik.
  3. Antarmuka yang nyaman dengan widget Weebly yang dapat diubah sesuai keinginan Anda.
  4. Opsi pilihan website untuk perdagangan online (e-commerce) lengkap
  5. Aplikasi pengeditan situs untuk pengguna iPad.
  6. Layanan pelanggan tingkat tinggi.

Baca Juga : Kumpulan Blogger Indonesia yang Menginspirasi dan Terbaik

 

Kelebihan dan kekurangan Weebly Website Builder

Setiap platform permbuat wesbite atau website builder baik dari yang paling populer seperti WordPress dan Blogger pasti mempunyai dua sisi mata uang, yaitu kelebihan dan kekurangan. Tidak terkecuali Weebly Website Builder ini yang juga mempunyai kendala- kendala di berbagai hal. Inilah daftar kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan lebih lanjut.

 

Kelebihan Weebly Website Builder

Layaknya platform pembuat website lain, Weebly juga mengedepankan beberapa kelebihan untuk menarik pengguna seperti :

  1. Pembuatan website yang lebih mudah jika dibandingkan dengan platform pembuat website lain yang serupa.
  2. Menyediakan fitur- fitur yang fungsional dengan gratis.
  3. Desain dan tema yang unik dan berbeda.
  4. Menyediakan berbagai macam pilihan bahasa
  5. Keleluasaan bagi pengguna tingkat mahir dengan opsi kostumisasi dan personalisasi yang nyaris tak terbatas.
  6. Kemudahan dalam mengunggah dan memasukkan konten dalam format apa saja semisalnya tulisan, dokumen, video, foto dan lain- lain.

Baca Juga : Pilih Blogspot atau WordPress. Berikut ini Perbedaannya!

 

Kekurangan Weebly Website Builder

Selain kelebihan, Weebly juga mempunyai beberapa kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan dibawah ini :

  1. Dibandingkan dengan WordPress dan Blogger, Weebly tidak begitu dikenali para pembuat website di Indonesia.
  2. Memerlukan sedikit waktu untuk memahami dan menggunakan Weebly Website Builder.
  3. Belum terindeks dengan otomatis di Google dan browser pencarian lainnya, Anda harus menambahkan kata Weebly dibelakang nama situs web Anda sebelum mencarinya di kotak pencarian.
  4. Pengguna tidak dapat menggunakan domain mereka sendiri dan akan terus menggunakan subdomain bawaaan dari Weebly.

 

Kesimpulan dan penutup

Platform pembuatan website instan ini bisa Anda pertimbangkan jika Anda membutuhkan website yang tidak hanya unik, menarik dan fungsional, namun juga mudah untuk dikembangkangkan dan dijaga. Weebly juga menawarkan 5 paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. pekat- paket tersebut adalah Free atau gratis, Starter $4 per bulan, Business $25 per bulan dan paket Performance $38 per bulan.

Anda juga dapat mencoba menggunakan paket Weebly Pro secara gratis yang mempunyai fitur perlindungan password untuk melindungi halaman tertentu, membatasi file yang akan diperbarui, support atau dukungan dan juga fitur- fitur lainnya. Pengguna juga dapat mencoba berbagai macam template dengan design yang kekinian dan peluang kostumisasi yang tinggi.

Pembuatan website gratis ini juga bekerja dengan format widget yang memungkinkan para pengguna untuk membuat laman web mereka cukup dengan beberapa klik serta menyeret (drag) konten berformat gambar, tulisan dan konten lainnya dengan mudah dan praktis. Weebly Website Builder ini juga telah kompatibel dan juga responsif dengan pengguna yang memakai browser Google Chrome maupun Safari.

Related Post :

popup image