Panduan Lengkap Memaksimalkan Video Marketing untuk Bisnis Online

Business, Video Marketing / 0 | | 0

Persaingan dalam dunia bisnis semakin hari memang semakin ketat, kita dituntut untuk semakin kreatif dalam mempromosikan produk yang ingin dijual agar menarik perhatian para calon pembeli. Salah satu promosi menarik yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan video marketing untuk bisnis online.

Mengingat melakukan promosi maka akan sangat memberikan dampak positif terhadap kemajuan usaha yang sedang dijalani tersebut, semakin banyak melakukan promosi maka akan semakin menarik minat dari para calon konsumen. Berbagai media yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan promosi, salah satunya dengan menggunakan video marketing untuk bisnis online.

Kenapa demikian? Karena pada era digital seperti sekarang ini, video marketing semakin kian populer dan semakin diminati oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat akan lebih tertarik untuk menonton iklan jika dibandingkan membaca iklan dikoran.

Namun dalam hal ini, untuk menarik banyaknya pembeli dari produk yang sedang kita jual maka diwajiban untuk dapat membuat video yang menarik, komunikatif dan pastinya harus informatif agar lebih cepat mendapatkan perhatian dari calon konsumen. Dengan demikian tahukah anda bagaimana cara memaksimalkan video marketing untuk bisnis online agar dapat meningkatkan omset penjualan?

 

Apa Itu Video Marketing?

Video marketing merupakan salah satu strategi bisnis marketing. Metode ini memanfaatkan video di platform online sebagai media utamanya. Video marketing dapat mudah ditemukan di berbagai platform video online dan media sosial seperti YouTube, Facebook, dan Instagram. Video Marketing ini biasanya dilengkapi dengan animasi dan audio, Sehingga dapat menarik audiens untuk melihatnya.

 

Jenis – Jenis Video Marketing

 

Nah, setelah anda mengetahui pengertian dari video marketing, dalam artikel ini selanjutnya akan membahas tentang jenis – jenis video marketing :

  1. Video Profile

    Anda mungkin pernah melihat sebuah video yang secara khusus membahas perusahaan tertentu. Inilah yang disebut dengan video company profile. Video ini hadir dalam format yang mirip seperti company profile. Dalam video profile, dijelaskan secara lengkap mengenai profil sebuah perusahaan. Visi dan misi perusahaan dijelaskan di sini. Tidak jarang, kisah berdirinya perusahaan juga dijelaskan dalam sebuah video profile.
    Biasanya durasi video ini cukup panjang. Dengan bahasan yang fokus pada pengenalan perusahaan, video jenis ini biasanya memiliki target audience yang sangat spesifik. Profil video umumnya lebih sering dimanfaatkan untuk memperkenalkan perusahaan kepada calon klien besar ataupun calon mitra bisnis. Karena alasan itulah, dari jenis-jenis video marketing yang lain, video profile cenderung memiliki segmen audience yang lebih kecil.

  2. Video Branding

    Pembagian jenis-jenis video marketing banyak yang didasarkan pada fungsi dari video tersebut. Video branding adalah salah satunya. Dari namanya mungkin Anda sudah bisa sedikit memperkirakan tentang apa itu video branding. Video jenis ini dibuat untuk satu tujuan, yakni memperkenalkan sebuah brand atau merek kepada publik. Video branding umumnya sangat lekat kaitannya dengan produk. Pernahkah anda menyaksikan iklan di TV atau di platform streaming video seperti Youtube ? banyak dari video-video tersebut yang masuk dalam kategori video branding. Meski demikian, video branding tidak hanya sebatas jualan. Jenis video ini juga mengandung nilai-nilai dari merek yang dipasarkan.

  3. Video Edukasi

    Dalam memasarkan sebuah produk, Anda tidak bisa hanya sekedar menunjukkan produk tersebut kepada target pasar Anda dan mendorong mereka agar mau membelinya. Anda juga harus mengedukasi pasar tentang bagaimana produk Anda dapat memperbaiki hidup mereka atau membuat hidup mereka jadi lebih baik. Di sinilah video edukasi mengambil perannya. Dari jenis-jenis video marketing, bisa dibilang video edukasi inilah yang paling mudah mengambil hati penonton. Nilai informasi dan edukasi di dalamnya membuat video edukasi lebih banyak dicari. Video edukasi memanfaatkan strategi soft selling dalam menawarkan sebuah produk. Karena alasan ini jugalah, jenis video yang satu ini relatif lebih disukai publik.

  4. Video Demo

    Sekilas video demo memang terlihat mirip seperti video edukasi. Ada unsur edukasi di dalamnya. Namun berbeda dengan video edukasi, video demo lebih bersifat spesifik pada cara kerja atau cara menggunakan produk yang ditawarkan. Video demo juga kerap dimanfaatkan untuk menunjukkan nilai lebih dari produk yang ditawarkan. Misalnya saat membandingkan antara produk Anda dengan produk kompetitor, Anda bisa menunjukkan bahwa produk Anda memiliki cara pakai yang lebih mudah. Melalui video ini Anda juga bisa menunjukkan fitur-fitur yang tidak ada pada produk kompetitor.

  5. Video Testimoni

    Pemasaran dari mulut ke mulut masih menjadi cara terbaik untuk memasarkan sebuah produk. Di era digital seperti sekarang ini, cara seperti ini berkembang menjadi bentuk yang lebih fleksibel dan mudah disebarkan secara luas.

  6. Video testimoni adalah contohnya

    Video jenis ini mengambil satu unsur penting dalam metode pemasaran mulut ke mulut. Unsur tersebut adalah kesaksian dari orang-orang yang telah menggunakan produk yang sedang dipasarkan. Tingkat kepercayaan masyarakat akan video testimoni akan semakin meningkat jika orang yang memberi testimoni adalah sosok yang mereka kenal. Jika pemberi testimoni dikenal memiliki keahlian di bidang yang relevan dengan produk yang ditawarkan, tingkat kepercayaan publik akan lebih tinggi lagi. Video testimoni sebenarnya tergolong sebagai video yang tidak bisa berdiri sendiri. Efektivitasnya ditunjang oleh jenis-jenis video marketing lain. Untuk itu, pastikan untuk mengombinasikannya dengan video lain atau konten pemasaran lainnya.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube Dengan Mudah

Cara Merancang Video Marketing  Untuk Bisnis Online Agar Optimal

 

Meskipun melalui video seperti yang kita ketahui menjadi media promosi yang paling ampuh untuk dilakukan namun apabila anda tidak mempersiapkannya dengan optimal maka siap siaplah untuk mendapatkan sebuah kegagalan, dengan demikian penting untuk mempelajari panduan bagaimana untuk memaksimalkan video marketing untuk bisnis online agar mendapatkan banyak perhatian dari para calon konsumen.

Berikut ini beberapa cara merancang iklan yang perlu anda ketahui terlebih dahulu apabila ingin memaksimalkan video marketing untuk bisnis online anda.

  1. Lakukanlah riset terlebih dahulu

    Untuk memulai sesuatu apapun penting sekali untuk anda melakukan riset berkaitan dengan apa yang ingin anda lakukan. Dalam hal ini anda dapat mencontoh atau menjadikan inspirasi dari berbagai video-video marketing yang sudah banyak tersebar di media sosial. Dengan melihat atau menonton video-video tersebut dapat menjadi patokan bagi anda nantinya dalam memaksimalkan pembuatan video marketing untuk bisnis online anda.

  2. Menentukan jenis konten video anda

    Setelah menonton referensi berbagai video dari yang sudah ada, maka anda bisa mulai untuk menentukan tema atau jenis konten video apa yang ingin anda buat. Ada berbagai jenis video konten yang sudah biasa beredar diantaranya seperti, monolog, wawancara, tutorial, video explainer maupun berbagai video lucu lainnya. Anda juga harus menyesuaikan jenis dari video tersebuts sesuai dengan produk yang ingin anda pasarkan.

  3. Sampaikan pesan dan nilai dari video tersebut

    Membuat video marketing untuk bisnis online tidaklah selalu hanya berisikan dengan jualan, namun anda juga bisa menyisipkan berbagai pesan atau nilai yang berkesan sehingga para calon konsumen lebih tertarik untuk melihat video anda meskipun awalnya tidak berniat untuk membeli produk anda tersebut. Tak hanya itu, anda juga dapat menyisipkan nilai humor, tutorial atau juga beragam informasi penting yang bisa dibagikan kepada calon konsumen. Setelah itu barulah anda bisa mempromosikan produk yang ingin anda jual pada akhir video atau sesekali disela video tersebut. Hal tersebut agar pada saat pertama kali orang membuka video anda akan penasaran dan ingin menonton meskipun akhirnya bertujuan untuk jualan atau mempromosikan produk anda.

  4. Maksimalkan dalam 15 hingga 30 detik untuk menarik simpati konsumen

    Awal mulainya video merupakan momen yang paling penting bahkan sebagai penentu penonton atau calon konsumen akan lanjut untuk melihat iklan video tersebut atau langsung dialihkan begitu saja. Usahakan untuk tidak langsung memperkenalkan produk yang ingin anda jual tersebut karena pasti penonton akan langsung merasa bosan dengan adanya iklan seperti itu. Buatlah konten yang menarik sehingga penonton tetap penasaran untuk terus menonton video tersebut hingga selesai setelah itu baru selipkan promosi produk yang ingin anda jual tersebut.

  5. Tulisan dan gambar pada video harus jelas

    Pembuatan video marketing untuk bisnis online pasti memerlukan elemen gambar dan juga tulisan. Oleh karena itu anda harus memastikan setiap gambar dan tulisan yang ada pada video tersebut memiliki kualitas yang bagus. Pastikan juga komposisi dari setiap gambar dan tulisan sesuai dan seimbang dengan kebutuhan video. Kebanyakan video yang dipenuhi dengan tulisan saja juga pasti akan sangat mengurangi minat penoton, maka dari itu buatlah komposisi yang seimbang antara gambar, video dan tulisannya. Dengan begitu pesan yang ingin disampaikan juga akan tergambarkan dengan jelas kepada para calon konsumen.

  6. Tentukan tempat pemasaran yang tepat

    Setelah anda selesai membuat video marketing untuk bisnis onlinetersebut maka hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu menentukan tempat promosi yang tepat agar mendapatkan hasil yang lebih masksimal. Saat ini sudah banyak media sosial yang dapat anda gunakan dan manfaatkan sebagai sarana pemasaran. Seperti instagram, twitter, facebook hingga youtube. Semakin anda memaksimalkan pemasaran maka akan semakin maksimal hasil yang bisa anda dapatkan.

  7. Pilih waktu yang tepat untuk upload video

    Sebelum membuat video marketing untuk bisnis online pasti anda juga sudah mengamati kapan waktu optimal dari perilaku sasaran anda di media sosial. Meskipun memiliki video yang sudah berkualitas tetapi tidak memperhatikan waktu yang tepat untuk upload maka anda juga tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dari karya anda tersebut. Anda harus menyesuaikan kapan waktu follower anda sedang banyak yang online dengan begitu akan semakin meningkatkan peluang untuk video anda banyak ditonton oleh calon konsumen anda tersebut.

Baca Juga : Panduan Memaksimalkan Seo Youtube Terbaru Lengkap

Penutup dan Kesimpulan

Membuat video marketing untuk bisnis online memang harus membutuhkan panduan yang lengkap agar bisa membuat video marketing yang maksimal guna mendapatkan hasil penjualan yang lebih banyak.

Ada 6 langkah merancang iklan yang perlu anda ketahui terlebih dahulu apabila ingin memaksimalkan video marketing untuk bisnis online anda. Diantaranya yaitu : Lakukanlah riset terlebih dahulu, Menentukan jenis konten video anda, Maksimalkan dalam 15 hingga 30 detik untuk menarik simpati konsumen, Tulisan dan gambar pada video harus jelas, Tentukan tempat pemasaran yang tepat, Pilih waktu yang tepat untuk upload video

Semoga panduan lengkap berikut dapat membuat bisnis anda menjadi lebih berkembang dan maju.

Related Post :

popup image