Panduan Memaksimalkan SEO Youtube Terbaru [LENGKAP]

Business, Video Marketing / 0 | | 0

Di dalam artikel kali ini akan membahas mengenai panduan SEO YouTube (Video) Terbaru 2019. Jadi jika Anda memang berkecimpung di dunia SEO maka Anda wajib menyimak penjelasan dari artikel kali ini. Perlu Anda ketahui bahwa YouTube kini Anda harus bersaing agar bisa memenangkan posisi dalam pencarian yang dilakukan sejumlah orang.

Biasanya Kita hanya menemukan ini di mesin pencari Google saja. Namun untuk saat ini YouTube pun juga akan menggunakan sistem yang seperti ini. Jadi YouTube juga akan mempunyai SEO nya agar video yang di optimasi di sini bisa berada di posisi pertama dalam hasil pencarian YouTube sesuai dengan keyword yang sudah ditentukan sebelumnya.

Nah jika Anda ingin video Anda muncul di halaman pertama ini maka tentu Anda harus memenangkan persaingan antara video yang lainnya. Dimana Anda akan memerlukan yang namanya SEO YouTube. Dengan Anda menggunakan SEO YouTube ini maka Anda akan bisa memenangkan persaingan yang sudah dikatakan sebelumnya.

Baca Juga : Mengenal Apa itu SEO (Search Engine Optimization) ?

Anda harus ingat bahwa Anda harus menerapkan teknik SEO YouTube yang tepat di dalam hal ini. Dengan demikian Anda akan bisa memenangkan persaingan dan juga akan mendatangkan banyak penonton ke video tersebut. Untuk itu jika memang Anda adalah orang yang berkecimpung di dalam dunia social video YouTube maka Anda wajib menyimak penjelasan panduan SEO YouTube (Video) Terbaru 2019 di bawah ini. Sehingga untuk mewujudkan harapan Anda mempunyai view yang banyak bukan lagi menjadi masalah untuk Anda.

 

Pengertian Dari Apa Yang Dimaksud Dengan SEO YouTube

Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang lebih mendalam maka Anda harus mengetahui mengenai pengertian dari SEO YouTube ini terlebih dahulu. Jadi perlu Anda ketahui bahwa YouTube kini sudah bisa melakukan promosi atau bisa juga mencari uang dengan beriklan sehingga bisa disamakan dengan website.

Dengan mendatangkan traffic tinggi pada video maka kemunculan iklan di dalam video tersebut akan sering muncul dan langsung di konversikan menjadi penghasilan secara berkala. Bisa dikatakan bahwa semakin banyak view pada video tersebut maka akan semakin banyak pula penghasilan yang Anda dapatkan.

Nah untuk bisa mendatangkan view yang banyak ini maka perlu adanya langkah melakukan SEO YouTube. Tujuan utama melakukan optimasi ini adalah agar masyarakat luas bisa mengakses video Anda dengan mudah. Misalkan ada yang mencari video tertentu dengan menggunakan kata kunci yang dicari di kolom pencarian.

Nah ketika keluar hasil maka dipastikan video Anda akan berada di posisi atas. Nah hal ini lah yang merupakan tujuan Anda melakukan SEO YouTube ini. Keuntungan video Anda bisa berada di posisi atas dengan keyword tertentu adalah Anda akan mendapatkan jumlah view yang banyak. Sebab banyak orang cenderung akan mengklik video yang berada di urutan paling atas.
Dan di bawah ini akan dijelaskan mengenai langkah langkah panduan SEO YouTube (Video) Terbaru 2019 yang bisa Anda ikuti.

 

Langkah Langkah panduan SEO YouTube (Video) Terbaru 2019

Di dalam melakukan SEO YouTube ini ada beberapa langkah langkah yang perlu Anda ikuti. Setidaknya akan ada lima langkah yang ada. Dengan Anda mengikuti langkah langkah ini maka Anda bisa memaksimalkan SEO YouTube Anda.

Langkah langkah ini terdiri dari melakukan riset keyword, membuat video yang mempunyai kualitas yang baik, melakukan optimasi metadata, melakukan promosi terhadap video, serta memanfaatkan tools YouTube analytics. Nah untuk itu Anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

1. Melakukan Riset Keyword atau Kata Kunci

Langkah panduan SEO YouTube (Video) Terbaru 2019 yang pertama adalah melakukan riset keyword atau kata kunci. Sama halnya dengan melakukan SEO di Google, melakukan SEO YouTube pun akan memerlukan keyword atau kata kunci. Anda tentu harus memilih kata kunci yang tepat untuk video Anda.

Sebab setiap kata kunci akan mempunyai persaingan yang berbeda beda. Nah untuk itu perlu adanya Anda melakukan riset terhadap kata kunci ini. Di dalam melakukan riset ini ada harus memperhatikan beberapa hal. Yang pertama adalah Anda harus menemukan kata kunci yang sesuai dengan niche video Anda.

Tentu Anda tidak boleh menggunakan kata kunci yang tidak relevan atau tidak sesuai dengan video Anda. Yang kedua Anda bisa melakukan analisis tren terbaru. Sebab jika Anda menggunakan kata kunci yang sesuai dengan tren terbaru maka pencariannya pun akan semakin meningkat. Dan yang ketiga atau yang terakhir Anda bisa koleksi kata kunci atau keyword ini di Google. Hal ini dimaksudkan bahwa Anda bisa menemukan kata kunci di Google dan menggunakannya di SEO YouTube ini.

Anda bisa memanfaatkan Google Trend untuk bisa mengetahui pergerakan kata kunci yang paling banyak digunakan oleh orang pada waktu tertentu, sebagai contoh  Anda bisa cek pada gambar dibawah  ini :

Panduan Memaksimalkan SEO Youtube Terbaru | IDCloudhost
 

Selain Google Trends  Anda bisa juga memanfaatkan Tools seperti Google Keyword Planner atau Keyword Tools (https://keywordtool.io/). Namun untuk Keyword Tools Anda membutuhkan langganan berbayar untuk bisa lebih banyak mendapatkan informasi terkait kata kunci :

Panduan Memaksimalkan SEO Youtube Terbaru | IDCloudhost
 

2. Membuat Video Yang Mempunyai Kualitas Yang Baik

Langkah selanjutnya adalah Anda harus membuat video yang mempunyai kualitas yang baik. Dengan demikian hal ini akan membuat penonton akan lebih betah untuk menonton video Anda dan berkemungkinan akan melihat video Anda yang lainnya. Tentunya dalam membuat  video tidak bisa  sembarangan, Anda disarankan untuk membuat Konten video yang sesuai dengan kebutuhan pengguna  Anda.

Ada banyak sekali metode pembuatan Video yang bisa Anda buat misalnya membuat podcast Video untuk menyampaikan materi dalam bentuk diskusi, atau bisa juga membuat video tutorial dimana pengguna bisa mencari banyak panduan tutorial untuk kebutuhan mereka, bahkan Anda juga bisa membuat video Blog atau Vlog yang merekap terkait aktifitas Anda maupun aktifitas bisnis Anda.

Yang terpenting adalah  jangan lupa memaksilkan fitur editing yang dirasa sangat mudah digunakan bahkan untuk  pemula saat ini. Selain itu juga banyak sekali panduan  yang tersedia  terkait bagaimana membuat konten youtube yang ada khususnya di Indonesia.

Kesimpulan Poin ini :

  • Perbaiki Kualitas Editing yang menarik untuk ditonton oleh orang
  • Pastikan Orisinalitas Video, jika Anda mengambil sumber lain disarankan mencantumkan dan memainta izin pemilik Video
  • Perhatikan Durasi karena tidak semua orang juga menyukai video durasi tertentu
  • Buat Thumbnail yang Menarik yang membuat orang tertarik untuk melihat video Anda
  • Pertimbangkan Selera Penonton untuk bisa mendapatkan niche tertentu dari market Video Anda

 

3. Melakukan Optimasi Metadata

Melakukan optimasi metadata ini dimaksudkan bahwa Anda harus menyelipkan kata kunci di judul video Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus memaksimalkan dalam membuat deskripsi video serta menggunakan tag yang sesuai. Pastikan sebelum Anda melakukan upload, Judul dari File video Anda dibuat sesuai dengan judul dari Video youtube  yang Anda buat. Anda bisa memasukkan kata kunci tersebut di Judul File Anda.

Selain itu juga, Pada bagian Judul, Deskripsi, dan Keyword juga bisa Anda selipkan dengan kata kunci yang sebelumnya Anda  lakukan riset. Nah pada bagian deskrisp  juga Anda bisa membuat banyak informasi terkait mengenai video  yang ingin ditampilkan di channel youtube Anda.

Kesimpulan Poin ini :

  • Selipkan Kata Kunci di Judul Video Anda
  • Optimasi Deskripsi Video yang jelas dan memasukkan beberapa kata kunci
  • Masukkan Hashtag dan Tag yang Tepat terkait video Anda
  • Buat Thumbnail yang Sesuai dengan Isi Video dan menarik untuk dilihat oleh pengguna

 

4. Melakukan Promosi Terhadap Video

Melakukan promosi video ini Anda bisa menggunakan media sosial. Atau jika memang Anda mempunyai dana yang cukup maka Anda bisa mengiklankan video Anda. Media Social saat ini sangat praktis juga karena Anda bisa melakukan share  ke berbagai platform social media termasuk facebook dan instagram. Silakan gunakan fitur share link yang ada di youtube juga untuk Anda dapat berbagi Video melalui Whatapps dan telegram.

Anda bisa menyimak details Menentukan Market & Channel yang Efektif untuk mempromosikan Video Anda sesuai dengan konten maupun Tujuan dari bisnis Anda. Dengan tujuan yang tepat dan channel  yang tepat juga akan membuat Video Anda bisa saja viral suatu waktu.

5. Memanfaatkan Tools YouTube Analytics

Dan ini adalah langkah yang terakhir pada panduan SEO YouTube (Video) Terbaru 2019 adalah Anda bisa memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh YouTube. Fitur ini adalah YouTube Analytics dengan menggunakan fitur ini maka Anda bisa mengetahui berapa jumlah klik pada video Anda dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Membuka YouTube Analytics, Anda dapat langsung membuka youtube.com/analytics atau mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Login ke YouTube dan klik gambar profil Anda lalu Creator Studio.
  • Di menu sebelah kiri, pilih Analisis.
  • Pilih laporan yang ingin dilihat.

Panduan Memaksimalkan SEO Youtube Terbaru | IDCloudhost
 

Penutup dan Kesimpulan

Dan itulah tadi pembahasan mengenai panduan SEO YouTube (Video) Terbaru 2019 yang bisa Anda ikut untuk menjadikan video Anda berada di posisi pertama pencarian YouTube. kira kira, menurut kamu tips dan trick apa lagi yang bisa memaksimalkan peringkat Anda di mesin pencarian Youtube ?

Related Post :

popup image