Panduan Menggunakan dan Memanfaatkan Blogging Bagi Kebutuhan Bisnis dan Usaha Online

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Pengguna internet pasti sudah tidak asing dengan kegiatan blogging yang mengacu pada tulisan, fotografi, dan media lain yang diterbitkan sendiri secara online. Blogging dimulai sebagai kesempatan bagi individu untuk menulis entri dengan gaya buku harian, tetapi sejak itu telah dimasukkan ke dalam situs web untuk banyak keperluan bisnis. Ciri-ciri blogging termasuk pembaruan yang sering atau terjadwal, menggunakan bahasa informal, dan kesempatan bagi pembaca untuk terlibat dan memulai percakapan.

Kata blog sebenarnya adalah kependekan dari nama aslinya, weblog dimana webblog ini memungkinkan pengguna internet awal untuk menulis dan berbagi detail keseharian mereka dalam entri bergaya buku harian. Blog juga sering memungkinkan pembaca untuk memberi komentar dan pendapat, sehingga ketika blog menjadi lebih umum ada banyak komunitas bermunculan karena adanya blog yang populer.

Seperti kebanyakan inovasi berbasis internet, banyak pebisnis yang melihat potensi pemasaran dalam memiliki blo, dan adopsi blogging di kalangan komunitas bisnis akan membantu lebih meningkatkan popularitas media tersebut. Blog tidak hanya dapat digunakan untuk memasarkan bisnis, tetapi juga dapat menjadi bisnis rumahan juga. Sedangkan platform yang paling melekat dengan blogging adalah Blogger yang merupakan platform blogging tertua dan juga sangat terkenal.

 

Memahami Apa Itu Blog

Panduan Menggunakan dan Memanfaatkan Blogging Bagi Kebutuhan Bisnis dan Usaha Online
 

Pertama, karena platform Blogger tidak bisa terlepas dari kata blogging, maka Anda harus mengenal dan memahami apa itu blog. Pada dasarnya blog adalah situs web yang terdiri dari konten, biasanya berfokus pada topik tertentu yang secara rutin Anda tambahkan. Tidak seperti publikasi dan artikel lainnya, blog cenderung ditulis dengan lebih pribadi yang dapat membuat sang penulis terhubung lebih erat dengan para pembacanya. Sedangkan ada banyak alasan kenapa orang memulai blog, seperti :

  • Sebagai sarana untuk berbagi pendapat, hasrat, pandangan atau informasi tentang kehidupan.
  • Mengajarkan orang lain tentang apa yang diketahui oleh penulis, dalam hal ini berbagai macam artikel.
  • Mengembangkan merek pribadi sebagai seorang ahli di bidang tertentu, contoh yang umum saat ini seperti beauty dan lifestyle blogger.
  • Menjadikan blog sebagai platform untuk menjual produk atau jasa.

 

Daftar diatas adalah sedikit dari banyak alasan orang- orang meluncurkan blog mereka. Namun mengingat blog adalah tempat yang aktif, pemiliknya biasa menerbitkan konten harian, mingguan, atau bulanan yang dalam hal ini adalah tetap konsisten.

 

Baca Juga  :    Memahami Pentingnya Business Plan Dalam Memulai dan Menjalankan Bisnis yang Sukses

 

Memahami Peran Blogging Bagi Bisnis dan Usaha Online

Situs blog Anda adalah alat pemasaran dan aset pemasaran yang tentunya Anda ingin sebanyak mungkin orang melihat situs Anda. Cara paling umum orang menemukan situs web dan blog adalah dengan menggunakan mesin pencari, jadi Anda ingin situs web Anda mendapat peringkat setinggi mungkin dalam pencarian yang relevan. Semakin banyak konten bermanfaat yang dimiliki situs, semakin baik juga peringkat Anda. Ada juga faktor lain yang berperan, terutama menggunakan kata kunci dan frasa SEO untuk membantu orang menemukan Anda.

Tetapi hal hebat tentang blog bisnis adalah setiap kali Anda, atau penulis tamu, membuat blog, Anda menambahkan halaman berkualitas ke situs web Anda. Ketika orang mencari istilah atau kata kunci dari artikel di blog Anda, maka mereka diharapkan akan menemukan blog informatif yang juga dapat menghasilkan arahan. Tidak hanya menghasilkan lalu lintas pencarian, jika Anda menulis artikel yang informatif dan menarik, maka bisa saja ada situs lain yang menguatkannya sehingga dapat memperluas jangkauan Anda tanpa usaha ekstra. Bahkan jika pembaca menyukai bagian blog tertentu, mereka dapat membagikannya di saluran media sosial yang mana memperluas jangkauan itu lebih jauh serta berdampak dikenalnya bisnis online Anda.

 

Baca Juga  :    Tips dan Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis Online Dengan Cepat Serta Mudah

 

Menggunakan dan Memanfaatkan Blogging untuk Bisnis dan Usaha Online

Panduan Menggunakan dan Memanfaatkan Blogging Bagi Kebutuhan Bisnis dan Usaha Online
 

Kegiatan blogging yang awalnya hanya untuk berbagai cerita keseharian sang pemilik blog di Blogger kini berkembang dengan seiring peluang yang terbuka oleh digitalisasi. Blg menjadi bagian penting bagi banyak bisnis dan usaha online dimana cara penulisan konten untuk blog bisnis akan berbeda dari penulisan artikel blog pribadi. Ada beberapa hal untuk memastikan Anda dapat menggunakan dan memanfaatkan agar blog Anda tidak hanya menarik tetapi juga berfungsi untuk Anda sebagai alat pemasaran.

  • Blogging membantu membangun brand juga image Anda

    Semua orang selalu membicarakan tentang pentingnya branding dalam pemasaran dimana gambar, nada, dan nuansa situs web Anda adalah aspek penting dari merek yang baik dan mudah diingat. Sayangnya blogging adalah cara yang sering dilupakan untuk mengembangkan merek Anda sambil juga memberikan suara kepada merek Anda.
    Gaya penulisan, jenis gambar yang Anda gunakan, dan tata letak blog Anda adalah semua hal yang dapat Anda sesuaikan dengan bisnis Anda. Blogging adalah cara yang baik untuk membantu membangun merek dan suara bisnis Anda karena konten blog yang ditulis dengan kualitas baik akan dapat mencerminkan etos perusahaan dan suara merek Anda.

  • Blogging mempertahankan strategi pemasaran dan menyusun konten yang relevan

    Mempromosikan layanan dan barang Anda bukanlah tugas yang mudah, terutama dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif dan ketat. Disaat inilah kenapa blog berguna karena akan membantu Anda dengan representasi multimedia perusahaan Anda, membuat audiens tetap tertarik sekaligus juga mempromosikan perusahaan Anda. Mengingat ada banyaknya format yang bisa Anda gunakan, manfaatkan promosi video, wawancara, podcast dan lainnya ke dalam blog Anda karekan konten ini akan bermanfaat tidak hanya bagi audiens tetap juga bagu untuk situs web Anda juga.

  • Blogging dapat membantu bisnis untuk beriklan

    Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80% perusahaan lebih memilih untuk memasang iklan dalam bentuk rangkaian artikel daripada cara tradisional. Pelanggan juga mulai sedikit bosan dengan cara konvensional dalam beriklan sehingga cara kreatif untuk menyajikan layanan Anda sangat penting bagi lingkungan bisnis modern.

  • Blogging membantu meningkatkan lalu lintas masuk bisnis

    Penelitian telah menunjukkan bahwa bisnis yang melakukan update blog lebih dari 10 kali sebulan, cenderung mendapatkan lalu lintas masuk 5 kali lebih banyak daripada bisnis yang tidak mempunyai blog sama sekali.Jika Anda menerbitkan konten berkualitas yang sangat relevan dengan industri Anda, Anda akan mendorong situs web industri lain yang relevan untuk menautkan kembali ke blog Anda.
    Karena sebagian besar pengunjung situs yang relevan ini akan tertarik dengan industri ini, kemungkinan besar orang yang mengikuti tautan ini ke situs Anda akan tertarik dengan produk atau layanan Anda. Ini berarti bahwa banyak dari bisnis online yang membuat blog secara teratur, juga melihat peningkatan dramatis dalam penjualan dan konversi mereka, sebagai akibat langsung dari blogging mereka sehingga tidak mengherankan kalau 60% bisnis yang membuat blog memperoleh lebih banyak pelanggan.

 

Baca Juga  :    Pentingnya Website dan Domain Bagi Bisnis Online yang Harus Diketahui Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Pentingnya blogging untuk usaha bisnis tidak dapat diremehkan dalam situasi digital dan pemasaran saat ini. Bahkan dengan munculnya alat kreatif lainnya untuk mendukung visibilitas Anda dan mendorong layanan Anda, itu tidak mengurangi nilai dari apa yang dapat dilakukan blog untuk merek Anda. Apa pun kebutuhan Anda, posting blog adalah alat yang hebat untuk menciptakan aliran lalu lintas situs web, meningkatkan audiens serta prospek baru.

Banyak brand besar telah mengerti kebutuhan akan blog yang akan membantu bisnis mereka sehingga mereka memanfaatkannya dengan baik. Meskipun blogging itu penting, tapi Anda harus tetap memperhatikan banyak aspek karena blog harus mampu menerapkan strategi blog yang kohesif. Beri waktu Anda untuk menjalankan blog dan bangun strategi blog yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis online Anda.

 

 

Related Post :