Apa itu Bare Metal? Cari Tahu Pengertian dan Cara Kerjanya Lengkap

Knowledge Base

Mengenal Bare Metal Cloud Server : Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaan

bare metal adalah
 

Anda pasti bingung dengan istilah bare metal satu ini. Ini merupakan hal baru bagi kita yang baru mengenal cloud computing. Namun, bagi yang sudah terjun di bidang komputasi awal pasti sudah cukup familiar. So, apa itu baremetal cloud server?

Baca Juga : Mengapa Harus Menggunakan Dedicated Server?

Mengenal Bare Metal Server, Apa itu?

Bare metal adalah sebuah inovasi pada dalam komputasi awan yang mana pelanggan ingin meningkatkan performa server lebih baik dan lebih konstan untuk memangkas biaya IT bagi perusahaan.

Pada dunia teknologi saat ini, ketika sebuah IT Provider dan Service harus mampu dan kompeten untuk mengelola dan memproses berbagai model fast data beberapa diantaranya seperti customer insight, social analitics, location data, dan transaksional data juga fraud detection untuk menjamin sebuah securitas.

Pengertian Bare Metal Server

Bare Machine atau Bare Metal merupakan layanan cloud publik yang pelanggan menyewa sumber daya perangkat keras khusus dari penyedia layanan jarak jauh. Ini menawarkan sumber daya perangkat keras tanpa sistem operasi yang terinstal atau infrastruktur virtualisasi.

Infrastruktur layanan cloud komersial memungkinkan virtualisasi dan pembagian sumber daya komputasi, penyimpanan, dan basis data sehingga server dan susunan penyimpanan dapat dikelola banyak pelanggan. Layanan komputasi tervirtualisasi ini memberikan akses fleksibilitas dan juga manfaat biaya.

Bare Machine atau Bare Metal merupakan layanan cloud publik yang mana pelanggan menyewa sumber daya perangkat keras khusus dari penyedia layanan jarak jauh. Ini menawarkan sumber daya perangkat keras tanpa sistem operasi yang  terinstal atau infrastruktur virtualisasi.

Infrastruktur layanan cloud komersial memungkinkan virtualisasi dan pembagian sumber daya komputasi, penyimpanan, dan basis data sehingga server dan susunan penyimpanan dapat diukir dan dibagikan oleh banyak pelanggan. Namun, meskipun instans komputasi tervirtualisasi memberikan fleksibilitas dan manfaat biaya, ada kelemahannya, terutama terkait dengan perebutan sumber daya — yang biasa kita katakan masalah tetangga yang bising. Ada juga risiko dari isolasi lingkungan eksekusi dan jaringan virtual yang tidak lengkap. Awan bare-metal memecahkan masalah ini, mengalokasikan sumber daya fisik yang terisolasi kepada pelanggan.

Apa Keunggulan Bare Metal Server?

Ada sebuah survey worldwide yang dilakukan oleh sebuah situs teknologi global. Beberapa pelanggan lebih memprioritaskan beberapa hal utama terkait teknologi server. Apa saja itu? High perfomance, cost dan security. Apakah bare metal dapat menjawab kebutuhan ini. Mari kita bahas.

  • Expand On Demand – Dedicated Server

    Jika anda mungkin hanya tahu mengenai dedicated server. Kali ini resource atau piranti yang ada didedikasikan single dan personal user alias tidak terbagi – bagi dengan pelanggan dan pengguna lain tentu private juga eksklusif. Pelanggan dapat bebas memilih dan mengontrol resources hardware yang akan Anda gunakan untuk mendukung server.
    Misalnya, klien dapat membeli dedicated server ata co-located dengan konfigurasi hardware tertentu. Administrator server selanjutnya dapat menginstal sistem operasi tertentu dan perangkat lunak server web pada komputer.

  • Protects from “Noisy Neighbor”

    Sistem ini bersifat eksklusif, single customer dan juga dedicated server. Tentu kualitas terjamin. Quality of Server (QoS) BMS sudah tentu menjamin tidak ada masalah terjadinya “The Noisy Neighbor” dalam sebuah server multitenant. Maka dari itu, jaringan network Anda dapat mampu bekerja secara optimal dan dapat dengna mudah dan cepat diakses. Noisy neighboar ini bisa dikatakan adalah pelanggan lainnya.

  • High Perfomance – Greater Processing and More Consistent.

    BMS dapat menunjukkan performa terbaik dalam processing power juga input/output operation pers second (IOPS) dan juga lebih konstan dalam high performance dan mengeliminasi crashed. Bahkan softlayer BMS dapat mengeliminasi “perang bandwitch” pada public network

  • Efficient in Cost – Flexible and Metered Billing

    Keunggulan lain yang ditawarkan yaitu penghematan biaya hingga 48%. Hal ini karena juga bare metal server (BMS) menggunakan metode billing yang membayar ketika digunakan. Dengan metered usage billing atau pay as you grow yang memungkinkan anda membayar ketika ada aspek yang digunakan. IDCloudHost mendukung pembiayaan ini dalam menu console.

 

Baca Juga : Mengenal CyberPanel VPS Untuk Kebutuhan Website dan Aplikasi

Cara Kerja Bare Metal

apa itu baremetal
Layanan cloud biasanya terbagi menjadi 3 kategori utama, yaitu:

  • IaaS: Infrastructure as a Service
  • PaaS: Platform as a Service
  • SaaS: Software as a Service

Bare Metal Cloud adalah bagian dari layanan IaaS Cloud yang merupakan layanan yang menggabungkan dedicated server hardware dengan data center networking, storage, dan fasilitas yang menampungnya.

Secara sederhana, Bare Metal Cloud adalah dedicated physical server dengan nilai flexibilitas pada system cloud.

Manfaat dan Penggunaan

Beberapa manfaat dari penggunaan, jika anda dan perusahaan menggunakanyayang diperoleh dari Bare Metal Cloud :

  • Lifecycle management
  • Hardware managementPre-built IT architecture
  • Certified staff maintaning pada komponen hardware yang berbeda
  • Proven/tested installations
  • Repair and availibility Service Level Agreements (SLA)

Tanpa sebuah layanan Bare Metal Cloud, petugas internal IT dapat menghabiskan berbulan-bulan untuk menangani lifecycle activities. Sebagian besar waktu mereka habiskan untuk mengganti sistem lama dan menyiapkan sistem baru.

Hal ini tidak banyak memberikan manfaat bagi perusahaan karena mengambil sumber daya IT dari tujuan utama dengan memberikan dampak bisnis melalui upaya inovasi dan optimalisasi. Untuk bisnis, menggunakan IaaS berarti menanggung lebih minim risiko dan dapat memprediksi biaya.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Bare machine atau Bare metal merupakan sebuah inovasi yang menarik untuk kita pelajari dan terapkan. Ini adalah sebuah solusi yang efektif untuk mengatasi work load yang terjadi dan dapat menurunkan performa yang berdampak pada kerugian yang kita tanggung.

Benefit Bare Metal untuk Perusahaan

Secara detail benefit yang kita dapatkan dari Bare Metal Server :

  • Predictabillity :

    Salah satu manfaat infrastruktur cloud bare-metal adalah prediktabilitas kinerja sumber daya khusus.

  • Security :

    Sumber daya khusus juga memberi pelanggan kendali atas sistem dan keamanan jaringan.

  • Flexibility :

    Bisnis dapat menyesuaikan cloud bare-metal untuk memenuhi persyaratan tumpukan OS dan perangkat lunak mereka dan memecahkan masalah aplikasi tanpa harus khawatir tentang VM tetangga.

  • No Resource Contention :

Lingkungan cloud publik bersifat multi-penyewa dan VM berbagi server fisik, yang dapat mengakibatkan VM bersaing memperebutkan sumber daya. Server khusus yang membentuk cloud bare-metal menghindari pertikaian sumber daya.

  • Scalable :

Dengan demikian, sebagian besar layanan bare-metal sangat skalabel, termasuk sistem dengan lebih dari 20 soket, ratusan inti CPU, dan memori terabyte. Itu menjadikannya pilihan yang baik untuk aplikasi data besar dan beban kerja transaksi tinggi yang membutuhkan latensi rendah.

  • Direct Access to System Hardware :

Bare metal memungkinkan aplikasi yang membutuhkan akses ke penghitung kinerja sistem untuk berjalan pada lingkungan cloud.

  • Financing flexibility :

Penyimpanan dan sumber daya perangkat keras lainnya telah tersedia sesuai kebutuhan dan biasanya biaya berdasarkan periode waktu tertentu — per jam, hari, atau bulan, sehingga tidak perlu lagi mengikat anggaran belanja modal. Pendekatan ini sangat berharga untuk beban kerja persyaratan perangkat keras tidak jelas dan cenderung berubah.

  • Access to high-end hardware :

Pelanggan terkadang mendapatkan akses ini sebelum tersedia pada perusahaan, pelanggan prioritas.

  • Cloud migration advantages :

    Bare metal memungkinkan penggunaan perangkat lunak migrasi cloud yang tidak mendukung VM atau dengan lisensi berbasis perangkat keras yang terbatas.

Baca Juga : Perbedaan Antara Public Cloud vs Private Cloud vs Hybrid Cloud

Bagaimana memilih penyedia cloud bare-metal

Layanan cloud bare-metal mencakup berbagai opsi kinerja dan harga. Beberapa vendor, seperti Google Cloud dan Oracle, berfokus pada konfigurasi kelas atas dan telah terancang untuk database dan aplikasi komputasi performa tinggi. Vendor yang lebih kecil seperti PhoenixNAP dan Vultr menawarkan mesin sederhana yang sesuai untuk pengembang dan workstation teknik.

Persyaratan aplikasi organisasi dan alasan untuk memilih layanan cloud bare-metal daripada instans VM harus menjadi pertimbangan utama saat mengevaluasi layanan bare-metal. Faktor lainnya termasuk:

  • Reputasi Perusahaan

Organisasi harus mempertimbangkan opsi yang tersedia dari platform cloud yang sudah mereka gunakan untuk beban kerja lainnya.

  • Workload Relationship dengan Cloud Provider

Beban kerja harus kita periksa untuk melihat apakah mereka variabel atau konsisten dan periodik atau terus menerus. Properti ini akan menentukan model penagihan yang paling ekonomis, apakah itu berdasarkan permintaan atau per menit, jam atau bulan.

  • Availability and Price

Lihat faktor-faktor ini untuk penyimpanan tambahan, penampung, database, pembelajaran mesin, keamanan, manajemen identitas dan akses, serta layanan DevOps. Sebagian besar organisasi tidak boleh memindahkan beban kerja bare-metal ke cloud kecuali jika mereka bermaksud menggabungkan infrastruktur dan layanan aplikasi lain atau mengintegrasikan sistem bare-metal dengan beban kerja perusahaan lain yang telah kita migrasikan ke cloud.

  • Ketersediaan dan Keahlian Staf TI.     

Kemampuan staf sangat Anda perlukan untuk menjalankan lingkungan cloud dan memastikan keamanan server dan jaringan. Server cloud bare-metal mengharuskan pengguna untuk mengatur dan memelihara konfigurasi sistem dan pengaturan keamanan. Organisasi yang tidak memiliki pengalaman yang kita perlukan untuk memelihara server clouengan benar dapat menghadapi risiko keamanan dan keandalan saat memilih server bare-metal.

Baca Juga : Mengenal Terraform : Pengertian dan Cara Kerja

Penutup

Teknologi Bare Metal memang masih jarang kita temukan. Padahal teknologi ini adalah teknologi masa depan di Cloud Computing. Kemudahan dalam melakukan instalasi dan juga kebutuhan akan server yang besar dan juga cepat dalam melakukan setup adalah impian di berbagai stakeholder.

IDCloudHost saat ini telah menyediakan Layanan ini untuk Anda. Kita juga dapat melakukan kontrol penuh server anda untuk kebutuhan dan performa terbaik. Layanan ini sangat cocok untuk perusahaan & startup yang sedang tumbuh. Fleksibel dan tersedia kapan saja untuk kita aktifkan. Cari tahu lebih lanjut dan coba sekarang.

Bare Metal

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update