Mengenal Terraform : Pengertian dan Cara Kerja - IDCloudHost

Mengenal Terraform : Pengertian dan Cara Kerja

Terraform adalah
 

Mengenal Terraform, Apa itu?

Kali ini kita akan mengenal terraform, salah satu layanan infrastuktur open-source dari HashiCorp. Terraform adalah sebuah saran untuk membuat, mengubah, dan juga menggabungkan sebuah infrastruktur dengan aman dan efisien menggunakan kode. Konsep ini kita kenal juga dengan istilah “Infrastructure as Code”.

Misalnya kamu adalah pengguna layanan komputasi awan. Selanjutnya ingin membuat server. Untuk melakukan hal ini, Anda tentunya harus melalui beberapa tahap. seperti mengisi beberapa form, memilih sistem operasi, mengatur kapasitas, dan lainnya.

Langkah – langkah tersebut tidak terlalu menjadi beban apabila kamu hanay membuat satu atau dua server. Akan tetapi akan menjadi sangat merepotkan apabila kamu perlu membuat banyak server sekaligus, dan dalam durasi waktu yang singkat.

Terraform adalah sebuah solusi masalah tersebut. Anda bisa membuat sejumlah server sekaligus dengan serangkaian kode yang telah kita definisikan sebelumnya.

Baca Juga : Mengenal Teknologi Cloud Hosting dan Keunggulannya

Apa itu “Infrastruktur as Code”?

Bila kita definisikn secara sederhana IaC atau Infrastuktur as Code adalah sebuah pengelolaan infrastruktur TI yang menggunakan file konfigurasi. Tujuan dari infrastruktur sebagai kode adalah agar dapat secara otomatis untuk mengelola, memantau, menyediakan sumber daya tanpa konfigurasi manual. Bisa kita katakan infrastruktur ini sebagai kode mirip dengan script pemrograman. Namun, ia menggunakan bahasa tingkat tinggi atau deskriptif untuk membuat kode. Keberadaan pengembang IaC dan tim secara otomatis mengelola tumpukan teknologi untuk aplikasi melalui perangkat lunak, membantu mengkonfigurasi dan menerapkan komponen ini dengan cepat dan konsisten.

Hubungan dengan Terraform

Terraform awal berkembang bersama HashiCorp yang merupakan infrastruktur sumber terbuka yang populer sebagai alat perangkat lunak kode yang memungkinkan Anda membuat, mengubah, dan meningkatkan infrastuktur dengan aman dan dapat diprediksi. Terraform meluncur pada tahun 2014 dalam bahasa Go.

Sebelumnya kita menjelaskan bahwa terraform dapat membangun, mengubah, dan juga membuat infrastruktur aman dan efisien. Terraform dapat dengan mudah mengelola infrastruktur komponen tingkat rendah seperti instan komputasi, penyimpanan, dan jaringan. serta kompen tingkat tinggi lainnya seperti entri DNS, fitur SAAS, dan lainnya.

Baca Juga : Mengenal Bare Metal Cloud Server : Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaan

 

Infrastruktur Terraform
Sumber : terraform.io

Cara Kerja Terraform

Terraform adalah perangkat lunak open-source yang diluncurkan oleh HashiCorp. Dengan keberadaan Terraform pengguna dapat dengan mudah dan menentukan pusat data menggunakan bahasa konfigurasi deklaratif yang kita kenal sebagai HashiCorp Configuration Language (HCL) atau optional JSON.

File Konfigurasi menjelaskan kepada Terraform komponen yang kita perlukan untuk menjalankan satu aplikasi atau seluruh pusat data Anda. Terraform menghasilkan rencana eksekusi yang menjelaskan apa yang akan kita lakukan untuk mencapai keadaan yang  kita inginkan selanjutnya mengeksekusinya untuk membangun infrastuktur yang dijelaskan. Ketika konfigurasi berubah, Terraform dapat menentukan apa yang berubah dan membuat rencana eksekusi tambahan yang dapat kita terapkan.

Bila menerapkan infrastruktur dengan Terraform :

Scope – Identifikasi infrastruktur untuk proyek Anda.
Author – Tulis konfigurasi untuk infrastruktur Anda.
Initialize – Instal plugin yang kita butuhkan Terraform untuk mengelola infrastruktur.
Plan – Pratinjau perubahan yang akan kita buat Terraform agar sesuai dengan konfigurasi Anda.
Apply – Buat perubahan yang kita rencanakan.

Poin sebelumnya bila kita jabarkan secara singkat. Anda bisa membangun, melakukan perubahan, dan juga menghancurkan infrastruktur yang Anda buat sendiri dengan menggunakan Terraform.

 

Penutup

Bagaimana apa anda sudah mengenal terraform lebih jauh? Masih banyak layanan Infrastruktur as Service lainnya yang bisa kita kenali. IDCloudHost sendiri menawarkan layanan PAAS dan SAAS yang bisa Anda nikmati dengan kemudahan dan fleksibilitas serta keamanan data yang terjamin. Dapatkan Layanan Cloud VPS dengan kemudahan instal dengan fitur One Click Deploy dengan 16+ App Catalog untuk bisnis dan perusahaan anda. IDCloudHost juga menyediakan Tim Support Handal 24/7 yang senantiasa membantu kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Articles

Cara Reset Password Root MySQL
Cara Instal dan Konfigurasi GIT Pada VPS CentOS
Mengenal SaaS, PaaS, dan IaaS dalam Cloud Computing
Cara Menambahkan Pembayaran Kartu Kredit Layanan Console
Mengenal Debugging : Alasan dan Kegunaannya