logo Apa itu OpenVPN? Fungsi dan Kegunaannya

Mengenal Apa itu OpenVPN Connect? Fungsi dan Kegunaan

Mengenal Apa itu OpenVPN Connect? Fungsi dan Kegunaan

OpenVPN Connect

 

Sebelum kita mengulas aplikasi Open VPN Connect. Kita bisa memahami terlebih dahulu apa itu VPN. Virtual Private Network (VPN) adalah bagian dari teknologi jaringan komputer yang kita gunakan dengan internet. Secara sadar, VPN adalah solusi untuk meningkatkan keamanan dalam berselancar di internet.

VPN adalah teknologi yang mampu menutupi alamat protokol internet (IP) sehingga aktivitas daring hampir tidak dapat dilacak.

Menurut beberapa referensi, VPN memungkinkan pengguna membuat koneksi aman ke jaringan lain melalui internet. VPN dapat digunakan untuk mengakses situs yang terbatas wilayah, melindungi aktivitas penjelajahan pada Wifi publik, dan lain – lain.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Situs Free VPN Terbaik untuk PC yang Layak Dicoba

Apa itu VPN?

VPN adalah sebuah layanan koneksi yang memberikan akses ke situs web secara aman dan pribadi dengan mengubah jalur koneksi melakui server dan menyembunyikan pertukaran data yang ada.

Awalnya, VPN adalah sebuah alat yang diciptakan dengan tujuan untuk menghubungkan jaringan antargedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau juga tempat lain.

Sedangkan saat ini VPN kerap juga kita gunakan untuk mendapatkan koneksi internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

VPN bekerja dengan melakukan enkripsi pertukaran data, bahkan sebelum koneksi publik. Ketika terhubung dengan internet menggunakan koneksi VPN itu seperti mengakses internet menggunakan lorong khusus dan tidak menggunakan jaringan utama.

Server VPN berugas untuk meneruskan koneksi Anda ke situs yang ingin kita akses. Selanjutnya, koneksi yang Anda lakukan akan kita kenali sebagai koneksi jaringan server VPN. Bukan jaringan yang kita gunakan pada saat itu.

Ketika menggunakan jaringan tanpa VPN. Maka, koneksi yang kita lakukan secara langsung (direct) tanpa enkripsi. Sedangkan bila menggunakan VPN. Maka, koneksi yang kita lakukan terenkrispsi dan kita lewatkan terlebih dahulu melalui VPN server.

Koneksi ini sudah menjadi standar bila menggunakan internet. Tidak ada enkripsi dan semua data yang terlibat dalam proses pertukaran data antara pengguna dan aplikasi yang ada pada internet dapat saja dilihat oleh banyak orang.

Hal ini tentu akan bermasalah jika data yang terproses adalah data perbankan daring, email bisnis, atau apapun yang sedikit lebih sensitif.

Baca Juga : Pengertian VPN, Manfaat, dan Cara Kerja VPN

Mengenal Open VPN Connect

OpenVPN adalah teknologi open source yang mereka kembangkan pada tahun 2002 oleh programmer yang bernama James Yonan. Protokol OpenVPN selanjutnya berkembang untuk memperkuat situs ke situs dan menunjuk ke koneksi utama untuk pengguna bisnis yang terhubung ke jaringan perusahaan dari lokasi terpencil.

OpenVPN dirancang dengan protokol keamanan data “custom” yang menggunakan enkripsi kriptografi / TLS/SSL untuk mengamankan komunikasi online dan transfer data.

Keamanan pada OpenVPN Connect

OpenVPN berada pada posisi antara protokol tunneling yang paling aman dan ampuh untuk keamanan yang mereka berikan. Karena, ia memberikan otentifikasi menggunakan kunci pra-berbagai, nama pengguna, dan juga kata sandi, serta sertifikat otentikasi. Bergantung pada pentingnya koneksi OpenVPN, teknologi ini dapat menggunakan campuran tiga untuk mengontetikasi pengguna sehingga benar-benar aman. Untuk menyalakan enkripsinya sendiri, pengembang OpenVPN memprogram protokol untuk menggunakan perpustakan enkripsi OpenSSL (Mod of SSL/TLS) berbasis bahasa C.

Mengapa OpenVPN Unggul ?

OpenVPN Connect saat ini juga tersedia pada perangkat android. Ada beberapa rangkaian produk dari OpenVPN:

  1. Swasta Tunnel – host produk untuk personal
  2. Access Server- solusi server untuk bisnis
  3. OpenVPN Kompatibel Server-solusi untuk server diri-host

Sebagian besar VPN komersial dipasaran sudah banyak menggunakan OpenVPN sebagai protokol inti layanan mereka.

OpenVPN Connect menggunakan teknologi muktahir untuk memastikan privasi dan keamanan. OpenVPN Connect bekerja mulus diberbagai perangkat, tidak peduli kompleksitas organisasi atau juga bandwitch Anda.

Alasan OpenVPN unggul dari lainnya yaitu ;

1. Terpercaya di Pasar Dunia

Satu-satunya klien VPN resmi mereka OpenVPN Inc buat dan pelihara yang kita gunakan oleh lebih dari 50 juta personal dan bisnis di seluruh dunia.

2. Cepat dan Koneksi Aman

Top enkripsi lalu lintas kelas perusahaan untuk menjaga akses internet Anda cepat, aman, dan juga aman dari ancara pemblokiran online saat terhubung melalui Wi-Fi dan hotspot.

3. Jaringan Remote Access Mudah

Selain itu adanya kemudahan mengatur dan mengkonfigurasi akses remote untuk organisasi Anda untuk memastikan keamanan penuh dan privasi ketika mengakses sumber daya dari rumah atau saat bepergian.

4. Swasta Connection dari mana saja.

Terhubung ke server VPN mereka ke seluruh dunia menjaga alamat IP Anda anonim.

5. Data Unlimited, Tanpa Iklan

OpenVPN Connect tidak memiliki iklan, pernah. Tidak ada throttling, memastikan koneksi yang cepat dengan bandwidth tak terbatas untuk semua account.

6. Dukungan 24/7

Mereka juga menawarkan dukungan tim 24 jam untuk layanan email, live chat web, dan juga ticketing untuk permasalahan para penggunanya.

7. Free Trial selama 7 hari

Mereka juga menawarkan percobaan penggunakan gratis selama 7 hari hanya dengan mendaftar saja dan memulai akses pribadi dan aman.

Baca Juga : 5+ Proxy Server Populer di Indonesia

Penutup

Demikianlah ulasan mengenal OpenVPN Connect yang bisa menjadi acuan Anda untuk memilih koneksi VPN dan aplikasi yang mendukung kebutuhan anda dalam internet dan juga untuk bisnis Anda.

OpenVPN Inc adalah pemimpin industri dalam teknologi SSL VPN dan nama terpercaya dalam keamanan cyber. Open Source Protokol pemenang penghargaan VPN telah muncul untuk membangun layanan ini sebagai standar de-facto dalam ruang jaringan open source.

OpenVPN telah melindungi identitas dan data sambil memberikan anonimitas untuk pengguna internet selama lebih dari 15 tahun yang memungkinkan baik personal dan organisasi untuk membangun dan mengelola koneksi VPN yang cepat dan aman.

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image