Apa itu Proxy? Pengertian dan Manfaatnya Terlengkap

Apa itu Proxy? Pengertian dan Manfaatnya Terlengkap

 

Apa anda pernah mendengar proxy? Kira – kira apa itu proxy? Ketika Anda melakukan kegiatan berselancar melalui handphone dan aktivitas online lainnya. Anda tentu membutuhkan perangkat yang terkoneksi internet. Bisa melalui paket data, atau juga wifi. Sesaat itu, komputer, laptop. atau handphone tersebut terhubung melalui internet lalu mendapatkan akses alamat IP (Internet Protocol), server/rounter/ISP selanjutnya akan mengetahui perangkat yang Anda gunakan. Data seperti lokasi, jenis perangkat, dan juga informasi pengguna selanjutnya internet mengetahuinya.

Anda pasti heran. Berarti apapun yang saya akses terlihat dong. Adakah cara untuk menyembunyikan identitas saja. Tentu saja ada, itulah yang akan kita bahas yaitu menggunakan proxy. Apa itu proxy dan bagaimana cara kerja dan penggunaannya?

Baca Juga : Proxy Server : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Apa itu Proxy?

Server Proxy adalah sebuah sistem yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses jaringan internet menggunakan IP yang berbeda dengan yang diterima oleh perangkat. Sistem ini menggunakan proxy server untuk dapat bekerja. Sedangkan proxy server itu sendiri merupakan perangkat atau komputer yang kita gunakan untuk menyediakan layanan proxy.

Sehingga, Anda tetap menggunakan jaringan internet yang digunakan sekarang dan hubungkan ke proxy server. Anda dapat menggunakan beberapa penyedia proxy server gratis yang sudah banyak ditawarkan di internet. Sangat mudah untuk menemukan penyedia seperti penyedia tas, buku, sepatu, dan baju secara online. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai fungsi dan cara kerjanya.

Beberapa server, bisa berupa sekelompok aplikasi atau server yang memblokir layanan internet umum. Misalnya, proxy HTTP memotong akses web sedangkan proxy SMTP memotong akses terhadap email. Server proxy menggunakan skema pengalamatan jaringan untuk menyajikan satu alamat IP milik organisasi ke internet. Setelah itu, semua request pengguna diantar ke internet lalu responnya dikembalikan ke pengguna tersebut.

Selain membatasi akses dari luar, mekanisme ini dapat mencegah pengguna dari jangkauan website tertentu. Tak hanya itu, server proxy juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu komponen firewall dan melakukan cache untuk halaman web. Jadi, setiap kali pengguna mengakses URL, salinan sementara akan tersimpan secara lokal sehingga proxy website dapat diakses lebih cepat saat kita buka kembali.

 

Cara Kerja

Pada setiap komputer yang terhubung internet pasti memerlukan IP Address. Seperti kita tahu, bahwa IP Address seperti alamat rumah kita, IP Address bisa membantu untuk mengetahui data mana yang akan dikirim.

Apabila Anda berselancar internet, misalnya google. Anda mencari kata kunci tertentu. Anda artinya memberikan permintaan dan request ke mesin pencari atau dalam keadaan mengakses website.Lalu ia akan mengirimkan permintaan ke server website, selanjutnya mengambil respon dari server website dan juga akhirnya muncul tampilannya ke browser Anda.

Lalu server meneruskan permintaan, proxy juga dapat mengubah alamat IP milik Anda sehingga server website tidak mengetahui persis lokasi anda mengakses data. Akhirnya, data anda dapat terenskripsi dan tidak dapat dibaca saat melakukan transit, terakhir ia dapat memblokir akses ke halaman website tertentu berdasarkan alamat IP seperti akses ke website yang terlarang oleh pemerintah.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan VPN (Virtual Private Network) Bagi Pengguna Online yang Aktif

 

Manfaat dan Kegunaan

Baiklah, setelah Anda mengetahui pengertian dan juga cara kerjanya. Mari kita bahas manfaat dan kegunaan. Berikut juga alasan – alasan banyak sekali teman – teman lainnya yang juga memaksimalkan manfaat dari proxy.

beberapa alasan pengguna beralih menggunakan dan mungkin Anda tertarik untuk menggunakannya juga:

  1. Beberapa pengguna tidak ingin identitasnya diketahui: lokasi dan alamat IP yang kita gunakan, maka mereka menyembunyikannya.
  2. Terkadang beberapa sekolah melakukan pembatasan akses pada website tertentu. Siswa selanjutnya menyiasatinya sehingga bisa mengakses website yang terblokir.
  3. Pengguna yang pergi ke luar negeri dan memblokir akses ke negara asal atau rumah Anda.
  4. Kantor atau provider layanan internet rumah memblokir akses ke sosial media atau situs lainnya.
  5. Mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak – anak
  6. Menyimpan bandwidth dan meningkatkan kecepatan
  7. Dapat akses pada resource yang terblokir

Baca Juga : Mengenal IP Address : Definisi, Jenis/Tipe dan 2 Versi Umumnya

 

Jenis – Jenis Proxy

Transparent Proxy

Jenis pertama ini akan memberi tahu situs web dan mengirimkan IP address-mu sehingga permintaan aksesmu akan diproses. Bisnis, perpustakaan umum, dan sekolah sering menggunakan proxy transparan untuk memfilter konten karena lebih mudah untuk menyiapkan data dari sisi klien dan server.

Anonymous Proxy

Jenis kali ini dapat mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tetapi tidak akan meneruskan alamat IP milikmu ke situs web. Hal ini dapat membantumu menjaga keamanan dan kerahasiaan datamu. Misalnya, saat pers membuat berita tentang tempat tinggal Anda, maka mereka akan menampilkan berita yang menurut mereka relevan dengan domisili Anda. Namun hal ini bisa kita minimalisasi jika kamu menggunakan jenis ini.

Distorting Proxy

Jenis ini bisa memalsukan alamat IP saat mengidentifikasi sebagai proxy. Ini berfungsi mirip seperti anonymous proxy, tetapi dengan mengirimkan alamat IP palsu, kamu bisa mengubah lokasi aksesmu berbeda dengan lokasi aslimu sehingga kamu dapat mengakses konten yang telah terblokir.

High Anonymity Proxy

Jenis ini berbeda, ia secara berkala mengubah alamat IP yang mereka berikan ke server web sehingga sangat sulit untuk melacak lalu lintas internet. Jenis ini adalah salah satu yang paling anonim dan aman untuk mengakses hampir semua konten pada internet.

Baca Juga : Proxy Server : Tipe/Jenis dan Perbedaanya dengan VPN

Penutup

Bagaimana pengetahuan Anda tentang Proxy? Pengertian dan kegunaannya. Ia dapat kita gunakan untuk menyimpan data – data anda ketika berselancar online dan mengakses internet. Tentu, server ini membangun rasa aman karena data seperti lokasi, alamat IP dapat terjaga seperti penjelasan sebelumnya.

Namun, perlu kita ingat bahwa tidak semua server menggunakan sistem dan pengaturan yang sama. Tidak semua konfigurasi dapat kita lakukan sederhana. Perlu penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda.

Jika ingin membangun website yang handal, gunakan Server VPS dari IDCloudHost. Teknologi NVME yang cepat mendukung Anda untuk memiliki website yang selalu lancar diakses oleh pengunjung!

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    solusi sempurna untuk bisnis anda
    Subscribe here to get update