Bare Metal vs Dedicated Server : Pilih yang Mana? - IDCloudHost

Knowledge Base

Bare Metal vs Dedicated Server : Pilih yang Mana?

 

Saat ini, ada banyak sekali pilihan hosting yang bisa Anda gunakan. Mulai dari WordPress hosting, web hosting konvensional, cloud VPS, hingga bare metal dan dedicated server. Setiap layanan hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk memilih layanan yang tepat Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Sebelumnya, dedicated server menjadi satu-satunya pilihan bagi perusahaan besar dan ecommerce dalam mengelola website dan aplikasi mereka. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi cloud, saat ini Anda juga bisa menggunakan Bare Metal untuk keperluan yang sama dengan dedicated server. Bare metal sebagai pilihan layanan server alternatif menjadi sangat populer belakangan ini.

Walaupun dari segi harga tidak berbeda jauh, banyak yang beralih ke Bare Metal karena berbagai kemudahan yang ditawarkannya. Namun, sebelum memilih layanan server yang cocok untuk bisnis Anda, sebaiknya membandingkan dulu kelebihan dan kekurangannya. Dalam artikel ini, kami akan membandingkan bare metal vs dedicated server agar Anda tak salah pilih.

Apa Itu Bare Metal Server?

Bare metal server adalah teknologi baru yang banyak menjadi perbincangan dalam bidang web hosting. Sama seperti dedicated server, teknologi ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan seluruh sumber daya server sendirian. Bare metal juga tidak memerlukan hypervisor untuk memanajemen sumber dayanya.

Teknologi bare metal memberikan berbagai fitur yang sama seperti dedicated server, dengan beberapa fungsi yang sudah terupgrade hingga performa server bisa lebih baik dengan lebih hemat biaya. Server dengan jenis ini bisa Anda manajemen lewat cloud, tanpa harus melakukan instalasi langsung di server fisiknya. Sama seperti dedicated server, bare metal juga biasanya digunakan oleh perusahaan besar yang memerlukan layanan dengan performa maksimal.

Baca Juga: Mengenal Bare Metal Cloud Server : Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaan

Apa Itu Dedicated Server?

Dedicated servers adalah sebuah server fisik yang bisa membantu Anda memanajemen berbagai aplikasi dan layanan, dan hanya ditempati oleh satu tenant saja. Berbeda dengan web hosting biasa yang membuat Anda harus berbagi sumber daya dengan pihak-pihak lainnya, jika membeli sebuah dedicated server Anda akan menggunakan server tersebut sendirian.

Dedicated server memberikan kebebasan akses terhadap hardware dan user akan memiliki kontrol penuh terhadap hal ini. Biasanya, dedicated servers digunakan untuk mengelola website dengan traffic yang sangat besar, aplikasi web, dan segala kebutuhan hosting dan website yang memerlukan performa tingkat tinggi. Karena dedicated server memberikan kebebasan dan performa optimal, pilihan ini menjadi salah satu yang banyak digunakan oleh perusahaan besar sejak dulu.

Bare Metal Server vs Dedicated Server

Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu, sebagai bahan pertimbangan Anda kami akan memberikan beberapa aspek yang dapat Anda pahami sebelum memilih layanan bare metal atau dedicated server.

1. Fitur

Dedicated server adalah sebuah server yang dapat memberikan Anda kontrol penuh terhadap hardware dalam menggunakannya. Anda bisa menginstal sistem operasi apapun dan mengontrol semua aktifitas di dalamnya secara langsung melalui hardware server tersebut.

Dalam memanajemen dedicated server, Anda lebih banyak menggunakan server fisik. Karena itu, mengubah beberapa konfigurasi seperti RAM, storage, dan lain-lain tak jarang membutuhkan waktu hingga seharian.

Sementara itu, bare metal juga menawarkan fungsi dan kemampuan yang sama dengan dedicated server. Namun, Anda bisa melakukan semua konfigurasinya melalui cloud. Jika menggunakan bare metal, maka merawat server fisik menjadi tanggungjawab dari provider. Sehingga, Anda tidak perlu menghabiskan waktu mengkonfigurasikan berbagai hal langsung dari server fisik. Karena hal ini juga, proses instalasi dan konfigurasi pada bare metal bisa berlangsung dengan cepat.

Walaupun bare metal lebih cepat dan mudah untuk Anda kostumisasi, tapi dedicated server lebih fleksibel bagi Anda yang membutuhkan akses penuh langsung ke server. Anda bisa mengatur apapun pada server semau Anda. Dedicated server memang lebih suit untuk Anda integrasikan ke jaringan-jaringan cloud, tapi server jenis ini sangat cocok jadi pilihan hosting untuk website atau aplikasi standar yang memiliki traffic sangat besar setiap harinya.

2. Performance

Membandingkan performa bare metal dan dedicated server sebenarnya cukup sulit. Karena hal ini bergantung dari apa yang Anda kerjakan dengan server tersebut dan sebaik apa kualitas layanan dari provider yang Anda gunakan.

Dedicated server biasanya digunakan untuk memanajemen website dan aplikasi berbasis web. Server yang ditawarkan juga beragam harganya, tergantung dari kapasitas server itu sendiri. Karena sifatnya lebih mengandalkan server fisik, hardware yang bisa Anda gunakan tentu saja terbatas.

Misalnya, Anda menggunakan layanan Dedicated Server 1 dari IDCloudHost dengan storage space 2 x 1TB SAS dan virtual memory 32GB RAM DDR4. Jika nantinya website Anda berkembang dan traffic lebih banyak dari yang sudah ada saat ini, maka Anda perlu melakukan upgrade agar server Anda bisa tetap berjalan dengan optimal. Untuk dedicated server, biasanya membutuhkan waktu setup hingga 1 x 24 jam.

Sementara itu, bare metal yang merupakan teknologi baru biasanya dibangun dengan hardware yang paling update dan paling baru, sehingga memberikan Anda performa yang lebih cepat daripada dedicated server yang konvensional. Selain itu, waktu setup yang dibutuhkan untuk bare metal hanya 5 menit saja. Hal ini membuat Anda bisa mempersiapkan server dengan cepat dan praktis.

Selain itu, bare metal juga baik untuk skalabilitas website atau aplikasi yang Anda kelola. Karena itu, bare metal server sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan atau startup yang sedang berkembang. Alasannya, karena layanan yang satu ini bisa Anda aktifkan kapan saja, fleksibel, juga menawarkan performa maksimal.

3. Harga

Karena tidak berhubungan langsung dengan hardware, biasanya bare metal server memiliki paket harga yang lebih murah. Menggunakan bare metal server bahkan bisa menghemat biaya IT bagi sebuah perusahaan hingga sekitar 48%.

Ketika membeli sebuah dedicated server, Anda tentunya perlu memungkinkan kapasitas sebesar apa yang cocok untuk website atau aplikasi Anda dengan mempertimbangkan perkembangannya beberapa waktu ke depan. Dedicated server tidak menggunakan sistem metered usage billing, sehingga Anda harus tetap membayar penuh bagaimanapun pemakaian yang Anda lakukan.

Sementara itu, ketika menggunakan layanan bare metal yang lebih mudah proses instalasi dan konfigurasinya, Anda bisa membayar kapanpun seiring perkembangan website Anda. IDCloudHost menggunakan sistem pay as you grow yang memungkinkan pengguna untuk membayar sesuai pemakaian mereka. Ini membuat sistem pembayaran bare metal server lebih hemat dan fleksibel.

Baca Juga: Cara Order Layanan Bare Metal Server di IDCloudHost

Penutup

Demikianlah perbandingan bare metal server vs dedicated server. Apakah Anda sudah menentukan pilihan layanan yang cocok untuk bisnis Anda? Baik bare metal server maupun dedicated server memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu, yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda terlebih dahulu sebelum membeli.

Anda bisa mendapatkan layanan bare metal server dan dedicated server di IDCloudHost. Berbagai paket layanan dengan performa yang optimal, sistem keamanan yang terjamin, serta tim support yang selalu tersedia 24/7 siap membantu memenuhi segala kebutuhan website ataupun aplikasi untuk bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan atau menambah wawasan seputar kedua teknologi server ini.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update