Cara Akses Layanan MariaDB dari Aplikasi HeidiSQL - IDCloudHost

Knowledge Base

Cara Akses Layanan MariaDB dari Aplikasi HeidiSQL

Cara Akses MariaDb melalui HeidiSQ

Mengenal Aplikasi HeidiSQL

Sebelum kita masuk ke langkah – langkah, bagaiaman akses MariaDB melalui HeidiSQL. Kita terlebih dahulu harus mengenal “Apa itu HeidiSQL ? “HeidiSQL adalah sebuah aplikasi berbasis Windows untuk mengelola database MySQL dan Microsoft SQL Database. Ia memiliki fungsi untuk melihat data, melakukan edit data, membuat tabel, dan mengedit tabel di Database.

Banyak diantaranya menggunakan HeidiSQL untuk alternatif lain ketika melakukan deploy untuk VPS dan mengoperasikan database dengan GUI. Namun, banyak juga yang mengatakan HeidiSQL juga mudah digunakan dalam mengelola VPS.

Namun, kali ini kita akan mencobanya dengan MariaDB. Seperti kita tahu MariaDB dan MySQL seperti layaknya saudara dekat yang memiliki beberapa kesamaan dalam fungsi. Nah, untuk tahu lebih lanjut mengetahui apa itu MariaDB Anda dapat membacanya disini : Mengenal Perbedaan MariaDB dengan MySQL Kita akan belajar bagaimana cara akses MariaDB menggunakan Aplikasi Heidi SQL

Baca Juga : Panduan Cara Menggunakan Fitur Remote MySQL pada Cpanel

 

Kelebihan Pengelolaan Database melalui Cloud

Ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan menggunakan aplikasi berbasis Cloud. Seperti pada MariaDB pada Cloud VPS IDCloudHost Anda dapat menggunakannya dengan berbagai keuntungan yang didapatkan Beberapa diantaranya ialah ;

  • Modal Lebih Hemat

Bila Anda memilih teknologi berbasis Cloud, Anda dapat menghemat biaya awal maupun biaya operasional. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hardware maupun software.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangan, maintenance, biaya listrik, biaya pendingin server, maupun biaya ahli IT untuk mengelolanya. Meski biaya yang kita habiskan tidak terlalu besar, Anda tetap bisa menggunakan software kelas dunia untuk membantu mengelola bisnis.

  • Bekerja Lebih Cepat

Selain memudahkan, software berbasis Cloud juga dapat membantu Anda bekerja lebih cepat. Dengan teknologi ini, Anda hanya butuh waktu sebentar untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

  • Data Tersimpan Dengan Aman

Sistem teknologi Cloud berjalan pada jaringan internasional dengan data terpusat yang tersimpan dengan aman dan akan ter-upgrade secara teratur. Teknologi ini juga dapat membantu Anda mem-backup data dan membantu memulihkan data yang rusak.

  • Ekspansi Bisnis Lebih Mudah

Meski bisnis Anda tergolong kecil, dengan teknologi Cloud, Anda dapat lebih mudah melakukan ekspansi pasar. Melalui teknologi Cloud, kegiatan pemasaran Anda akan berjalan dengan lebih baik, yang mana teknologi ini dapat diakses kapan dan di mana pun melalui layar smartphone. Anda juga dapat mengintegrasikan beberapa software Cloud dengan sistem yang Anda gunakan. Dengan menggunakan teknologi berbasis Cloud untuk bisnis, pengusaha dapat meluangkan waktu dan menghemat tenaga dalam melakukan pekerjaannya.

 

Cara Akses Layanan MariaDB melalui Aplikasi HeidiSQL

  1. Login ke halaman https://console.idcloudhost.com/ lalu pilih pada menu Service,

 

Tampilan Console Akses MariaDB
 

Baca Juga : Cara Membuat Database MariaDB di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost

2. Selanjutnya pada menu Services , kita klik New, seperti gambar berikut :

 

Akses MariaDb melalui HeidiSQ
 

3. Selanjutnya kita bisa pilih spesifikasi service yang kita inginkan dan memberi nama pada service tersebut lalu klik Create. 

 

Akses MariaDb melalui HeidiSQ

 

4. Pada proses ini service kita sedang rebuild, pada contoh ini kita akan mengakses service database kita menggunakan aplikasi HeidiSQL yang bisa di download di halaman berikut https://www.heidisql.com/download.php?download=installer dan untuk melakukan tunneling kita memerlukan aplikasi putty yang bisa di download di halaman berikut https://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/latest.html setelah melakukan instalasi kedua aplikasi tersebut kita buka aplikasi HeidiSQL sehingga tampil halaman berikut:

 

Akses MariaDb melalui HeidiSQ
 

5.Pada aplikasi HeidiSQL kita klik tombol New, pada Network type kita pilih MariaDB or MySQL (SSH tunnel), Anda bisa menggunakan keduanya untuk akses layanan melalui HeidiSQL.

 

Cara Akses MariaDB
 

Baca Juga : Pilih MySQL vs MariaDB, Mana Yang Harus Dipilih?

6. Lalu pada file yang kita butuhkan dapat kita isi dengan paramater yang di informasikan pada service database kita. Sehingga menjadi seperti gambar berikut:

 

Akses MariaDb melalui HeidiSQ
 

7. Selanjutnya kita menuju tab SSH tunnel dan isi dengan data login VM yang kita buat seperti contoh berikut:

 

Akses MariaDb melalui HeidiSQ
 

8. Pastikan aplikasi plink.exe sudah kita set pada aplikasi puuty yang kita install sebelumnya dan inputkan data login yang kita perlukan seperti contoh gambar berikut lalu kita klik Save.

 

Cara Akses Layanan MariaDB
 

9.Setelah semua sesuai yang kita bisa lakukan koneksi ke service database kita dengan melakukan klik Open Sehingga akan terkoneksi ke database kita dan bisa melakukan operasi yang kita inginkan pada databse kita melalui aplikasi HeidiSQL seperti berikut:

 

 

Akses MariaDb melalui HeidiSQ
 

10. Selanjutnya, klik Open pada tampilan berikut ;

 

Cara Akses MariaDb melalui HeidiSQL
 

11. Akhirnya, Anda sudah dapat menggunakan MariaDB pada HeidiSQL.

 

Aplikasi HeidiSQL
 

Penutup

MariaDB dan MySQL memiliki sejarah yang tidak terpisahkan. Sehingga HeidiSQL yang biasa kita gunakan pada MySQL juga dapat kita gunakan untuk melakukan akses pada MariaDB. Pengelolaan database berbasis Cloud sekarang adalah sangat penting. Cloud Technology memudahkan kita untuk mengakses data dari mana saja dan kapan saja. Selain bersifat scalable, pengelolaan database berbasis cloud lebih praktis dan tidak perlu pusing memikirkan maintenance.

Semoga dengan adanya tutorial ini, menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengunakaan MariaDB melalui Aplikasi HeidiSQL untuk pengelolaan database Anda. Apabila ada kendala mengenai hal ini anda dapat menghubungi tim support kami 24/7 melalui Live Chat dan Ticket.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update