Cara Backup Data di CyberPanel Mudah dan Cepat - IDCloudHost

Cara Backup Data di CyberPanel Mudah dan Cepat

Promo IDCloudHost

Backup Data
 

Rutin melakukan backup pada website yang kita miliki adalah hal yang harus dibiasakan. Backup data adalah hal penting untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan data, atau kerusakan sistem akibat serangan malware dan kemungkinan – kemungkinan lainnya.

Kali ini, bagi Anda pengguna CyberPanel tidak perlu khawatir. Melakukan Backup Daya di CyberPanel adalah sesuatu yang mudah. Kita akan bersama belajar dan membahas bagaimana cara backup data di CyberPanel dengan Mudah dan Cepat. Kita simak panduannya yuk!

Baca Juga : Cara Migrasi cPanel ke CyberPanel VPS

Panduan Backup Data CyberPanel

Ada beberapa langkah dalam melakukan backup data di CyberPanel yang dapat kita ikuti bersama. Ini langkah mudahnya:

1. Login Akun CyberPanel

Hal pertama dalam melakukan backup. Tentunya, Anda perlu login terlebih dahulu ke panel admin CyberPanel. Bagi Anda yang sudah menghubungkan domainnya di CyberPanel VPS atau menggunakan CyberPanel di VPS Anda. Anda dapat melakukan akses dengan format url sebagai berikut https://namadomain:8090. Sedangkan bagi yang belum. Anda dapat mengakses alamat https://ipserveranda:8090 pada browser.

Backup Data
Selanjutnya, masukkan username dan password akun CyberPanel Anda, lalu klik Sign In.

2. Melakukan Akses Menu Backup

Setelah Anda memasuki halaman dashboard. Anda bisa mengakses dengan dua cara di bagian sidebar menu CyberPanel. Bisa juga thumbnail halaman utama CyberPanel.

Backup Data CyberPanel
 

3. Membuat Backup Data

Pada halaman Backup Website, Anda dapat melakukan klik pada thumbnail Backup dengan berbagai pilihan lain. Setelah itu. Pertama, pilih domain website yang akan Anda backup pada field Select Website. Kedua, pilih Home sebagai tujuan file backup.

 

Backup di CyberPanel
Setelah mengisi form dengan benar. Selanjutnya klik tombol Create Back Up.

 

Backup CyberPanel
 

Lalu, tunggu hingga proses backup selesai dengan Sempurna. Prosesnya sebentar saja kok. Anda bisa menunggu.

 

Cara Backup CyberPanel

4. Berhasil Backup

Setelah selesai, akan ada notifikasi Completed seperti gambar dibawah. Artinya proses pembuatan file backup sudah berhasil dilakukan.

 

CyberPanel VPS Backup
 

Anda dapat mendownload file hasil backup pada home directory dari website yang telah di backup.

5. Mengakses File Backup

Jika Anda ingin melakukan akses file backup, hal yang dilakukan adalah pertama memilih menu Website > List Website pada sidebar atau dashboard utama menu CyberPanel. Lalu, klik File Manager pada domain website yang telah di backup sebelumnya.

 

install cyberpanel
 

Ketika berada di halaman File Manager, masuk ke folder backup. Nantinya, Anda akan menemukan file hasil backup yang telah Anda eksekusi pada tahap sebelumnya.

6. Mengganti Permission File Backup

Agar dapat melakukan download file backup. Namun, sebelumnya Anda perlu mengganti file permission terlebih dahulu. Caranya adalah klik kanan pada file backup, lalu pilih Change Permissions. Setelah itu, atur permission backup menjadi 644 agar file dapat di di download.

 

Install CyberPanel
 

Terakhir, jangan lupa klik Change Permissions untuk menyimpan perubahan.

 

cyberpanel

7. Mengunduh File Backup

Sebelumnya, pastikan permissions file sudah terganti agar tidak terjadi error saat mendownload file. Jika sudah benar, klik kanan pada file backup, kemudian pilih download. Anda bisa menunggu beberapa saat hingga proses download selesai dengan baik.

 

Backup Data
Baca Juga : Cara Membuat Database CyberPanel VPS

Kesimpulan

Bagaimana mudah dan cepat bukan melakukan backup data di CyberPanel? Hanya dengan beberapa langkah saja yang kita lakukan diatas. Anda sudah dapat membuat file backup data dengan mudah dan cepat di CyberPanel. Jadi, tidak perlu khawatir denga kendala dan masalah yang berarti.

CyberPanel merupakan panel yang benar – benar praktis dan mudah digunakan. CyberPanel juga memiliki tampilan yang modern dan simpel dengan fitur lengkap dan praktis. Teknologi OpenLiteSpeed yang membantu meningkatkan kinerjanya semakin optimal dengan adanya fitur Embedded Security memungkinkan Anda terlindungi dari berbagai upaya peretesan dan hal lainnya.

Dapatkan CyberPanel VPS Anda dengan murah dan cepat hanya 80ribu/bulan saja. Selain itu, dengan Tim Support 24/7 IDCloudHost tentu siap membantu apapun kendala Anda. Cari tahu disini

Semua keunggulan itu bisa Anda rasakan dan nikmati dengan Layanan dari IDCloudHost. Cari tahu promo terbaru dari kami setiap bulannya. Semoga panduan ini bermanfaat!

Related Articles

Cara Mengatasi VPS Tidak Bisa Login
Cara Mengatasi Error 500 CyberPanel VPS
Penyebab dan Solusi VPS Error dan Tidak Bisa Akses
Panduan Mengelola Space Hosting dengan Fitur cPanel Ini
Cara Instal Postal Mail di Cloud VPS