Tutorial Instalasi Feeder di Cloud VPS IDCloudHost - IDCloudHost

Tutorial Instalasi Feeder di Cloud VPS IDCloudHost

Promo IDCloudHost

Instal Feeder

 

Aplikasi Feeder saat ini sudah ada di Cloud VPS IDCloudHost. Feeder PDDikti adalah sebuah aplikasi atau juga sistem yang disediakan oleh Dikti dan dipergunakan untuk melakukan pengelolaan data di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Dalam penyelenggaran dan pelaksaaannya masing – masing perguruan tinggi mengelola langsung operasionalisasi aplikasi untuk melakukan sinkornisasi data perguruan tinggi data forlap/ PDDikti.

PDDikti yang merupakan singkatan dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau biasanya dikenal PDDikti merupakan kumpulan data penyelenggaraannya pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Menurut Permenristekdikti Nomor 61 Tahun 2016, fungsi dari PDDikti yaitu sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Pergerakan PDDikti dalam mengumpulkan fakta mengenai penyelenggaran pendidikan tinggi akan kita manfaatkan untuk pembangunan pendidikan tinggi.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) dari Kemenristekdikti

Pentingnya Feeder PDDikti

Hal yang perlu kita ketahui bersama, Feeder PDDikti sangat penting dan berguna untuk melakukan pelaporan data. Data – data ini sangat penting untuk kepentingan PIN, SIVIL, SISTER, SIM Tendik, juga persyaratan beasiswa, KIP, dan juga proses akreditasi BAN-PT/LAMP, penjaminan mutu, penelitian dan jurnal, hingga proses Uji Kompetensi untuk Prodi Kesehatan.

Tutorial Instalasi Feeder di Cloud VPS IDCloudHost

Kali ini, Tim IDCloudHost akan memberikan tutorial instalasi feeder di Cloud VPS. Seperti yang kita ketahui, ini tentunya memudahkan perguruan tinggi baik negeri dan swasta untuk memiliki teknologi server sendiri tanpa harus melakukan maintenance langsung. Mengingat, pengelolaan server secara mandiri pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Tetapi, dengan adanya kemudahan yang IDCloudHost tawarkan perguruan tinggi, universitas, dan kampus tentunya dapat melakukan instalasi dengan satu klik (One Click Deploy) di Cloud VPS tanpa kesulitan.

Persiapan Instal Feeder PDDikti

Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk melakukan instalasi dan tahapan tertentu agar proses instal lebih lancar tanpa hambatan.Salah satunya menentukan Lokasi Instal Feeder. Anda jika berperan sebagai operator menangani hal ini harus menentukan lokasi dan tempat instal feeder misalnya di Windows atau Linux.

1. Login Akun Console IDCloudHost

Jika Anda pelanggan IDCloudHost dan memiliki akun di client area IDCloudHost. Anda perlu melakukan registrasi kembali di akun console IDCloudHost yaitu console.idcloudhost.com. Mengingat sistem payment untuk Cloud VPS IDCloudHost mengadapsi Pay As You Grow layaknya pulsa yang dikenai biaya jika digunakan saja.

 

Feeder PDDikti

 

2. Setelah selesai registrasi atau login di akun Console. Buka App Catalog. Selanjutnya pilih Feeder.

 

Install Feeder

 

3. Selanjutnya, Anda dapat melakukan settings di bagian menu dan kebutuhan Anda perbulan baik itu RAM, CPU, dan juga disk yang Anda butuhkan. Tidak perlu khawatir kekurangan, Anda dapat mengupgradenya dengan mudah nanti.

 

Feeder Cloud VPS

 

4. Setelah itu, tentukan lokasi server, billing account dan juga mengisi username serta password aksesnya. Jangan lupa mengisi nama resource name akun Anda. Setelah terisi semua berdasarkan gambar diatas. Klik “Create”

 

Aplikasi Feeder

 

5. Selanjutnya, jika Anda ingin mengaksesnya anda dapat melakukan “Copy to Clipboard” Public IP yang terdapat pada tampilan setup tersebut ke browser Anda.

 

 

6. Instal Feeder Anda Feeder Selesai. Anda sudah bisa menggunakannya.

 

Feeder adalah

Penutup

Bagaimana proses instalasinya mudah bukan? Anda dapat merasakan kemudahan One Click Deploy  untuk instalasi feeder dikti di Cloud VPS IDCloudHost. Selain itu, ada banyak fitur lain seperti kemudahan instalasi sister dan juga dapodik. Feeder PDDikti tentunya penting untuk penyelenggaraan pendidikan di tingkat universitas untuk memudahkan dalam pelaporan dan pengelolaan proses pendidikan perguruan tinggi ke Dikti.

Jika Anda mendapatkan kendala dalam proses instalasi dan permasalahan lainnya. Tim Support IDCloudHost siap membantu Anda 24/7 melalui Live Chat dan Ticket.

Related Articles

Apa itu Aplikasi Native ?
Cara Instal dan Setup Nginx Cloud VPS IDCloudHost
Cara Setup Website 2 Region Menggunakan Load Balancer di Cloud VPS
5+ Mengatasi SSL Error pada Website
Mengenal Apa itu Flutter?