Panduan Instalasi INLISLite di Cloud VPS IDCloudHost - IDCloudHost

Knowledge Base

Panduan Instalasi INLISLite di Cloud VPS IDCloudHost

cara install inlislite

Penerapan teknologi informasi perpustakaan di Indonesia masih belum merata, ada perpustakaan yang sudah terotomasi dan ada yang belum. Hal ini disebabkan karena belum adanya software yang handal dan mampu menjadi standar pendukung berbagai tugas perpustakaan. Karena itu, software INLISLite hadir untuk memudahkan tugas ini. 

Melalui INLISLite pihak Perpusnas dapat memfasilitasi pengelolaan perpustakaan di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga, perpustakaan bisa mulai menerapkan otomasi perpustakan, bahkan bisa membangun perpustakaan digital. 

Cara menginstal dan menggunakan INLISLite juga sangat mudah. Dengan layanan Cloud VPS IDCloudHost Anda dapat menginstalnya hanya dalam beberapa menit saja. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Baca Juga: 5+ Tips Memilih VPS Terbaik Untuk Bisnis Anda

Apa Itu INLISLite?

INLISLite versi 3 merupakan pengembangan lanjutan dari perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan INLISLite versi 2.1.2 yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpustakaan Nasional RI) sejak tahun 2011.

INLISLite versi 3 dikembangkan sebagai perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus mengembangkan perpustakaan digital / mengelola dan melayankan koleksi digital.

INLIS Lite dibangun dan dikembangkan secara resmi oleh Perpustakaan Nasional RI dalam rangka menghimpun koleksi nasional dalam jejaring Perpustakaan Digital Nasional Indonesia, disamping membantu upaya pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia yang didasarkan pada :

  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  • Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1990 Tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Rekam

Cara Install INLISLite di Cloud VPS IDCloudHost

Setelah memahami apa itu INLISLite dan kegunaannya, Anda tentunya ingin mengetahui bagaimana cara menginstal software ini. Dengan menggunakan layanan Cloud VPS IDCloudHost, Anda bisa menginstal aplikasi ini hanya dalam satu klik saja. Berikut langkah-langkahnya!

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun pada Layanan Console IDCloudHost. Jika belum silahkan daftar dan login di console.idcloudhost.com lalu jangan lupa deposit dan gunakan kode referal / diskon untuk mendapatkan free kreditnya.

  1. Pilih menu App Catalog dari Dashboard Console Anda

  1. Selanjutnya scroll kebawah sampai menemukan produk Inlislite, silakan pilih Inlislite

  1. Proses tersebut akan membuka halaman Create New Resource

  1. Silakan scroll ke bawah, sampai menemukan dan memastikan bahwa yang terpilih adalah Inlislite dengan versi yang sesuai

Baca Juga: Tutorial Instal Neo Feeder 2022 di Cloud VPS IDCloudHost

  1. Setelah itu, tentukan spesifikasi, lokasi server, Public IP, network dan billing account yang ingin Anda gunakan.

  1. Jangan lupa juga mengisi, username yang ingin Anda gunakan, password, dan Resource VM yang ingin kita buat tersebut lalu klik Create.

  1. Setelah VM untuk Inlislite berhasil terbuat. Kita akan mendapatkan IP Publik seperti gambar berikut.

  1. Selamat! Proses instalasi INLISLlite di IDCloudHost telah berhasil, silakan akses aplikasi INLISLite  melalui browser dengan alamat IP Publik sesuai informasi pada langkah sebelumnya.

Baca Juga: Cara Install LMS Moodle di Private Cloud (Server VPS) IDCloudhost

Penutup

Demikianlah langkah-langkah instalasi INLISLite melalui Cloud VPS IDCloudHost. INLISLite menginstal dan menggunakan INLISLite tidak sulit, bahkan untuk pemula. Sekarang, Anda bisa melakukan otomasi manajemen perpustakaan dengan mudah dan cepat. 

Software ini juga memiliki banyak fitur menarik yang dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, serta membuat proses arsip lebih cepat dan rapi. Fitur-fitur tersebut di antaranya Back Office, Buku Tamu, Keanggotaan Online, OPAC, Pendaftaran Anggota, Pengembalian dan Peminjaman Mandiri, dan lain-lain. 

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update