Tutorial Instal Neo Feeder 2022 di Cloud VPS IDCloudHost - IDCloudHost

Knowledge Base

Tutorial Instal Neo Feeder 2022 di Cloud VPS IDCloudHost

 

Tahukah Anda aplikasi Feeder? Feeder PDDikti adalah sebuah aplikasi atau juga sistem yang disediakan oleh Dikti dan dipergunakan untuk melakukan pengelolaan data di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Aplikasi ini sudah ada di Cloud VPS IDCloudHost dapat dengan mudah Anda instal. Kini hadir dengan fitur terbaru Neo Feeder 2022. Dalam penyelenggaran dan pelaksaaannya masing – masing perguruan tinggi mengelola langsung operasionalisasi aplikasi untuk melakukan sinkornisasi data perguruan tinggi data forlap/ PDDikti.

PDDikti adalah singkatan dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau biasanya dikenal PDDikti dikenal kumpulan data penyelenggaraannya pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Menurut Permenristekdikti Nomor 61 Tahun 2016, fungsi dari PDDikti yaitu sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Pergerakan PDDikti dalam mengumpulkan fakta mengenai penyelenggaraan pendidikan tinggi akan kita manfaatkan untuk pembangunan pendidikan tinggi.

Baca Juga : Tutorial Instalasi Feeder di Cloud VPS IDCloudHost

Apa Kegunaan Feeder Neo Feeder 2022?

Hal yang perlu kita ketahui bersama, Feeder PDDikti sangat penting dan berguna untuk melakukan pelaporan data. Data – data ini sangat penting untuk kepentingan PIN, SIVIL, SISTER, SIM Tendik, juga persyaratan beasiswa, KIP, dan juga proses akreditasi BAN-PT/LAMP, penjaminan mutu, penelitian dan jurnal, hingga proses Uji Kompetensi untuk Prodi Kesehatan. Kali ini hadir dengan versi terbaru di tahun 2022.

Tutorial Instalasi Neo Feeder 2022 Cloud VPS

Pada kesempatan ini, Tim IDCloudHost akan memberikan tutorial instalasi Neo Feeder 2022 di Cloud VPS. Seperti yang kita ketahui, ini tentunya memudahkan perguruan tinggi baik negeri dan swasta untuk memiliki teknologi server sendiri tanpa harus melakukan maintenance langsung. Mengingat, pengelolaan server secara mandiri pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Tetapi, dengan adanya kemudahan yang IDCloudHost tawarkan perguruan tinggi, universitas, dan kampus tentunya dapat melakukan instalasi dengan satu klik (One Click Deploy) di Cloud VPS tanpa kesulitan.

Persiapan Instal Feeder PDDikti

Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk melakukan instalasi dan tahapan tertentu agar proses instal lebih lancar tanpa hambatan.Salah satunya menentukan Lokasi Instal Feeder. Anda jika berperan sebagai operator menangani hal ini harus menentukan lokasi dan tempat instal feeder misalnya di Windows atau Linux. Update terbaru pada instal Neo Feeder 2022 pada versi sebelumnya, instalasi ini terbilang lebih mudah loh. Mari kita simak.

1. Pastikan Anda sudah memiliki akun pada Layanan Console IDCloudHost. Jika belum silahkan daftar dan login di console.idcloudhost.com lalu jangan lupa deposit dan gunakan kode referal / diskon untuk mendapatkan free kreditnya.

 

 

2. Setelah itu, pilih menu App Catalog dari Dashboard Console Anda

 

 

Baca Juga : Tutorial Instal SISTER di Cloud VPS IDCloudHost

3. Selanjutnya, pilih Feeder.

 

 

4. Seperti kita tahu, bahwa ada 2 (dua) versi feeder. Pastikan Anda memilih versi “Neo Feeder 2022”

 

 

5. Setelah itu, tentukan spesifikasi, lokasi server, Public IP, network dan billing account yang digunakan.

 

 

6. Jangan lupa juga mengisi, username yang digunakan, password, dan Resource VM yang ingin kita buat tersebut lalu klik Create.

 

 

7. Setelah VM untuk Neo Feeder berhasil dibuat. Kita akan mendapatkan IP Publik seperti gambar berikut.

 

 

8. Selamat proses instalasi Neo Feeder versi 2022 di Cloud VPS IDCloudHost telah berhasil. Silakan akses aplikasi Neo Feeder melalui browser dengan alamat IP Publik sesuai informasi pada langkah sebelumnya. NOTE : Untuk update saat ini anda wajib mengakses IP dengan menggunakan line port seperti 103.181.143.4:8100/#/login

 

 

Baca Juga : Panduan Instalasi DAPODIK di Cloud VPS IDCloudHost

Jika Anda ingin lebih paham mengenai tutorial dan panduan Instal Neo Feeder 2022 dalam berupa video. Kami menyediakan tutorial dan panduan instal neo feeder 2022 ini pada Youtube IDCloudHost. Anda dapat menontonnya pada video kali ini.

 

 

Cara Upload Prefill

Setelah itu, Anda bisa melakukan settings dengan upload prefill berikut ;

1. Lakukan ssh ke VM Neo Feeder Anda melalui menu ssh dari dashboard.

 

 

2. Pada Layar SSH, silakan ketikan yes kemudian tekan tombol Enter lalu masukkan password ssh Anda.

 

 

3. Setelah itu, ketikan ls pada terminal untuk memastikan bahwa sudah ada folder prefill_pddikti.

 

 

4. Selanjutnya, buka aplikasi FTP misalnya WinSCP.

 

5. Setelah itu, klik menu New Session, pastikan protokol yang digunakan adalah SFTP, lalu masukkan informasi SSH VM anda sesuai dengan kolom yang disediakan. Setelah semuanya terisi tekan tombol Login.

 

 

6. Apabila muncul jendela peringatan, silakan tekan tombol Yes

 

 

7. Berikutnya aplikasi FTP akan masuk ke user home direktori dan akan menampilkan folder prefill_pddikti.

 

 

8. Buka folder tersebut dengan cara klik 2x. Silakan upload prefill Feeder anda pada direktori tersebut dengan cara drag n drop file prefill dari windows explorer di PC anda ke aplikasi FTP.

 

 

 

9. Setelah proses selesai, file prefill yang diupload akan muncul dan siap untuk melakukan proses sinkronisasi data ke aplikasi Neo Feeder.

Baca Juga : Apa itu VMware : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur dan Cara Download VMware

Penutup

Bagaimana mudah bukan untuk melakukan Instal Neo Feeder 2022 di Cloud VPS IDCloudHost? Kemudahan yang IDCloudHost tawarkan pada App Catalog Cloud VPS menggunakan fitur One Click Deploy sehingga Anda tidak akan kesulitan melakukan instalasi bahkan tanpa coding sekalipun. Selain itu, ada 16+ Aplikasi lain pada Cloud VPS IDCloudHost yang dapat anda nikmati dengan fitur ini.

Metode pembayaran lengkap baik melalui transfer, e-wallet, dan juga kartu kredit. Satu hal lagi, sistem Cloud VPS ini menggunakan Pay As You Grow sehingga menggunakan deposit layaknya pulsa sesuai kebutuhan Anda. Mulai dari Rp 50.000/bulan, anda akan mendapatkan banyak fitur canggih ini. Tim Support IDCloudHost juga senantiasa siap membantu anda melalui Live Chat dan Tiket 24/7 untuk Anda.

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update