Cara Melakukan Backup dan Restore Website di Plesk Hosting

Cara Melakukan Backup dan Restore Website di Plesk Hosting

Anda selaku  pemilik Website Selalu disarankan untuk menyimpan salinan cadangan dari konten situs web Anda untuk melindungi dari kecelakaan dan serangan jahat yang bisa saja terjadi pada Website Anda. Plesk memfasilitasi pembuatan salinan cadangan dengan fungsi pencadangan dan pemulihan. Ini memungkinkan Anda untuk membuat cadangan konfigurasi dan konten, termasuk konten situs web, akun email, basis data, dan lainnya, dan memulihkan data jika diperlukan.

Anda juga dapat mengunduh file cadangan yang dibuat di Plesk, serta mengunggah file cadangan, bahkan yang dibuat di versi Plesk sebelumnya. Cadangan yang dibuat dapat disimpan baik secara lokal atau dalam penyimpanan FTP jarak jauh.

Catatan : Backup – Kami menyimpan backup rutin berkala 4 kali dalam seminggu jangka waktu file 1 bulan terakhir, Anda mempunyai kewajiban dan bertanggungjawab penuh untuk melakukan backup atas masing-masing data web secara berkala. IDCloudHost dibebaskan atas tuntutan ganti rugi atas kehilangan atau kerugian yang timbul. Anda bertanggung jawab penuh atas transfer dan manajemen data dan file account Anda. Backup yang IDCloudhost lakukan untuk kepentingan internal, apabila memerlukan file yang kami backup dapat mengirim request melalui ticket. (Source Halaman  TOS IDCloudhost)

Baca Juga : Pentingnya Fasilitas Backup pada Layanan Web Hosting

 

Cara Melakukan Backup Website di Plesk Hosting

BErikut ini adalah langkah-langkah praktis untuk bisa melakukan Backup pada Website anda di Plesk :

  1. Untuk mencadangkan semua data yang terkait dengan akun Anda dan semua langganan Anda, buka Account > Back Up My Account and Websites.

    Cara Melakukan Backup dan Restore Website di Plesk Hosting | IDCloudHost

     
  2. Atau  Untuk mencadangkan situs web yang terkait dengan langganan yang dipilih saat ini, buka Account > Back Up Websites.

    Cara Melakukan Backup dan Restore Website di Plesk Hosting | IDCloudHost

     
  3. Kemudian klik Back Up untuk membuat cadangan baru.

    Cara Melakukan Backup dan Restore Website di Plesk Hosting | IDCloudHost

 

Cara Melakukan Restore File Backup Website di Plesk Hosting

Anda dapat mengembalikan cadangan yang dibuat di Pleskz / Obsidian atau versi Plesk sebelumnya, tetapi tidak lebih awal dari Plesk 8.6. Skenario pemulihan berikut tersedia:

  • Saat mengembalikan cadangan di Plesk 11.5 atau yang lebih lama, atau ketika memulihkan cadangan yang dibuat di Plesk 11.5 atau yang lebih lama. Semua objek yang termasuk dalam file cadangan dipulihkan. Objek dengan nama yang sama sudah ada di server ditimpa. Misalnya, jika Anda mengembalikan file cadangan domain example(dot)com yang mencakup konten domain, konten domain dari domain example(dot)com yang sudah ada di server akan ditimpa oleh data yang terkandung dalam file cadangan.
  • Saat mengembalikan cadangan di Plesk 12.0 atau lebih baru dan cadangan dibuat di Plesk 12.0 atau lebih baru. Anda dapat memilih objek mana yang akan dipulihkan dari file cadangan. Anda dapat memulihkan situs, file, basis data tertentu, dan sebagainya. Ini memungkinkan Anda untuk hanya mengembalikan objek yang ingin Anda pulihkan, tanpa menimpa objek lain. Misalnya, jika Anda hanya ingin mengembalikan zona DNS dari satu domain, example(dot)com, tidak perlu mengembalikan konfigurasi semua domain lainnya.

Untuk mengembalikan file cadangan, buka Account > Back Up Websites or Websites & Domains > Backup Manager. Kemudian klik pada Backup yang diperlukan, tentukan apa yang harus dipulihkan dan klik Restore.

Cara Melakukan Backup dan Restore Website di Plesk Hosting | IDCloudHost

 

Jika Anda membutuhkan bantuan terkait ini, jangan ragu untuk menghubungi tim Support IDCloudhost.

Related Articles

Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui File Manager
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui FTP (Filezilla)
Cara Melihat Statistik dan Laporan Penggunaan Plesk Hosting
Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting
Cara Memilih Versi ASP.NET di Plesk Hosting
popup image