Cara Memperbaiki Error 525 : SSL Handshake Failed Cloudflare - IDCloudHost

Knowledge Base

Cara Memperbaiki Error 525 : SSL Handshake Failed Cloudflare

Error 525
 

Pernah mengalami pengalaman ini? Saat melakukan setup pada DNS Cloudflare mendapati sebuah peringatan Error 525: SSL Handshake Failed Cloudflare. Jadi sebenarnya apa yang erorr 525? Pesan error ini adalah yang mengindikasikan bahwa antara SSL Cloudflare dan SSL Server kita tidak saling terhubung.

Umumnya, Error 525 ini terjadi pada pengaturan SSL pada Mode Full atau Full Strict pada dashboard Cloudflare. Bagaimana cara memperbaikinya?


Baca Juga : Mengenal Apa itu CloudFlare, Fungsi dan Cara Kerjanya

Cara Memperbaiki Error 525 SSL Handshake Failed Cloudflare

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki error 525 : SSL Handshake Failde Cloudflare ini. Kita mulai dari yang paling kemungkinan mudah hingga yang sedikit advanced ya.

1. Report ke Pengeloa Website

Bila yang rusak bukan website Anda, hal yang anda lakukan adalah memberitahukan ke pengelola website tersebut. Bisa situsnya tidak bisa kita akses dengan normal, dan muncul tampilan error 525 Cloudflare.

Jadi bagaimana kita menghubungi tim pengelola website? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghubungi mereka. Misalnya layanan support, email umum atau juga media sosial.

Bisa juga kalo anda mengenal pemilik website dan memiliki kontak pribadi mereka, akan lebih cepat masalah ini kita selesaikan.

2. Pastikan Website Kita Memiliki SSL yang Valid

Bagi Anda pemilik website yang ingin menggunakan fitur Full dan Full Strict SSL dari Cloudflare. Pastikan pada server kita memiliki SSL yang valid. Anda bisa membeli SSL di beberapa penyedia layanan. IDCloudHost juga menyediakan SSL yang dapat Anda akses disini.

Tapi Anda bisa juga menggunakan SSL gratis dari Lets Encrypt, buat yang suka gratisan seperti saya bisa menggunakan situs SSL for Free. Bisa juga menggunakan SSL dari Cloudflare melalui Origin GA certificates. Sertifikat dari Cloudflare juga bisa kita gunakan pada mode Full Strict.

Origin CA Certificate Cloudflare hanya bisa digunakan pada mode proxy saja., dalam kata lain kita harus menggunakan proxy Cloudflare. Bila tidak, akan ada ada pesan error yang baru, yaitu certificate is not trusted.

3. Mematikan Proxy Cloudflare : Mengubah setting DNS pada Cloudflare Menjadi DNS Only

Anda bisa mematikan proxy Cloudflare, dengan cara mengubah dari pengaturan proxied menjadi DNS only. Anda bisa menekan 2x pada bagian proxied menjadi DNS only. Namun, supaya situs website tetap menggunakan https, pastikan SSL sudah kita telah terkonfigurasikan pada server Anda sebelumnya. Setelah kita nonaktifkan proxy Cloudflare. Apakah masih muncul error atau situs dapat diakses dengan baik tanpa Cloudflare?

Setelah itu, error diatas bisa juga disebabkan karena port 443 yang ditutup. Kalau menggunakan sharedhosting hal ini bisa ditanyakan sama penyedia layanan. Sedangkan yang menggunakan VPS, bisa melihat port yang terbuka menggunakan tools seperti netstat.

4. Chiprt Suite Tidak Didukung Oleh Cloudflare

Cipher suite pada server dan yang didukung oleh Cloudflare tidak sesuai.  Selanjutnya, kita memahami apa SSL Cipher yang mendukung. Berikut ini adalah SSL cipher yang didukung oleh Cloudflare untuk TLS 1.3, TLS 1.2, dan versi TLS sebelumnya ketika menghubungkan server web asal Anda melalui HTTPS:

TLS 1.2 and earlier TLS versions:

ECDHE-ECDSA-AES128-GCM-SHA256
ECDHE-RSA-AES128-GCM-SHA256
ECDHE-RSA-AES128-SHA
AES128-GCM-SHA256
AES128-SHA
ECDHE-RSA-AES256-SHA384
AES256-SHA
DES-CBC3-SHA
ECDHE-RSA-AES256-GCM-SHA384

TLS : 1.3

Cipher Suite Name (IANA)

Cipher Suite (Octal Value)

TLS_AES_128_GCM_SHA256

{0x13,0x01}

TLS_AES_256_GCM_SHA384

{0x13,0x02}

TLS_CHACHA20_POLY1305_SHA256

{0x13,0x03}

5. Dapat Mempelajari Log Error untuk Memperbaiki Error 525

Bila Anda mengalami hal yang yang bermasalah pada website, Anda bisa bertanya pada sysadmin atau juga
penyedia layanan untuk melakukan pengecekan server. Jika anda memiliki layanan IDCloudHost Anda bisa mengetahui status server disini.

Bila melakukan review pada access/error bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat. Dari beberapa cara sebelumnya. Anda dapat memperbaiki error 525 : SSL Handshake Failed Cloudflare.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update