Cara Mengamankan Login Pada WordPress - IDCloudHost

Cara Mengamankan Login Pada WordPress

Promo IDCloudHost

Pendahuluan

Jika suatu website terhubung dalam jaringan internet, maka tidak akan lepas dengan kejahatan cyber seperti phishing. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memberikan keamanan untuk menghindari kasus-kasus kejahatan yang terjadi dalam dunia cyber tersebut. Pada pembahasan ini, kami akan menjelasakan mengenai beberapa cara untuk menghindari kasus-kasus tersebut bagi para pengguna platform WordPress.

Cara ke-1 : Mengubah URL Login WordPress

Untuk mengubah URL Login pada WordPress, terdapat dua opsi yang dapat anda gunakan, yaitu dengan menggunakan plugin atau dengan mengubah pengaturan kode pada WordPress. Untuk mengubah URL login WordPress dengan mengubah kode-nya tentunya akan lebih rumit dibanding menggunakan plugin, karena anda perlu untuk memahami bagian apa saja yang harus diubah. Oleh sebab itu, pada cara ini kami akan memakai opsi dengan menggunakan plugin untuk mengubah URL login WordPress anda. Ada beberapa plugin yang dapat anda gunakan untuk hal tersebut. Namun, disini kami menyarankan untuk menggunakan WPS Hide Login.

Untuk melakukan instalasi, anda dapat melakukan langkah seperti biasa untuk mengintal plugin pada WordPress, yaitu pada dashboard WordPress pilih menu Plugins > Add New. Kemudian cari WPS Hide Login.

Setelah selesai menginstal, aktifkan plugin tersebut. Untuk melakukan konfigurasi pada plugin tersebut, anda dapat melihatnya pada menu Settings > General.

Disana, anda dapat dengan bebas memberikan nama untuk URL halaman login WordPress. Setelah selesai, klik Save Changes.

Cara ke-2 : Membatasi Jumlah Salah Saat Login

Selain mengubah URL, anda juga dapat menambahkan cara ini untuk lebih mengamankan website. Untuk bisa menerapkan cara ini, anda dapat menggunakan plugin yang ada WordPress, salah satunya adalah  Limit Login Attempts Reloaded.

Plugin ini berfungsi ketika pengguna mencoba untuk login pada website dan  telah melakukan kesalahan ketika memasukan username dan password dengan jumlah batas maskimal kesalahan, maka IP pengguna akan diban sementara dalam kurun waktu yang ditentukan oleh pemilik website atau ban secara permanen.

Untuk melakukan instalasi, anda dapat menggunakan langkah yang sama seperti pada cara sebelumnya. Setelah selesai, aktifkan plugin tersebut.

Setelah selesai mengaktifkannya, anda dapat melakukan konfigurasi plugin tersebut pada menu Settings > Limit Login Attempts yang ada pada dashboard WordPress.

Disana, terdapat beberapa opsi yang dapat anda atur seperti Total Lockout dimana anda menagtur berapa jumlah percobaan yang dapat dilakukan. Pada opsi Lockout, anda dapat mengatur berapa kali dapat mengulang percobaan, lama waktu ip diblokir, lama waktu blokir setelah beberapa kali gagal dalam percobaan, dan lama waktu sistem pemblokiran akan direset.

Selain itu, anda juga dapat melakukan blacklist atau whitelist IP tertentu sesuai dengan kolomnya.

Related Articles

Apa itu Aplikasi Native ?
Cara Instal dan Setup Nginx Cloud VPS IDCloudHost
Cara Setup Website 2 Region Menggunakan Load Balancer di Cloud VPS
5+ Mengatasi SSL Error pada Website
Mengenal Apa itu Flutter?