5+Tips Mengatasi Bug Website - IDCloudHost

5+Tips Mengatasi Bug Website

Promo IDCloudHost

Mengatasi Bug
 

Apa itu Bug?

Sebelum kita memasuki tips mengatasi bug pada website kita harus mengenal dulu apa itu bug. Sebenarnya secara harfiah, bug adalah berasal dari kata dalam bahasa inggris yang artinya serangga. Namun,  dalam dunia teknologi bukan hal itu melainkan sebuah gangguan yang terjadi pada sebuah sistem. Biasanya programmer menyebutnya ada kesalahan dalam aplikasi atau website yang sedang dikerjakan atau mereka dapatkan.

Dalam dunia teknologi, penjelasan bug adalah sebuah error atau kerusakan yang terjadi sehingga menyebabkan website atau softaware tidak berjalan dengan seharusnya. Ada bebereapa kerusakan yang terjadi biasanya.

Seperti, hang atau freeze, bisa juga blue screen, layar menjadi hitam hingga mati dengan sendirinya. Penyebabnya banyak . Bahkan seorang Bill Gates pernah mengalaminya ketika menghadiri presentasi pengenalan windows 98.

Baca Juga :PENTING : Terjadi BUG Certification Authority Authorization (CAA) pada Let’s Encrypt

Anda sebagai seorang blogger atau juga seorang webmaster tentu menjengkelkan bertemu hal ini. Hal ini bukan hanya mempengaruhi performa website Anda tapi juga memberi celah cukup berbahaya untuk website Anda.

Biasanya akan ada notifikasi jika terjadi kesalahan pada website dan aplikasi Anda. Hal yang pertama anda lakukan adalah tetap tenang dan mencari tahu terlebih dahulu. Anda juga bisa melakukan cek koneksi, keadaan server dan lainnya.

Cara Mengatasi Bug pada Website

Bila ada kemungkinan pemberitahuan yang mengatakan website Anda mendapati sebuah bug. Kita sarankan melakukan langkah – langkah berikut. Walaupun Anda mungkin belum menemukan apakah itu bug atau bukan.

1. Lakukan Backup Website

Hal yang paling utama dan penting yang harus Anda lakukan adalah melakukan backup pada website yang Anda miliki. Lebih baik lagi, jika Anda memiliki jadwal rutin untuk melakukan backup. Sehingga jika sesuatu terjadi Anda bisa melakukan restore data.

2. Pembersihan Plugin

Deactive plugin itu menambah beban pada website. Selain itu, memungkinkan juga apabila plugin mengalami konflik pada website. Ini juga celah akan terjadinya bug dan juga kemanaan website yang dapat ditembus oleh hacker. Deactive plugin yang tidak Anda perlukan sebaiknya Anda hapus apabila tidak digunakan.

3. Lakukan Ganti Tema / Template

Jika Anda seorang blogger dan ingin menggunakan template menarik perlu diingat untuk berhati -hati menggunakan template yang belum direview oleh pihak wordpress.

Biasanya bug juga terjadi pada celah template website yang tidak terverifikasi. Kita juga rekomendasikan untuk melakukan update secara berkala blog ke versi terbaru.

Tapi perlu memperhatikan banyak hal dulu sebelum mengganti, akan ada resiko error dan juga bug yang tentu membahayakan website Anda. Jika Anda menggunakan template gratisan sangat kita sarankan untuk segera mengubahnya dengan template yang terbukti aman.

4. Belajar Keamanan Data

Salah satu usaha lain untuk menghindari dari hal yang berkaitan dengan hacker dan juga pembobolan data yaitu dengan mempelajari hal berkaitan dengan keamanan data. Anda bisa belajar hal hal dasar dahulu misalnya, soal penggunaan password, OTP, dan juga data – data sensitif lainnya.

5. Jangan Mudah Percaya

Beberapa website mungkin merekomendasikan Anda, mencari orang untuk membantu mengatasi permasalahan website Anda. Namun, biarpun begitu kami sarankan untuk tetap waspada apabila memberikan akses pada seseorang bahkan penyedia layanan. Pastikan penyedia layanan adalah sebuah institusi yang kredibel, dapat kita percaya, dan memiliki sertifikasi yang apabila dilanggar akan berkaitan dengan hukum dsb. Hal ini perlu kita ingat baik – baik agar penyelesaian masalah bug terselesaikan.

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap di Blogger dan WordPress Dengan Mudah dan Cepat

Dapat Celah pada Sistem Website?

Jika Anda mendapatkan notifikasi dari website openbugbounty.org. Ada baiknya Anda melakukan review kembali terhadap keamanan website Anda. Seperti menghapus plugin yang sekiranya mencurigkana dan berbahaya. Selain itu disarankan juga menghubungi pihak yang melakukan report website tersebut. Misalnya website openbugbounty. Tidak hanya itu kita sarankan juga menanyakan pada seorang teman yang Anda percayai dalam mengolah web menanyakan kebenaran hal tersebut.

Apa itu Open Bug Bounty ?

Open Bug Bounty merupakan sebuah situs yang memberikan layanan bagi seorang Bug Hunter atau juga bisa disebut sebagai Hacker White Hat sebagai sarana berkomunikasi pihak ketiga untuk melaporkan penemuan bug pada Webmaster ataupun Developer Program Aplikasi.

Nah, situs ini sangat membantu dalam menjaga serta meningkatkan kemananan web ataupun aplikasi. Ada dua jenis celah yang paling umum berakibat pada website publik seperti “Improper Access Control” dan XSS (Cross Site Scripting). Pada dasarnya Bug Hunter mendapatkan keuntungan berupa kompensasi dari pengembang aplikasi ataupun pemilik website karena telah melaporkan adanya bug ataupun celah. Kompensasi yang mereka berikan biasanya dinegosiasikan atau juga semampunya, hal ini merupakan etika untuk membalas kebaikan seseorang karena menghindarkan kita dari kemungkinan buruk jika celah itu dimasuki hacker yang tidak bertanggung jawab.

Penutup

Apabila Anda mendapatkan bug pada website langkah -langkah sebelumnya adalah tips untuk anda mengatasinya agar anda tetap tenang. Mengingat, permasalahan bug dan error memiliki banyak penyebab dan sebisa mungkin kita mengatasinya secepat mungkin apalagi berkaitan dengan website dan aplikasi yang digunakan oleh publik. Semoga tips mengatasi bug pada website ini membantu Anda.

Related Articles

Apa itu UML : Pengertian dan Sejarahnya
Mengenal Apa itu Agile : Pengertian dan Manfaatnya
Apa itu Bootstrap : Pengertian dan Sejarahnya
10+ Rekomendasi Plugin WordPress di Tahun 2022
Cara Menghilangkan Powered by WordPress