logo Cara Menghapus Cache WordPress - IDCloudHost

Cara Menghapus Cache WordPress

Cara Menghapus Cache WordPress

 

Pernahkah website atau blog Anda yang menggunakan WordPress mengalami error? Misalnya, Anda sudah melakukan berbagai pengaturan, tapi tetap tidak bisa menerapkannya pada website Anda. Mungkin salah satu alasan mengapa Anda menemui hal ini adalah karena cache WordPress belum dihapus. Sebagai pemilik website, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara menghapus cache di WordPress.

Cache memang memberikan banyak keuntungan. Ia dapat membuat kita menghemat data, serta mempercepat sistem. Namun, jika terlalu banyak cache justru menjadi hambatan dalam mengembangkan website. Karena itu, Anda harus membersihkannya secara teratur. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : 10+ Penyebab Error Pada WordPress dan Mengatasinya

Pentingnya Menghapus Cache di WordPress

Selain berbagai manfaat yang dimilikinya, cache tentunya juga memiliki beberapa dampak buruk jika terlalu banyak tersimpan dalam disk website Anda. Apa saja kerugian tersebut dan mengapa Anda harus membersihkannya secara rutin?

1. Membuat WordPress Rawan Error

Tak jarang terjadi kesalahan dalam penyimpanan data cache website Anda. Sehingga, data-data ini biasanya jadi rusak dan corrupt. Data-data corrup yang tersimpan dalam WordPress Anda bisa menyebabkan website rawan error dan sulit memuat data.

2. Menghambat Update Terbaru

Cache memang memiliki kelebihan untuk membuat website Anda bisa diakses dengan lebih cepat. Namun, data-data yang tersimpan di dalamnya justru bisa membuat website sulit melakukan update jika sudah terlalu lama.

Misalnya, Anda baru saja mengupdate template, mengedit postingan blog, atau mengkonfigurasikan hal lain. Namun, ketika Anda mencoba mengakses blog, perubahan yang Anda lakukan tak bisa tampil. Hal ini biasanya terjadi karena cache yang menumpuk perlu untuk Anda bersihkan.

3. Menghabiskan Disk Space

Cache adalah data-data yang tersimpan dalam disk space. Jika tidak rutin dibersihkan, lama-kelamaan data itu akan menumpuk dan membuat disk space Anda penuh. Padahal, kita tahu bahwa disk space yang penuh justru membuat website jadi sulit diakses oleh pengunjung.

Disk Space yang penuh juga membuat Anda sulit memasukkan file, media, dan lain-lain ke dalam website Anda. Untuk menjaga disk space tetap lapang dan website Anda tetap terawat, ada baiknya Anda menghapus cache secara rutin.

Baca Juga : 10+ Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Cara Menghapus Cache di WordPress

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghapus cache di WordPress. Untuk memanajemen cache, biasanya pengguna WordPress menggunakan plugin. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, maka tutorial berikut ini sangat cocok untuk Anda ikuti.

1. Menggunakan WP Super Cache

Pertama-tama, Anda harus sudah login ke dashboard WordPress Anda dan mengaktifkan plugin WP Super Cache. Jika plugin sudah aktif, maka Anda bisa mengaksesnya lewat menu Pengaturan (Settings) > WP Super Cache.

 

 

Setelah itu, tampilan konfigurasi plugin ini akan muncul. Pilih tab Easy, kemudian klik Delete Cache pada bagian Delete Cached Pages.

 

 

Cache website Anda sudah berhasil terhapus!

2. Menggunakan Plugin LiteSpeed Cache

LiteSpeed Cache adalah plugin manajemen cache yang memiliki sangat banyak pengguna hingga saat ini. Plugin ini memiliki pilihan yang sangat beragam untuk Anda konfigurasikan. Jika Anda sudah menggunakan LiteSpeed Cache dan ingin menghapus cache dengan plugin ini, Anda bisa mengaksesnya lewat menu LiteSpeed Cache > Tools (Peralatan) pada dashboard WordPress Anda.

 

 

Setelah itu, pilih menu Purge All (Bersihkan Semua).

 

 

Semua cache sudah berhasil terhapus.

3. Menggunakan W3 Total Cache

Banyak website dan blog populer yang menggunakan plugin W3 Total Cache. Plugin yang satu ini juga sering direkomendasikan sebagai plugin terbaik untuk memanajemen cache website Anda. Jika Anda adalah salah satu penggunanya dan ingin menghapus cache, ikuti langkah berikut ini, ya.

Semua pengaturan W3 Total Cache bisa Anda akses lewat menu Performance > Dashboard.

 

 

Setelah itu, klik tombol empty all caches yang berada pada bagian paling atas halaman.

 

 

Anda telah berhasil menghapus cache dengan W3 Total Cache.

Baca Juga : Cara Memasang Webmaster Tools Melalui Yoast SEO WordPress

Penutup

Cache yang sudah lama tidak dibersihkan akan jadi kadaluarsa dan bisa menjadi masalah bagi website Anda. Karena itu, mengetahui cara membersihkan cache di WordPress dan menerapkannya secara rutin sangat penting untuk merawat website.

Apakah panduan ini sudah menambah wawasan Anda tentang cara menghapus cache di WordPress? Setelah ini, Anda bisa langsung menerapkannya pada website Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image