Cara Menghilangkan Powered by WordPress - IDCloudHost

Knowledge Base

Cara Menghilangkan Powered by WordPress

Cara Menghilangkan Powered by WordPress
 

Jika Anda merupakan salah satu pengguna WordPress, maka Anda pasti sering melihat ‘Powered by WordPress’ pada bagian footer di website Anda. Beberapa orang lebih suka menghapus bagian credit pada footer ini untuk berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah hal itu bisa mempengaruhi branding dari website atau bisnis mereka.

Selain itu, sebagian pengguna juga menghapusnya karena alasan keamanan. Mereka tidak ingin oknum-oknum tidak bertanggungjawab mengetahui bahwa mereka menggunakan WordPress sebagai CMS (Content Management System). Selanjutnya, banyak pengguna ingin menghapus footer ini agar website mereka tampak lebih unik dan profesional.

Apakah Anda juga salah satu pengguna yang ingin menghapusnya? Ada beberapa cara untuk menghilangkan footer tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahasnya satu per satu. Anda tinggal memilih mana cara yang paling sesuai dengan website serta kemampuan Anda. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

Baca Juga : Cara Install WordPress di Cyberpanel VPS

Cara Menghilangkan Powered by WordPress dengan Customize Template

Powered by WordPress biasanya terletak pada footer blog Anda. Jika ingin menghilangkannya, Anda bisa melakukan pengaturan lewat menu Cuztomize Template yang ada pada dashboard WordPress Anda. Namun, langkah-langkahnya tergantung dari template apa yang Anda gunakan. Dalam tutorial ini, kami menggunakan template OceanWP sebagai contoh. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti. Jika Anda menggunakan template lain yang tidak memiliki pilihan untuk memodifikasi Footer, Anda bisa mengecek pada bagian Site Identity.

1. Masuk ke dashboard WordPress Anda melalui namadomain/wp-admin. Setelah berhasil login, tampilan dashboard akan muncul. Pilih menu Appearance. Setelah itu, klik pilihan Customize.

 

 

2. Selanjutnya, tampilan seperti ini akan muncul pada bagian sebelah kiri layar. Klik menu ‘Footer Bottom’

 

 

3. Setelah itu, Anda akan diminta mengubah footer pada blog sesuai keinginan. Pada bagian ‘Copyright’ Anda bisa memasukkan kalimat untuk menggantikan ‘Powered by WordPress’. Jika Anda tidak ingin ada tulisan apapun pada footer, Anda bisa klik kotak di samping Enable Footer Bottom untuk menghilangkan tanda centang dan menghapus footer tersebut. Setelah itu, klik Publish.

 

 

Baca Juga : Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress

Cara Menghilangkan Powered by WordPress Melalui Theme Editor

Cara selanjutnya untuk menghapus Powered by WordPress adalah melalui menu Theme Editor. Anda bisa mengedit script footer.php yang ada pada pengaturannya untuk menghilangkan footer bawaan WordPress tersebut secara manual. Cara yang

satu ini dapat Anda lakukan jika template yang Anda gunakan tidak memiliki menu untuk menghilangkan Powered by WordPress pada footer.

1. Login ke akun WordPress Anda. Kemudian, masuk ke dashboard. Pada sidebar yang ada di sebelah kiri dashboard, pilih Appearance. Setelah itu, klik Theme Editor.

 

 

Selanjutnya, Anda dapat mengklik Theme Footer

 

 

3. Scroll file tersebut hingga Anda menemukan baris kode yang berisi tulisan ‘Powered by…’. Contohnya adalah seperti gambar di bawah ini. Hapuslah baris tersebut, kemudian tekan tombol Update File. Powered by WordPress pada footer website Anda pun berhasil terhapus!

 

 

Cara Menyembunyikan Powered by WordPress dengan Custom CSS

Selain kedua cara yang sudah kita bahas sebelumnya, Anda juga bisa menghapus Powered by WordPress pada footer dengan menggunakan Custom CSS. Jika Anda tidak bisa menggunakan kedua cara di atas, Anda bisa mencoba cara ini.

Namun, untuk melakukan custom CSS ini Anda harus menginstall plugin terlebih dahulu. Gunakanlah plugin yang memiliki fitur custom CSS, seperti Simple Custom CSS. Install plugin Simple Custom CSS terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga: Cara Memaksimalkan WordPress dengan Plugin

1. Setelah menginstall plugin, pilih menu Appearance dan klik ‘Custom CSS’ pada dashboard WordPress Anda.

 

 

2.Setelah itu, tambahkan kode berikut pada text box yang tersedia.
.site-info {display: none}

3. Setelah itu, klik Update Custom CSS. Dengan cara ini, Anda berhasil menghilangkan Powered by WordPress pada bagian footer website Anda.

 

Penutup

Begitulah penjelasan tentang cara menghilangkan Powered by WordPress untuk website Anda. Ada banyak cara untuk menghapus atau mengganti kredit pada footer ini. Mulai dari menu Customize Theme, Theme Editor, hingga menggunakan CSS. Anda hanya perlu memilih salah satunya saja untuk digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update