Cara Membuat Jadwal Post Artikel di Wordpress - IDCloudHost

Knowledge Base

Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress

 

Ketika Anda mengelola sebuah blog atau website, pasti Anda ingin menerbitkan artikel secara konsisten dan rutin. Seringkali Anda memiliki banyak ide dan menulis banyak artikel, tapi tak ingin menerbitkannya dalam satu waktu. Agar blog Anda terlihat aktif dan selalu konsisten bagi pembaca, Anda harus menjadwalkan konten-konten ini dan menerbitkannya pada waktu-waktu tertentu.

Mengetahui cara membuat jadwal posting WordPress juga memberikan Anda banyak kemudahan. Misalnya, Anda harus memposting artikel pada hari Senin pukul 9 pagi. Namun, pada hari itu Anda harus keluar kota dan sedang dalam perjalanan. Jika menggunakan fitur scheduling WordPress, Anda tak perlu khawatir artikel Anda akan terlambat terbit.

Cara ini membuat kita dapat mengatur timing dan output dari konten website dan blog kita. Memposting banyak artikel sekaligus merupakan cara yang cukup melelahkan, baik bagi Anda ataupun bagi pembaca blog/website Anda. Karena itu, penting untuk membuat jadwal menerbitkan artikel.

Jika kita mengkomparasikan dengan CMS lain, WordPress memiliki fitur scheduling yang lebih baik. Karena itu, Anda tak perlu khawatir jadwal penerbitan artikel Anda akan berantakan dengan fitur ini.

Melakukan penjadwalan post artikel pada WordPress sangatlah mudah. Anda dapat melakukannya lewat menu yang ada pada dashboard. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut ini, ya.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu WordPress Hosting, Fitur- Fitur dan Keunggulan Terbaiknya

Salah satu cara untuk membuat jadwal artikel WordPress adalah dengan tools yang sudah ada pada post editor. Pilihan ini akan tetap ada baik melalui tampilan Gutenberg Editor ataupun Classic Editor yang lama. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukannya:

1. Login ke WordPress

Lakukan login ke akun WordPress Anda melalui namadomain/wp-admin. Misalnya, situs.com/wp-admin. Setelah tampilan seperti ini muncul, masukkan username dan password Anda. Klik Login.

 

cara jadwal post wordpress

2. Posting Artikel

Setelah login berhasil Anda lakukan, maka tampilan dashboard WordPress seperti ini akan muncul. Pada dashboard, Anda dapat menikmati bermacam-macam fitur yang tersedia di WordPress. Beberapa fitur tersebut adalah mengatur postingan dan menambahkan postingan baru. Jika ingin memposting artikel, klik menu ‘Post’ lalu klik ‘Add New’ (Tambah Baru).

 

3. Membuat Jadwal Posting Artikel

Pada tampilan editor seperti ini, Anda dapat menuliskan postingan artikel seperti biasa. Selanjutnya, Anda bisa melihat kolom sebelah kanan yaitu ‘Pos’ (Post). Pada bagian ‘Terbitkan’ (Publish), klik pilihan ‘Secepatnya’ (Immediately).

 

Setelah Anda meng-klik pilihan ‘Secepatnya’, tampilan kalender seperti pada gambar akan muncul. Selanjutnya, pada bagian inilah Anda dapat mengatur jadwal posting artikel Anda. Pilihlah tanggal dan jam yang Anda inginkan untuk menerbitkan artikel tersebut. Setelah mengatur jadwal, klik tombol ‘Menjadwalkan’ (Scheduling) pada bagian kanan atas. Setelah itu, artikel Anda sudah berhasil dijadwalkan!

 

jadwal post wordpress
Baca Juga : Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow di WordPress Anda

Penutup

Membuat jadwal posting artikel WordPress sangat mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur yang sudah ada di post editor. Menjadwalkan konten memiliki banyak manfaat, lho. Salah satunya adalah membuat blog Anda tetap konsisten bagi pembaca karena rutin menerbitkan artikel-artikel baru. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk mempersiapkan postingan promosi atau event dari jauh-jauh hari untuk organisasi atau bisnis yang Anda kelola.

Sekianlah penjelasan tentang cara menjadwalkan artikel WordPress. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya mulai sekarang? Silahkan kunjungi blog dan panduan IDCloudHost untuk mendapatkan berbagai wawasan baru seputar blog, website, hosting, dan teknologi. Anda juga bisa menggunakan layanan WordPress Hosting IDCloudHost dan juga One Instal Deploy dari Cloud VPS loh. Semoga bermanfaat!

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update