logo Mengenal Apa Itu Cyberduck: Pengertian dan Keunggulannya

Mengenal Apa Itu Cyberduck? Pengertian dan Keunggulannya

Mengenal Apa Itu Cyberduck? Pengertian dan Keunggulannya

cyberduck adalah ftp client

Pernahkah Anda mendengar istilah FTP? FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu sebuah software yang menjadi jembatan dalam proses pertukaran data antara server dan klien melalui jaringan internet. Cyberduck adalah salah satu FTP Client yang bisa Anda gunakan untuk mendukung berbagai aktivitas pengelolaan file Anda, seperti menghapus, menambahkan, mengunduh, dan juga mengunggah. 

Anda juga bisa menggunakan Cyberduck untuk melakukan remote server, atau mengelola website tanpa harus masuk ke akun VPS atau layanan hosting yang Anda gunakan. Karena itu, Cyberduck bisa Anda gunakan sebagai alternatif pilihan selain FileZilla, FTP Client terpopuler saat ini. 

Dalam artikel ini, kita akan mengenal Cyberduck lebih dalam. Mulai dari pengertian, fungsi-fungsi, serta keunggulannya. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya. 

Baca Juga: FTP (File Transfer Protocol) : Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Apa Itu Cyberduck? 

Cyberduck adalah software FTP Client yang sering disebut sebagai alternatif FileZilla. Aplikasi ini pertama kali rilis pada tahun 2002 dan dikembangkan oleh David V. Kocher dan Yves Langisch. Versi terbarunya adalah Cyberduck 8.3.0 yang rilis pada Maret 2022. Aplikasi ini adalah FTP Client yang bersifat open-source dan dapat Anda gunakan pada sistem operasi MacOS dan Windows. 

Kocher dan Langisch membangun Cyberduck menggunakan bahasa pemrograman Java dan C#. Bagi pengguna, FTP Client yang satu ini tersedia untuk penggunaan banyak bahasa mulai dari Inggris, Prancis, Jerman, Jepang, hingga Bahasa Indonesia.

Populer sebagai software FTP, Cyberduck juga mendukung SFTP, WebDAV, Amazon S3, OpenStack Swift, Backblaze B2, Microsoft Azure, Google Drive, dan Dropbox. Intinya, aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan pengelolaan data di cloud storage yang Anda inginkan. 

Keunggulan Cyberduck

Cyberduck membantu Anda mengelola file dan menjadi jembatan pertukaran file antar komputer dalam jaringan. Aplikasi ini bisa menangani pertukaran data dengan file berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang sangat besar. Prosesnya lebih cepat daripada jika Anda hanya mengunduh atau mengunggahnya langsung tanpa perantara Cyberduck. Apa saja keunggulan lain dari aplikasi ini? Berikut kami bahas selengkapnya. 

  1. Keamanan Terjamin

Cyberduck melindungi semua data yang Anda kirimkan dengan metode enkripsi. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan mengalami kebocoran atau pencurian data. Jika ingin mengakses data tersebut, seseorang harus melalui tahap autentikasi di mana mereka harus memasukkan detail login agar dapat mengakses semua data pada server Cyberduck.

Username dan password yang Anda miliki adalah sebuah pintu untuk membuka direktori file dan membuat Anda bisa menjelajahi data-data yang ada di dalamnya. Keamanan ini diperkuat dengan SFTP dan FTP-SSL. Selain menggunakan username dan password, Cyberduck juga memiliki metode autentikasi yang tidak menggunakan password, yakni dengan SSH Keys. 

  1. Pengiriman Data Memiliki Jadwal

Efisiensi Anda dalam bekerja akan meningkat dengan menggunakan software FTP Client yang tepat seperti Cyberduck. Hal ini karena semua data yang akan Anda kirimkan dapat Anda jadwalkan, sehingga tak akan menyita waktu produktif Anda. 

  1. Ukuran Data Fleksibel

Cyberduck sangat ringan untuk dijalankan, sehingga cukup bisa diandalkan saat mengirim data yang besar sekalipun. Anda bisa mengirimnya dalam waktu cepat tanpa hambatan, hal ini tentunya akan menghemat waktu dan membuat pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien. Anda bisa mengakses berbagai cloud storage menggunakan Cyberduck, salah satunya adalah Object Storage dari IDCloudHost. 

Baca Juga: Cara Akses Object Storage IDCloudHost Menggunakan Cyberduck

  1. Sistem Kontrol yang Handal

Cyberduck berfungsi sebagai sistem kontrol Anda dalam mengelola dan mengakses data-data yang Anda miliki. Anda bisa mengatur hak akses dari semua orang yang memerlukan data tersebut, agar tidak terjadi penyalahgunaan data. Misalnya, Anda mengelola penyimpanan file untuk sebuah sekolah. Tentunya siswa, guru, dan staff memiliki hak akses yang berbeda, bukan? Contohnya, siswa tidak bisa melihat data milik guru dan staff. Staff tidak bisa mengubah data siswa, dan lain-lain. Cyberduck berguna untuk mengatur hak akses ini hanya kepada data-data tertentu saja. 

  1. Backup Otomatis

Anda tak perlu khawatir saat menggunakan Cyberduck karena software ini memiliki fitur backup otomatis. Ketika terjadi sesuatu pada koneksi internet, atau performa komputer Anda, Anda tak perlu takut kehilangan data karena semuanya akan terbackup secara otomatis. Belum lagi aplikasi ini terintegrasi dengan berbagai cloud storage. 

  1. Mudah Digunakan

Cyberduck memiliki fitur File Preview yang memungkinkan Anda untuk melihat file yang ada sebelum mengunduhnya. Hal ini tentunya sangat membantu agar pengguna tidak salah mengunduh file, dan juga bisa lebih hemat space di memory. FTP Client ini juga memiliki fitur yang mendukung drag and drop, sehingga sangat memudahkan pengguna dalam memanajemen file. Selain itu, Cyberduck juga memiliki tahap-tahap instalasi yang mudah dan ringkas. Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan di komputer dengan MacOS atau Windows. 

  1. Penggunaannya Gratis 

FTP Client yang satu ini dikembangkan secara open-source, yang berarti semua orang bebas mengunduh dan mengembangkannya. Saat ini, Cyberduck sudah memiliki cukup banyak pengguna. Sehingga, komunitas penggunanya juga sudah cukup ramai dan bisa membantu Anda mengatasi kendala selama menggunakannya. Walaupun merupakan software open-source, Cyberduck menerima donasi bagi pengguna yang ingin membantu pengembangan software dengan banyak keunggulan ini. 

Baca Juga: Tutorial Cara Akses Server dengan Menggunakan FTP pada NotePad++

Penutup

Begitulah penjelasan tentang Cyberduck, mulai dari pengertian hingga keunggulannya. Apakah Anda tertarik untuk mulai menggunakan software yang satu ini? Software ini merupakan aplikasi open-source dan memiliki keunggulan dan fitur-fitur yang tak kalah menarik dengan software FTP Client lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mempertimbangkan penggunaan Cyberduck, ya!

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image