logo FTP vs SFTP: Mana yang Lebih Baik? - IDCloudHost

FTP vs SFTP: Mana yang Lebih Baik?

FTP vs SFTP: Mana yang Lebih Baik?

ftp vs sftp

Fungsi utama jaringan internet adalah agar komputer-komputer di dalamnya dapat saling bertukar data dengan lancar dan aman. Untuk memungkinkan proses ini terjadi, tentu kita butuh protokol transfer file yang dapat mengatur semuanya. FTP vs SFTP adalah protokol transfer file yang paling umum di dunia. 

Baik FTP maupun SFTP, kedua protokol ini sama-sama berfungsi untuk mentransfer file antar host yang ada dalam sebuah jaringan. Perbedaan mendasarnya adalah, FTP tidak memiliki saluran yang menyediakan keamanan ekstra saat terjadi transfer data. Sementara, SFTP memiliki lapisan soket aman ini. 

Walaupun begitu, FTP masih sangat banyak penggunanya hingga saat ini, padahal SFTP sebenarnya jauh lebih aman. Mengapa demikian? Simak perbandingan FTP vs SFTP berikut ini. 

Baca Juga: FTP (File Transfer Protocol) : Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Apa Itu FTP?

FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol TCP/IP yang mentransfer file dari satu host ke host lainnya. Tampaknya sangat mudah untuk mentransfer file dalam jaringan, tapi sebenarnya ada masalah yang dapat timbul seperti masalah kecepatan, atau file yang korup ketika sampai di penerima. 

Dalam hal ini, protokol transfer file yang satu ini menawarkan solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut. Berbeda dengan aplikasi client-server lainnya, File Transfer Protocol lebih efisien karena memiliki koneksi terpisah untuk data dan perintah. Pada FTP, koneksi kontrol terletak pada nomor port TCP 21 dan memiliki cara kerja lebih sederhana. Sementara itu, koneksi data yang memiliki cara kerja lebih rumit ada pada nomor port 20. 

Saat ini, ada banyak aplikasi FTP yang bisa digunakan dalam jaringan. Salah satu yang paling populer adalah FileZilla, tapi Anda juga bisa menggunakan Cyberduck, WinSCP, dan lain-lain. 

Apa Itu SFTP? 

SFTP adalah singkatan dari Secure File Transfer Protocol. Namun, SFTP juga familiar dengan sebutan SSH (Secure Shell).

Secara umum, SFTP memiliki fungsi dasar yang sama dengan FTP, yakni untuk mengirimkan file dari satu host ke host lain dalam sebuah jaringan. Namun, SFTP menggunakan tunneling dan mengantarkan file melalui SSH, bukannya mentransfernya langsung lewat koneksinya seperti pada FTP. 

SSH sendiri adalah protokol kriptografi yang membuat akses ke server jadi lebih aman. SFTP menggunakan satu saluran dan ketika akan mengirim atau menerima data, Anda harus melakukan autentikasi melalui kunci kriptografi yang ada pada SSH tersebut. Inilah salah satu keunggulan SFTP, yakni meningkatkan lapisan keamanan dalam transfer data pada jaringan. 

Perbandingan FTP vs SFTP

Salah satu hal yang sering dibandingkan antara FTP vs SFTP adalah masalah keamanan, dalam hal ini SFTP menggunakan saluran yang lebih aman untuk mentransfer file. Sementara, FTP tidak menggunakannya dan langsung mentransfer file begitu saja. Hal ini karena saat pertama kali FTP dibuat, keamanan jaringan belum menjadi masalah yang besar seperti sekarang. 

Data yang Anda kirim melalui SFTP akan berpindah dengan aman antar klien karena semuanya terenkripsi. Sehingga, peretas tidak bisa mengganggu transfer data tersebut di tengah jalan dan mencegat data yang sedang dalam pengiriman. 

Bukan berarti FTP benar-benar mengabaikan masalah keamanan, Anda tetap perlu melakukan autentikasi dengan username dan password ketika pertama kali menggunakan protokol transfer file satu ini.

Baca Juga: Cara Upload File ke VPS melalui FTP FileZilla

Namun, enkripsi data seperti yang ada pada SFTP tidak ada, sehingga rawan kejahatan cyber seperti Man in the Middle di mana peretas bisa menguping dan mencuri informasi tersebut dengan berada di tengah-tengah jalur transfer data. 

Hal ini sangat berbahaya jika yang Anda kirim adalah file yang mengandung innformasi penting dan sensitif. Misalnya, data kredensial database Anda, pengaturan penting dari website Anda, data pribadi atau keuangan, dan lain-lain.

Di sisi lain, FTP lebih sederhana dan mudah dipahami oleh pemula. Selain itu, FTP juga lebih mudah untuk dikonfigurasikan sehingga Anda dapat melakukan set up dan mulai mengirim data lebih cepat. 

Baca Juga: Mengenal PuTTY : Aplikasi Remote Server & SSH Client

FTP vs SFTP, Mana yang Sebaiknya Anda Gunakan?

Dalam pengelolaan website, adanya FTP vs SFTP tentunya sangat memudahkan Anda. Selain untuk berkirim file biasa, kedua protokol transfer file ini dapat membantu Anda melakukan remote server, masuk ke dalam layanan hosting dan melakukan pengelolaan file. 

FTP vs SFTP memungkinkan Anda untuk mengganti, menghapus, serta menambahkan file baru untuk website Anda. Diantara kedua protokol ini, kami menyarankan agar Anda menggunakan SFTP/SSH untuk melakukan transfer file atau memanajemen file website karena tingkat keamanannya lebih tinggi. Selamat mencoba! 

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image