Panduan Mengelola Space Hosting dengan Fitur cPanel Ini - IDCloudHost

Panduan Mengelola Space Hosting dengan Fitur cPanel Ini

Promo IDCloudHost

Kurangi Space Hosting
Dalam mengelola space hosting adalah sesuatu yang penting menjadi perhatian. Tak jarang karena kita tidak membersihkan secara rutin, hosting kita berpotensi menjadi boros. Bagi Anda berlangganan layanan hosting murah, tentu hal ini menjadi perhatian. Terutama bagi Anda yang mengunakan control panel cPanel. Ada beberapa fitur yang menjadi perhatian untuk mengatur Kapasitas Hosting Anda. Berikut beberapa fitur pada cPanel yang dapat anda maksimalkan untuk mengelola space hosting Anda.

Baca JugaMengenal Kapasitas (Space) Web Hosting

Anda ingin tahu fitur apa saja yang bisa digunakan untuk mengatur space hosting yang Anda miliki? Beberapa fitur ini harus menjadi perhatian Anda:

Disk Space Usage

Disk Space Usage adalah salah satu fitur untuk melihat besaran kapasitas yang sudah kita gunakan untuk sebuah file tertentu. Dengan fitur ini, kita dapat mengecek bagaimana pembagian dan alokasi penggunaan space sudah maksimal bisa juga melihat file – file mana yang seharusnya tidak memenuhi kapasitas, seperti log history atau email.

Dalam menggunakan fitur ini, kita dapat login cPanel, kemudian menu Disk Space Usage, kemudian tunggu sampai fitur ini selesai menghitung stasistik alokasi kapasitas hosting Anda. Di dalam bagian disk usage, kita akan mendapatkan informasin tentang pemakaian disk space yang digunakan, juga melihat isi folder sub-folder dengan cara klik tombol panah ke bawah dan juga bisa dibuka dengan tab yang baru.

Selain itu fitur di Disk Space Usage Anda dapat membuka dan mengurutkan folder tersebut dengan sesuai nama atau ukuran dengan menggunakan pilihan “Sort Directories by”. Nanti akan beberapa muncul folder dengan urutan nama atau ukuran yang sudah tertera.

File Manager

File Manager adalah sebuah beranda yang memiliki fungsi serupa dengan Windows Explorer. Namun, dalam fitur ini terdapat pada cPanel. Anda dapat membuka direktori file mana yang ingin Anda hapus, edit, akses, upload, dan juga download.

File Manager memang memiliki kemiripan dengan Windows Explorer, sehingga memudahkan Anda dalam mengoperasikannya. Dengan fitur ini Anda dapat membuka direktori file yang harus Anda kelola. Misanya, Anda ingin menghapus email melalui direktori home/user/mail, dan menghapus log history melalui /home/user/tmp.

Baca Juga : Tips Mengatasi Space Hosting yang Tiba-tiba Penuh

Email Account

Bila anda memiliki akun email yang sudah lama tidak aktif. Tidak bisa terhapus begitu saja. Anda harus menghapus email tersebut melalui sebuah fitur yaitu Email Account. Email Account tergantung dari self hosting yang menyediakan.

Ada beberapa terbatas dan juga unlimited. Biasanya email account diterapkan di berbagai kebutuhan, baik itu perusahaan, grup, atau komunitas yang memiliki banyak pengguna. Sehingga masing – masing pengguna diberikan alamat email yang berbeda dengan domain yang sama.

phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web yang kita gunakan untuk melakukan pengelolaan database mySQL dan atau tools yang paling populer untuk mengelola database mySQL. Kita juga akan menemukan tools ini pada cPanel. Tools ini memungkinkan kita untuk melakukan manajemen file.

Anda bisa melihat status phpMyAmin dan melihat detail informasi server dengan tekan tombol status. Anda akan menemukan informasi lalu lintas yang ditangani server mySQL setiap jamnya. Dalam mengeloa space hosting dalam cPanel, memungkinkan Anda menemukan file yang besar, bisa saja karena revision post yang tersimpan pada database. Anda bisa menghapus file-file ini dari salah satu fitur cPanel, yakni phpMyAdmin.

Cara menghapusnya, pertama Anda perlu akses ke phpMyAdmin, selanjutnya pilih database, dan jalankan perintah DELETE FROM wp_posts WHERE post_type = “revision”; pada kolom SQL.

Tips dan trik ini dapat Anda gunakan untuk mengatur space hosting Anda, agar lebih lapang dan terbebas dari file yang tidak kita perlukan. Anda yang berkeinginan untuk membangun website, saatnya hubungi layanan web hosting terbaik Indonesia, yang akan memberikan pelayanan prima dan menyediakan segala kebutuhan website.

Baca Juga : Fitur Cpanel : Resource Usage – Melihat Data Statistik Resource

Kesimpulan

Beberapa fitur – fitur tersebut bisa memaksimalkan space hosting Anda. Sebelum melakukan upgrade hosting atau juga migrasi data. Cobalah senantiasa melakukan pengecekan rutin sebelum melakukan migrasi selain itu dapat memaksimalkan space hosting yang Anda miliki. Namun, bila Anda kesulitan dalam mengelola space hosting.

Anda bisa memilih Layanan Console IDCloudHost yaitu Cloud VPS Anda dengan mudah mengatur kebutuhan space website Anda dengan mudah. Bila Anda kendala teknis berkaitan dengan hosting dan VPS yang Anda miliki. Dapat menghubungi Tim Support IDCloudHost melalui Live Chat dan Ticket. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Cara Reset Password Root MySQL
Cara Instal dan Konfigurasi GIT Pada VPS CentOS
Mengenal SaaS, PaaS, dan IaaS dalam Cloud Computing
Mengenal Terraform : Pengertian dan Cara Kerja
Cara Menambahkan Pembayaran Kartu Kredit Layanan Console