Mengenal Mail Server : Pengertian dan Kegunaan Terlengkap - IDCloudHost

Knowledge Base

Mengenal Mail Server : Pengertian dan Kegunaan Terlengkap

mengenal mail server
 

Anda ingin mengenal mail server. Mari kita simak ilustrasi cerita berikut. Pernah berpikir kenapa Anda mendapatkan email dari orang atau perusahaan dari tempat yang sangat jauh dan memenuhi inbox Anda. Itu artinya Mail Server sedang bekerja. Pada panduan kali ini, kita akan mengenal dan belajar mengenai mengenal mail server dan bagaimana cara kerja dan manfaatnya. Baca lebih lanjut yuk!

Baca Juga : Email Filter : Pengertian dan Cara Kerjanya

Mengenal Mail Server

Apa itu mail server? Mail server merupakan server yang mendapatkan tugas mengirim dan menerima email. Mungkin kita berpikir sepele, tapi sebenarnya proses pengiriman itu melibatkan proses yang kompleks loh.

Ada program yang bekerja untuk mendistribusikan email ke dalam suatu jaringan dan menggunakan internet untuk melayani pengiriman dan penerimaan email melalui jaringan server mail yang sama.

Sejarah Mail Server

Perlu kita tahu, awalnya mail server dikenal sebagai VMailer dan IBM Secure Mailer dan dikembangkan secara aktif hingga Posfix pertama yang diluncurkan pada sekitar tahun 1999

Belakangan ini, mail server berbasis web hosting dan juga cloud semakin berkembang dan dapat mempermudah aktivitas bertukar informasi antar karyawan maupum perusahaan. Terlepas dari itu semua, penggunaan mail server juga meningkatkan citra perusahaan karena alamat email kita gunakan juga sebagai identitas perusahaan.

 

apa itu mail server

Kelebihan Mail Server

Banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan mail server. Terutama bila kita bandingkan dengan platform gratisan seperti Google, Yahoo, atau Hotmail. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Cepat dan Efisien

Penggunaan mail server dapat kita gambarkan seperti menggunakan kendaraan pribadi, prosesnya lebih cepat untuk mencapai tujuan yang berbeda dengan menggunakan kendaraan publik. Begitu juga dalam akses mail server. Mail server akan mempercepat akses email dan data -data Anda atau juga perusahaan Anda.

Kecepatan ini tentunya akan mengguntungan dalam berkomunikasi dengan klien, atau juga antar karyawan dengan komunikasi yang semakin efektif karena mail server hanya digunakan oleh internal perusahaan dan tidak dapat kita gunakan publik.

2. Keamanan dan Privasi Terjaga

Era digital saat ini privasi adalah elemen penting dan juga keamanan data. Investasi mail server artinya anda memiliki jaringan tersendiri yang hanya bisa diakses oleh internal perusahaan.

Adanya keamanan dan privasi adalah hal utama, hal ini berkaitan dengan faktor keamanan karena untuk bisa mengakses orang luar harus mendapatkan autoritas dari pemilik website.

3. Preventif untuk Kerusakan

Salah satu kemudahan dan kelebihan lain yang didapatkan dari mail server adalah keuntungan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah kita. Apabila ada kendala.

Kita tahu bawah layanan Gmail dan penyedia lainnya memiliki jutaan klien yang harus mereka tangani sehari -hari dengan mail server yang dimiliki sendiri permasaahan akan bisa kita selesaikan dengan cepat dengan akses mail server kita miliki.

4. Kelebihan Mengatur Akun

Keberadaan mail server tentunya memudahkan kita mengatur akun email yang semakin mudah. Anda bisa mengkonfigurasikan, pengaturan, hingga maintenance yang sesuai kebutuhan perusahaan atau juga pribadi Anda.

Baca Juga : Manfaat Penggunaan Email dan Cara Membuatnya Secara Gratis dan Cepat

Fungsi Mail Server

Perlu kita pahami bahwa intinya, fungsi mail server ialah sebagai program yang akan membantu mengatur email dapat dikirimkan oleh pengirim sekaligus dapat diterima dengan aman, cepat, dan tanpa kendala dari si penerima email.

Tujuan dari adanya layanan mail server sendiri adalah membuat jaringan transportasi email menjadi lebih lancar tanpa adanya interupsi dari pihak lainnya.

Cara Kerja Mail Server

Perlu Anda ingat, pada prinsipnya, Mail server memiliki dua cara kerja utama yang saling melengkapi, yakni sebagai outgoing server dan incoming sever. Fungsi outgoing server adalah sebagai pengirim email (Sending email) sedangkan incoming server berperan sebagai penerima (receiving email).

Kalau begitu, bagaimana tahapan pengiriman dan penerimaan email bekerja? Karena cara kerja mail server bergantung dari program dan aplikasinya maka secara umum proses pengiriman email melalui TCP/IP bisa dianalogikan seperti gambaran berikut:

Sender >> User agent >> Waiting list email >> MTA >> User mailbox >> User agent >> Receiver.

Dari tahapan sebelumnya, kita dapat melihat pada awalnya email yang telah dikirimkan oleh Pengirim (sender) terlebih dahulu. Selanjutnya akan kita kumpulkan dan simpan menjadi satu dalam database mail server. Filter pengelompokannya sendiri kita pilih berdasarkan tujuan email.

Nah, ketika receiver email membaca pesan dari pengirim email itu artinya penerima sudah mengakses mail server dan membuka pesan yang sebelumnya tersimpan di dalam database mail server.

Baca Juga : Email Filter : Pengertian dan Cara Kerjanya

Penutup

Nah, itulah pembahasan singkat terkait definisi, cara kerja, dan fungsi mail server dalam aktivitas sehari-hari. Apakah Anda sudah mengenal mail server sejauh ini? IDCloudHost juga memberikan layanan mail server yang mudah Anda konfigurasikan secara aman, selain itu fitur email marketing yang murah dengan cloud vps mulai dari 50.000/bulan.  Coba buat akun Anda disini. Tunggu kapan lagi memiliki mail server sendiri untuk bisnis Anda.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update