Operasi Unggah (Upload) File pada File Manager

Operasi Unggah (Upload) File pada File Manager | IDCloudHost

Pendahuluan

Upload merupakan suatu cara untuk mengirim file (contohnya sepert file : gambar, progam, musik, dokumen pdf, dll) dari komputer pribadi ke sebuah sistem Server dan file atau data akan dipublikasikan di internet sehingga data yang telah diupload dapat dilihat dan diambil (download) oleh orang lain atau orang banyak.

Atau definisi Upload yang lainnya adalah suatu proses transmisi sebuah file atau Data dari sebuah sistem komputer pribadi ke sistem komputer yang lainnya (server) dengan arah yang berkebalikan dengan downoad. Dari jaringan internet, user yang melakukan proses upload yaitu proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang meminta file. Singkatnya proses transmisi atau pengiriman file ataupun data, dari komputer pribadi ke jaringan internet.

 

Pengoperasian Unggah (Upload) File pada File Manager

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pengoperasian Unggah (Upload) File pada File Manager :

  1. Untuk melakukannya, masuk kedalam File Manager lalu akses direktori atau folder tempat anda ingin mengupload file anda.
  2. Misalnya anda ingin mengapload file ke direktory pubic_html maka akses direktori public_html dengan mengklik direktori ini pada panel sebelah kiri (directory tree). Lalu klik tombol Upload yang terdapat pada toolbar.
    pengoperasian-unggah-upload-file-pada-file-manager-1
  3. Selanjutnya anda akan dibawa kehalaman berikutnya, klik tombol Choose Files lalu pilih file yang akan anda upload. Setelah anda mengklik tombol Open maka proses upload akan dimulai secara otomatis. Jika proses upload telah selesai, klik menu Back To.
    pengoperasian-unggah-upload-file-pada-file-manager-2

 

Penutup

Mungkin sering kali kita melakukan proses Upload dan Download file atau data. Akan tetapi tidak sedikit dari kita yang yang kurang mengerti apa itu yang dimaksud dengan download dan upload. Tujuan upload yang dilakukan oleh banyak pengguna internet dengan harapan supaya data yang dimilikinya dapat digunakan/dipakai oleh orang lain yang membutuhkan ataupun hanya untuk sekedar pembelajaran saja.

Related Articles

Tutorial Cara Mengaktifkan Fitur SSH untuk Account di WHM
Tutorial Cara Ubah Password cPanel Account di WHM
Tutorial Cara Menghapus cPanel Account di WHM
Tutorial Cara Membuat Package di WHM
Tutorial Cara Membuat Account di WHM
popup image