logo Panduan Instalasi Collabora Office di Cloud VPS IDCloudHost

Panduan Instalasi Collabora Office di Cloud VPS IDCloudHost

Panduan Instalasi Collabora Office di Cloud VPS IDCloudHost

Collabora Online adalah office suite online open source yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi web apa pun, dikembangkan oleh Collabora Productivity, sebuah divisi dari Collabora. Bagaimana cara menginstal Collabora Office di Cloud VPS IDCloudHost? 

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun pada Layanan Console IDCloudHost. Jika belum silahkan daftar dan login di console.idcloudhost.com lalu jangan lupa deposit dan gunakan kode referal / diskon untuk mendapatkan free kreditnya.

  1. Pilih menu App Catalog dari Dashboard Console Anda

  1. Selanjutnya scroll ke bawah sampai menemukan produk Collabora Office, silakan pilih Collabora Office

  1. Proses tersebut akan membuka halaman Create New Resource

  1. Silakan scroll ke bawah, sampai menemukan dan memastikan bahwa yang terpilih adalah Collabora Office dengan versi yang sesuai

  1. Setelah itu, tentukan lokasi server, spesifikasi, Public IP dan network.

  1. Jangan lupa juga mengisi, username dan password yang akan digunakan serta Resource Name yang ingin kita buat.

  1. Langkah berikutnya cek ulang estimasi biaya, apabila dianggap jumlah anggaran masih bisa dinaikan, silakan kembali atur spesifikasi VM anda. Setelah itu pilih billing yang akan digunakan kemudian tekan tombol create.

  1. Setelah VM untuk Collabora Office berhasil dibuat. Kita akan mendapatkan IP Publik seperti gambar berikut. Setelah mengetahui IP Publik pada VM Collabora, kita perlu mensetting domain atau subdomain yang akan digunakan untuk memanggil layanan collabora. Anda dapat mengikuti tutorial https://idcloudhost.com/cara-mengarahkan-domain-ke-a-record-atau-ip-public/ apabila belum pernah melakukan setting domain.

  1. Untuk finalisasi proses instalasi Collabora Office, kita harus masuk ke VM yang telah dibuat melalui ssh. Proses SSH ke server dapat dilakukan melalui menu SSH yang ada pada terminal layanan console IDCloudHost.

  1. Selanjutnya, klik yes jika ada pertanyaan tekan enter. Anda akan lanjut dengan pertanyaan akses root layanan aaPanel Ikuti perintah pada tampilan.

  1. Akan muncul perintah melakukan login. Selanjutnya, isi password yang diminta sesuai yang anda “Create” sebelumnya. Lalu tekan Enter

Catatan:

Password memang tidak tertampilkan ketika kita memasukkan password untuk keamanan.

 

  1. Selanjutnya akan muncul konfirmasi apakah akan menginstall Collabora Office menggunakan wizard, tekan y kemudian tekan Enter.

  1. Kemudian input domain dan email yang akan digunakan untuk layanan collabora. 

Gambar diatas menggunakan contoh domain collabora.aic.my.id dengan email [email protected]

  1. Selanjutnya inputkan user dan password untuk layanan collabora sesuai dengan wizard

Default user adalah admin, namun anda dapat mengganti dengan username yang lain. Untuk isian password tidak ditampilkan terkait keamanan data, setelah menginputkan password tekan tombol enter. Pastikan password dan confirm password terisi sama.

  1. Langkah berikutnya proses pengaktifan SSL untuk HTTPS. Anda dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol “y” lalu tombol “enter”.

Pengaktifan SSL itu tidak diwajibkan, tetapi kami menyarankan agar mengaktifkannya.

  1. Selamat proses instalasi Collabora Office di IDCloudHost telah berhasil, anda dapat memasukkan alamat server collabora kedalam aplikasi Nextcloud pada bagian Setting > Nextcloud Office

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image