Panduan Tutorial Cara Install NodeJS di cPanel

Panduan Tutorial Cara Install NodeJS di cPanel

 

Node.JS merupakan suatu platform yang didesain untuk pengembangan website menggunakan pemrograman javascript. Nah, Node.JS sendiri dapat dieksekusi pada aplikasi server Anda sehingga dapat diakses nantinya melalui browser. Oleh karena itu, kenapa Node.JS dapat menjalankan bahasa pemrograman javascript dari sisi server, sama layaknya bahasa pemrograman website lainnya seperti PHP, Ruby, Perl, dan sebagainya.

 

Tutorial Cara Install NodeJS di cPanel

Berikut ini adalah panduan bagaimana Cara Install NodeJS di cPanel. Pertama, Anda harus login terlebih dahulu ke dalam cPanel dan pilih menu Setup Node.js App kemudian Create New Application untuk membuat Aplikasi baru.

Panduan Tutorial Cara Install NodeJS di cPanel | IDCloudHost
 

Pilih versi yang akan di-deploy sesuai keinginan Anda.

Panduan Tutorial Cara Install NodeJS di cPanel | IDCloudHost
 

Penjelasan mengenai detail yang perlu Anda isi ketika membuat aplikasi NodeJS baru:

  • Node.js Version: Pilih versi NodeJS sesuai yang Anda inginkan, sudah tersedia versi 6, 8, 9 dan 10.
  • Application Mode: Pengaturan konfigurasi untuk Environtment, tersedia Development dan Production, secara default menampilkan Development.
  • Application Root: Pilih directory yang akan dijadikan sebagai tempat utk menyimpan file-file aplikasi.
  • Application URL: Memilih URL untuk dijadikan sebagai alamat agar dapat diakses melalui browser.
  • Application Startup File: File yang dipilih sebagai file awalan, defaultnya dinamakan dengan app.js.

 

NodeJS: Penentuan Application Root dan Application URL

Nah, karena banyak sekali yang salah atau tidak tahu perbedaan dalam menggunakan Application Root dan Application URL, maka kami berkesempatan untuk dapat menjelaskan dengan detail supaya paham dalam penggunaan kedua fungsi tersebut. Jika pada panduan ini kami menggunakan subdomain, yaitu nodejs.cdoktor.web.id yang dijadikan sebagai Application URL, maka untuk Application Root ini sesuai dengan setup awal subdomain, yang dimana saat awal membuat subdomain akan diperlukan penentuan Document Root.

Sehingga, untuk penggunaan URL Subdomain dapat diluar public_html/ maupun di dalam public_html/, sesuai dengan Document Root pembuatan subdomain. Sedangkan untuk penggunaan URL Page/Halaman, seperti contoh: cdoktor(dot)web(dot)id/nodejs maka Application Rootnya harus berada di dalam public_html/.

Mengapa demikian? Karena, page/halaman itu dapat diakses jika directorynya ditempatkan di dalam public_html/. Jika Anda menggunakan URL Page/Halaman namun Application Rootnya diluar public_html/ maka tidak dapat diakses, akan muncul error 404 Not Found. Setelah dilakukan Create, maka cobalah akses URLnya.

Panduan Tutorial Cara Install NodeJS di cPanel | IDCloudHost
 

Secara default, aplikasi yang fresh-install akan menampilkan konten It works dengan menginfokan versi aplikasi yang digunakan.

Related Articles

Tutorial Cara Install RunCloud di Server VPS
Tutorial Cara Mendaftar dan Mengaktifkan Google G Suite for Education [Lengkap]
Tutorial Mengarahkan Domain ke Server (VPS/Dedicated Server)
Tutorial Cara Menggunakan XAMPP untuk Menjalankan PHP & MySQL
Membuat Email Domain Sendiri dengan Zoho Mail
popup image