logo Apa Itu Visual Code Studio? Fitur dan Keunggulannya - IDCloudHost

Apa Itu Visual Code Studio? Fitur dan Keunggulannya

Apa Itu Visual Code Studio? Fitur dan Keunggulannya

software code editor visual code studio adalahSoftware code editor adalah hal yang merupakan kebutuhan wajib bagi setiap orang yang sedang mengembangkan aplikasi. Namun, tidak semua code editor memiliki fitur yang lengkap. Sehingga, Anda tidak cukup menginstall satu software saja. Visual Code Studio adalah salah satu software code editor yang kami rekomendasikan karena fitur-fiturnya yang lengkap. 

Code editor yang satu ini sangat banyak penggunanya di kalangan para programmer dan mulai populer belakangan ini. Fitur-fitur apa saja yang ada pada Visual Code Studio? Dalam artikel ini, kita akan mengulas software pemrograman yang satu ini hingga tuntas. Simak penjelasan lengkapnya, ya. 

Baca Juga: Rekomendasi Programming Language/Bahasa Pemrograman Terbaik 2022

Apa Itu Visual Code Studio? 

Visual Code Studio merupakan software code editor yang bisa Anda gunakan pada perangkat dengan OS MacOs, Linux, maupun Windows. Code editor yang satu ini pengembangnya adalah salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia, Microsoft. Sebagai software code editor yang handal, Visual Code sangat ringan saat Anda menggunakannya. Software ini bisa Anda gunakan untuk mengedit kode dari banyak macam bahasa pemrograman, mulai dari JavaScript, TypeScript, hingga Node.js. 

Tidak hanya itu, Visual Code Studio juga mendukung bahasa pemrograman lain seperti PHP, Python, Java, dan .NET. Hal ini karena Visual Code Studio memiliki ekosistem yang luas dan extension yang banyak. Tak heran kalau software code editor yang satu ini merupakan yang paling populer di kalangan developer. Terbukti penggunanya mencapai 71% menurut survey dari Stack Overflow, jumlah ini adalah yang terbanyak bila kita bandingkan dengan code editor lainnya. 

Fitur-fitur Visual Code

Software visual code studio memiliki beberapa fitur menarik. Apa saja kira-kira fitur tersebut dan kegunaannya bagi pengguna? Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

1. Basic Editing

Sebagai code editor, fungsi utama dari Visual Code Studio adalah untuk menuliskan kode-kode atau coding. Software ini memenuhi semua kebutuhan Anda, mulai dari fitur Column Selection, Multiple Selection, hingga Keyboard Shortcuts yang dimilikinya. Dalam code editor ini juga terdapat fitur Auto Save dan Hot Exit yang berfungsi menyimpan file secara otomatis. Dengan menggunakannya, Anda tak perlu khawatir lupa menyimpan file dan kehilangan semua progress ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya laptop error atau aplikasi tidak merespon.

2. IntelliSense

Fitur Visual Code Studio yang satu ini akan membantu para developer untuk coding lebih cepat. IntelliSense bekerja dengan cara memberi saran keseluruhan kata berdasarkan perintah yang ada ketik, sistem ini mirip dengan Autocomplete. Sebenarnya, IntelliSense hanya tersedia untuk bahasa pemrograman yang umum dan populer seperti JavaScript, TypeScript, JSON, HTML, dan CSS. Namun, Anda bisa  menambahkan bahasa pemrograman lain dengan mengunduh fiturnya pada Extension Marketplace yang tersedia.

3. Debugging

Fitur visual code studio lainnya adalah debugging. Fitur yang satu ini berfungsi untuk membantu Anda dalam mengeksekusi, mengedit, dan mengcompile sebuah kode secara berulang-ulang atau biasanya disebut looping. Visual code studio mendukung fitur debugging untuk platform Node.js secara default. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa melakukan debugging untuk bahasa pemrograman lain dengan mengunduh extensionnya melalui extension marketplace.

4. Extension Marketplace

Extension Markeptplace adalah fitur unggulan dari visual code studio yang tidak terdapat di software code editor yang lain. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menginstal berbagai tools pendukung dari bahasa pemrograman yang Anda gunakan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan bahasa pemrograman tambahan. Hal ini tentu saja membuat proses software development lebih mudah dan efisien. Selain itu, Anda tak perlu menginstal banyak code editor jika ingin menggunakan bahasa pemrograman lainnya.

5. Github Integration

Fitur lainnya dari Visual Code Studio adalah Github Integration. Github adalah platform untuk memanajemen proyek pemrograman terbesar di dunia. Banyak developer yang menggunakan platform ini untuk saling berkolaborasi. Dengan menggunakan code editor yang satu ini, Anda tidak perlu berganti software jika ingin menggunakan Github. Visual Code sudah terintegrasi dengan Github, sehingga Anda hanya perlu menginstall tools Issues dan Github Pull Request saja untuk mulai menggunakannya. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu GitHub dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Keunggulan Visual Code 

Sebagai software code editor paling populer saat ini, Visual Code memiliki banyak keunggulan. Keunggulan inilah yang menjadi alasan banyak developer mengandalkannya untuk membangun software. Apa saja yang menjadi keunggulan Visual Code Studio? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya. 

1. Performa yang Cepat

Visual Code Studio bisa Anda gunakan di berbagai perangkat, karena aplikasi ini sangat ringan dan sederhana. Bahkan, ketika Anda menginstal banyak extension di dalamnya, Visual Code Studio tetap bisa memiliki performa optimal. Aplikasi yang satu ini sudah teroptimasi sedemikian rupa agar banyaknya pekerjaan atau extension yang tersimpan di dalamnya, tidak akan terlalu berpengaruh pada kinerjanya. 

2. Bisa Digunakan Secara Gratis

Code editor ini dikembangkan secara open-source. Karena itu, Anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya, cocok bagi yang masih baru belajar pemrograman dan masih menghemat biaya. Selain itu, karena dikembangkan secara open-source semua orang jadi bisa berkontribusi untuk pengembangan Visual Code. Aplikasi yang satu ini pun jadi bisa terus berkembang dengan berbagai extension baru dan bug yang sudah terminimalisir. 

3. Multi-platform

Walaupun pengembangnya adalah Microsoft, tapi Visual Code Studio mendukung penggunaan di berbagai platform. Mulai dari MacOS, Linux, hingga Windows. Hal ini tentu membuat proses pengembangan software jadi lebih efisien, karena Anda bisa bekerja melalui perangkat apapun tanpa kendala. 

4. Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Visual Studio mendukung penggunaan berbagai bahasa pemrograman. Ia juga memiliki banyak teknologi terbaik untuk memfasilitasi proses pengembangan software di dalamnya. Salah satu contohnya adalah Electron yang berguna untuk Node.js dan JavaScript, serta Monaco Cloud Editor yang mendukung HTML, .NET, Roslyn, dan lain-lain. 

5. Fitur Lengkap

Visual Code Studio memiliki banyak fitur yang membuatnya unggul dibandingkan aplikasi code editor yang lain. Salah satu fitur paling menonjol adalah Extension Marketplace yang sudah kita bahas sebelumnya. Extension ini mendukung pengguna untuk mengunduh fitur-fitur tambahan secara bebas. 

Baca Juga: Tips Menjadi Full Stack Developer dan Daftar Skill yang Harus Dikuasai

Siap Menggunakan Visual Code Studio?

Visual Code Studio adalah software code editor yang memiliki sangat banyak pengguna di seluruh dunia. Keunggulannya adalah berbagai fitur yang menarik dan unik, seperti IntelliSense dan Extension Marketplace. Anda yang sedang mempelajari pemrograman dan berniat untuk menekuni bidang yang satu ini wajib menginstal software code editor yang handal seperti Visual Code Studio untuk dapat membangun aplikasi sesuai harapan. 

Jika aplikasi sudah selesai, Anda tentu membutuhkan layanan hosting agar aplikasi tersebut bisa digunakan oleh banyak orang dan semakin berkembang. Salah satu layanan hosting yang dapat Anda gunakan adalah Cloud VPS dari IDCloudHost yang handal dan memiliki performa optimal, juga fleksibel secara biaya dengan sistem pay as you grow. Selamat mencoba!

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image