Pengertian Storyboard Beserta Fungsi & Aplikasinya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Membuat video bisa menjadi pekerjaan yang rumit karena ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum memulai mengambil gambar. Seperti Anda harus membuat alur cerita, mengelola banyak detail kecil, dan memutuskan cara mengedit keseluruhan scene yang Anda ambil sehingga menghasilkan produk yakni video akhir. Untungnya, ada alat dan metode yang dapat mempermudah setiap aspek pembuatan video yaitu papan cerita atau storyboard.

Jadi bagi mereka yang awam pasti tidak memahami apa itu storyboard dan fungsi pentingnya dalam produksi video maupun film. Membuat papan cerita storyboard sebenarnya menyederhanakan setiap tahap pembuatan video. Anda akan dapat merencanakan dengan lebih efektif, menyampaikan ide Anda kepada orang lain dengan lebih jelas, dan menghindari masalah selama produksi.

Jika Anda membuat video bisnis atau pemasaran apa pun, storyboard adalah keterampilan penting yang harus Anda kuasai. Semua babak demi babak yang dirajut menjadi keseluruhan video harus dilakukan berdasarkan storyboard tadi. Sehingga bisa dikatakan sebuah storyboard adalah panduan dan guideline bagi siapa saja yang ingin memproduksi sebuah video dan film.

 

Pengertian Apa Itu Storyboard

Sebuah storyboard adalah garis besar visual dan panduan untuk video Anda. Umumnya storyboard terdiri dari serangkaian gambar mini yang menyampaikan apa yang terjadi dalam video Anda, dari awal sampai akhir. Selain juga mencakup catatan tentang apa yang terjadi di setiap bingkai yang akan terlihat seperti panel komik dengan penjelasan di setiap bingkai scene-nya.

Storyboard sendiri bisa terlihat atau dibuat sederhana atau kompleks. Gambar biasanya dibuat dengan tangan, meskipun beberapa orang lebih suka menggunakan perangkat lunak atau aplikasi storyboard khusus untuk membuat gambar mereka. Secara prinsip, storyboard mirip dengan skrip, tetapi keduanya tidak persis sama mengingat storyboard bercerita dan bersifat visual, sedangkan skrip berbasis teks.

 

Fungsi Pembuatan Storyboard

Pengertian Storyboard Beserta Fungsi & Aplikasinya
 

Storyboard Anda tidak hanya memandu Anda melalui proses produksi video tapi juga membuat proses produksi video lebih mudah, lebih murah, dan lebih menyenangkan. Berikut ini beberapa fungsi lainnya :

 

  • Hindari Kesalahan dan Biaya yang Tidak Diinginkan

    Kesalahan produksi video bisa jadi mahal untuk diperbaiki. Dengan storyboard, Anda mungkin masih mengalami trial and error hingga mencapai hasil yang diinginkan. Tetapi biaya untuk memperbaikinya jauh lebih murah karena satu-satunya hal yang perlu Anda investasikan pada tahap ini adalah waktu dan pemikiran kreatif Anda.

  • Visualisasikan Video Masa Depan

    Dengan adanya storyboard di depan Anda, Anda dapat dengan jelas melihat bagaimana video Anda akan dibuat. Terlebih lagi, Anda akan dapat langsung melihat bingkai yang Anda sukai atau sesuai dan bingkai mana yang perlu dipikirkan ulang. Anda bahkan dapat dengan mudah membuat beberapa papan cerita untuk ide yang sama, membandingkannya, dan membuat keputusan yang tepat untuk apa yang berhasil bagi pemirsa Anda. Dalam hal ini, storyboard mungkin menjadi satu cara lagi untuk memvalidasi ide Anda tanpa menghabiskan terlalu banyak sumber daya.

  • Mempermudah Proses Produksi

    Dasarnya, sebuah storyboard berfungsi seperti peta jalan. Dengan itu, Anda memiliki visi yang jelas tentang apa yang harus dibuat dan dianimasikan selangkah demi selangkah. Ini menghemat waktu karena Anda tahu ke mana Anda akan pergi, dan tidak ragu bahwa Anda berada di jalur yang benar.

  • Meningkatkan Kolaborasi Tim Kreatif

    Sebagian besar alat digital untuk papan cerita memungkinkan berbagi dan kolaborasi tim. Selain itu, tahap pembuatan storyboard adalah waktu yang tepat untuk menyarankan ide-ide kreatif baru, kemudian mendiskusikan dan mencobanya. Dalam proses pengembangan storyboard, Anda dan tim dapat membuat, menyarankan, meningkatkan, membantah, dan menyingkirkan bingkai scene yang tidak sesuai hingga mencapai hasil terbaik.

  • Menarik Investasi

    Karena storyboard adalah representasi visual dari film atau video masa depan, Anda dapat menunjukkannya kepada calon investor dan mereka akan segera mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang akan mereka danai. Terlebih lagi, ini tidak memerlukan biaya yang signifikan dari Anda karena ide hebat Anda dapat dijelaskan bahkan dengan menggunakan kertas dan pensil.

 

Baca Juga  :      Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

 

3 Jenis Storyboard

Storyboard datang dengan gaya yang berbeda dan pada dasarnya terbagi menjadi tiga jenis. Berikut ini beberapa jenis storyboard yang biasa dipakai dan ditemukan dalam membantu membuat sebuah produksi video.

 

  • Storyboard tradisional

    Tipe storyboard tradisional adalah saat sketsa digambar dengan pensil di atas kertas. Pendekatan ini digunakan pada awal produksi video dan industri film ketika alat lain tidak ada. Misalnya, papan cerita pertama Mickey Mouse dibuat secara manual yakni dengan cara menggambar bingkai frame diatas kertas.

  • Thumbnail

    Jenis ini menyiratkan gambar yang sangat detail dari setiap bingkai demi bingkai. Storyboard jenis ini sangat detail dan dipikirkan sehingga proses produksinya menjadi sangat mudah untuk diikuti dan dilaksanakan.

  • Digital

    Digital storyboard dibuat dengan perangkat lunak khusus yang adalah pendekatan modern yang memungkinkan Anda memulai dari papan cerita sederhana untuk menggambarkan ide pertama, lalu menambahkan lebih banyak detail dengan menambahkan sulih suara dan elemen lainnya.

 

Baca Juga  :     Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah

 

Software dan Aplikasi Pembuat Storyboard

Pengertian Storyboard Beserta Fungsi & Aplikasinya
 

Ada berbagai perangkat lunak dan aplikasi pembuat storyboard di pasaran, mulai dari perangkat lunak dengan karakter prasetel hingga perangkat lunak storyboard profesional yang membutuhkan keterampilan menggambar. Anda dapat menemukan semuanya mulai dari perangkat lunak berlisensi tradisional hingga solusi berbasis web hingga aplikasi seluler. Berikut ini daftar beberapa aplikasi pembuat storyboard yang dapat diunduh dan dicetak.

 

  • FrameForge

    Aplikasi ini menawarkan berbagai bundel paket fitur, masing-masing dengan kompleksitas dan harga yang meningkat. Semua level termasuk kamera virtual yang akurat secara optik. Paket premium memungkinkan pengguna untuk menentukan spesifikasi peralatan yang tepat untuk boneka & crane, pencahayaan yang tepat, perhitungan untuk posisi matahari, laporan, dan lainnya.

  • ShotPro

    Bagi para pengguna iPad, ShotPro adalah solusi untuk membuat papan cerita atau pra-visualisasi dengan mudah. Tambahkan sensor struktur dan Anda dapat memindai objek dunia nyata, lokasi, dan orang untuk diimpor sebagai objek 3D ke papan cerita Anda.

  • Power Production

    Power Production menyediakan beberapa solusi storyboard, masing-masing dengan kompleksitas yang berbeda-beda. Aplikasi ini menawarkan karakter dan preset yang dapat disesuaikan untuk lokasi dan properti. Selain juga menawarkan impor skrip, animasi karakter, dan integrasi lainnya.

  • StoryBoardPro

    Salah satu penyedia aplikasi pembuat storyboard gratis, StoryBoardPro adalah solusi berbasis web lain yang tidak memerlukan keterampilan menggambar atau membuat sketsa. Anda dapat membuat adegan dengan mengimpor video, foto dan suara, dan menambahkan catatan pada masing-masing bingkai.

  • Adobe Photoshop

    Jika Anda sudah memiliki Adobe Photoshop, pertimbangkan untuk membuat sketsa adegan Anda dan melayernya pada gambar yang sebenarnya. Anda dapat membuat banyak jenis papan cerita yang berbeda di photoshop, dan kemudian menggunakan program perakitan untuk mengatur dan membagikan bidikan frame cerita Anda.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Kesimpulan dan Penutup

Papan cerita atau storyboard adalah alat yang digunakan untuk memvisualisasikan proyek video Anda dari gambar demi gambar sebelum menyusunnya scene demi scene sebagai panduan membuat video. Sebuah proyek yang memulai proses pra produksi dengan membuat papan cerita lebih cenderung mengesampingkan kesalahan yang dapat diakibatkan oleh miskomunikasi selama produksi.

Buat storyboard Anda secara online atau offline menggunakan salah satu perangkat lunak storyboard terbaru, aplikasi storyboard, dan iPad stylus yang bisa Anda unduh di internet. Meski awalnya storyboard dibuat lebih konvensional dengan menggunakan gambar pensil di atas kertas, apa pun pilihan Anda dalam membuat dan menyusun storyboard, ini adalah elemen penting sebelum Anda memulai proses shooting video Anda nantinya.

Related Post :

popup image