Perbedaan Job Deskripsi, Kualifikasi, dan Tanggung Jawab pada Recruitment Pekerjaan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Seorang pencari kerja pastinya dituntut untuk mengikuti persyaratan calon recruitment pekerjaan dari perusahaan terkait, namun tidak sedikit yang bingung tentang informasi yang diperolehnya lewat online, media cetak bahkan situs pencari kerja. Kadang kala perusahaan maupun tim HRD memasang iklan lowongan perkerjaan yang sering kali memuat informasi tentang job description dan job specification, istilah ini tidak semua orang paham dan akan membingungkan bagi yang belum memahaminya.

Masing-masing perusahaan umumnya mempunyai seorang pekerja dengan tugas menjalankan recruitment pekerjaan terhadap calon karyawan barunya. Bagian ini umumnya dipegang HRD, saat HRD pada perusahaan itu memberikan informasi salah berkaitan dengan lowongan kerja tersebut tentunya akan membuang waktu bahkan tenaga baik untuk HRD juga calon karyawan. Sebelum Anda melamar di sebuah perusahaan ada baiknya, pahami dahulu makna dari job description dan job specification yang diberikan oleh perusahaan sebaik mungkin.

Saat Anda paham, artinya anda bisa memenuhi persyaratan perusahaan juga bisa menganalisis bagaimana tugas yang akan dikerjakan, bagaimana kesulitan pekerjaan itu. Pada dasarnya job description dan job specification merupakan dua hal yang beda. Job deskripsi secara garis besar menjelaskan bagiamana tugas serta tanggung jawab yang harus dijalankan oleh karyawan baru ketika sudah masuk dan menjadi jajaran devisi tersebut. Sedangkan untuk job spesifikasi merupakan persyaratan juga kemampuan atau skill yang dibutuhkan perusahaan dan wajib dipenuhi oleh calon karyawan ketika mengikuti recruitment pekerjaan.

 

Pengertian Job Deskripsi Pada Recruitment Pekerjaan

Job deskripsi atau sering disebut job desk merupakan sebuah bagian maupun catatan yang di dalamnya menjelaskan serta memberikan gambaran umum berkaitan dnegan pekerjaan yang akan dijalankan. Kata lainnya, job deskripsi memiliki fungsi menjelaskan bagaimana tugas, tanggung jawab juga wewenang yang nantinya dipergang pada jabatan tertentu secara garis besarnya.

Sebuah bob deskripsi menjelaskan tentang bagaimana gambaran sederhananya berkaitan dengan pekerjaan yang dilaksanakan dalam departemen maupun divisi. Maka, job deskripsi tidak akan menjelaskan bagaimana tugas yang dijalankan oleh karyawan secara rinci yang memiliki tujuan guna memberikan sebuah pemahaman dasar berkaitan dengan bagaimana sebuah divisi juga department berkerja. Hal ini begitu berguna untuk meghindari terjadinya bentuk kesalahpahaman tugas juga pekerjaan yang diterima nantinya.

Dalam job deksripsi, orang yang ikut recruitment pekerjaan diharuskan mengetahui bagaimana tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan saat mereka diterima dan bekerja pada perusahaan tersebut. Tugas dan tanggung jawab biasanya berhubungan dengan devisi terkait, apa yang harus mereka jalankan dengan sebaik mungkin, mereka penuhi sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan lancar baik di devisi tersebut juag di perusahaan secara keseluruhan.

 

Baca Juga :     Profesi Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Pengertian Job Specification Recruitment Pekerjaan

Perbedaan Job Deskripsi, Kualifikasi, dan Tanggung Jawab pada Recruitment Pekerjaan
 

 

Sedangkan untuk job specification merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pencari kerja pada recruitment pekerjaan supaya dapat masuk serta menduduki jabatan di perusahaan tersebut. Persyaratan ini umumnya diberikan perusahaan supaya nanti karyawan baru yang bisa menduduki posisi tersebut bisa menjalankan pekerjaan dengan baik dan penuh tanggung jawab, menjalankan semua tugas yang diberikan oleh perusahaan.

Job specification umumnya berisi tentang persyaratan pengalaman kerja yang dimiliki calon pelamar pekerjaan, minimal jenjang pendidikan, jenis kelamin, usia, juga keahlian baik dalam keahlian secara rinci misalkan bisa menggunakan aplikasi di computer juga keahlian umum misalkan bisa berkomunikasi dengan baik, teliti, dan disiplin. Setelah memberikan berbagai standart di job specification, calon pekerja bisa menimbang serta menilai apakah kemampuan mereka sanggup memenuhi persyaratan yang diajukan atau malah sebaliknya. Pada job spesifikasi ini Anda bisa mengenali kemampuan apa yang Anda miliki, jadi Anda bisa memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan cara yang bisa dilakukan adalah :

 

  • Menilai dari sisi kognitif

    Anda dapat mulai menggali kemampuan berpikir, baik secara logis juga idealis dengan lebih banyak lagi. Berusaha selalu terbuka dengan hal juga pengalaman yang baru, cari pemaham yang baru yang berhubungan dengan penambahan wawasan juga kajian intelektualitas diri Anda.

  • Menilai dari sisi afektif

    Berusahalah dalam menguasai kondisi emosional diri anda, tingkatan kemampuan dalam mengontrol fluktuasi emosi. Jadi, saat dihadapkan dengan masalah atau konflik pada pekerjaan yang anda kerjaan, emosi tidak gampang meluap, maka anda bisa berpikir tenang dalam mencari solusi permasalah tersebut.

  • Menilai dari segi konatif

    Mengenal passion yang ada miliki. Berusahalah dalam mengarahkan hasrat juga keingnan dalam memperoleh hasil akhir yang diinginkan. Pelajari dengan baik-baik apa yang menjadi keinginan Anda dan jangan sampai terjebak, prioritaskan keingnan sesuai serta sejalan dengan kemampuan juga minat Anda.

 

Kemungkinan besar Anda bisa melihat apakah diri Anda bisa masuk dalam spesifikasi yang dibutuhkan perusahaan atau tidak. Sebab, kemampuan tersebut yang menilai diri Anda dan perusahaan nanti yang akan mengetesnya.

 

Baca Juga :      Profesi Content Writer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Perbedaan Job Description Dan Job Specification Pada Recruitment Pekerjaan

Secara garis besar dan umum, job description dan job specification adalah dua hal yang berbeda. Untuk mengetahui dan membedakannya, Anda bisa melihat penjelasan dibawah :

 

Job description

  • Menjelaskan tentang bagaimana karyawan menjalankan tugas maupun pekerjaan yang akan dilakukan.
  • Menjelaskan tentang informasi tempat bekerja, waktu bekerja, tanggung jawab yang harus dijalankan, hingga gaji.
  • Menjelaskan apa yang perlu dan wajib dijalankan oleh karyawan dalam pekerjaan tersebut.

 

Job specification

  • Isinya persyaratan juga kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Berisikan informasi tentang persyaratan misalkan, umur, kualifikasi, juga pemgalaman kerja yang dimiliki oleh calon karyawan.
  • Menjelaskan tentang syarat juga criteria pada perusahaan yang dilamar tersebut.

 

Baca Juga :      Profesi Admin : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi dan Tanggung Jawabnya

 

Contoh Job Description dan Job Specification Pada Recruitment Pekerjaan

Perbedaan Job Deskripsi, Kualifikasi, dan Tanggung Jawab pada Recruitment Pekerjaan
 

Job description selalu disertakan dalam setiap lowongan kerja. Berikut ini salah satu contoh job description dan job specification yang biasa diterbitkan oleh perusahaan dalam mencari calon karyawan.

 

  • Contoh job description

    Jabatan yang dibutuhkan : Manajer Pemasaran
    Deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan :
    1) Bertanggung jawab serta bisa mengatur juga mengakomodir kegiatan distribusi produk di perusahaan.
    2) Menjalankan penjualan produk perusahaan.
    3) Merancang segala perencanaan pemasaran juga penjualan produk.
    4) Menerapkan berbagai stratagi dalam memasarkan produk perusahaan kepada masyarakat luas.

  • Contoh job specification

    Kualifikasi Manajer Pemasaran yang dibutuhkan perusahaan :
    1) Laki-laki maupun perempuan
    2) Minimal pendidikan S1 Manajemen.
    3) Maksimal berusia 27 tahun.
    4) Berpengalaman pada bidangnya pemasaran minimal selama 3 tahun.
    5) Mampu berbahasa Inggris baik aktif atau pasif.
    6) Terbiasa menangani kegiatan distribusi penjualan.
    7) Bersedia ditempatkan di seluruh cabang.

 

Baca Juga :      Profesi Sales Marketing : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan contoh di atas jelas kalau job deskripsi yang harus dipenuhi oleh calon karyawan adalah nomor 1 hingga 4. Maka orang yang mengikuti recruitment pekerjaan diharuskan memenuhi hal tersebut, jika tidak lebih baik memenuhinya terlebih dahulu. Sedangkan untuk job specification adalah fakta yang ada dalam diri Anda, jadi Anda tidak bisa memanipulasi data dan informasi.

Namun, ada yang bisa Anda perbaiki dalam kualifikasi yakni, misalkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, komunikasi, dan lainnya ini bisa Anda asah, jadi Anda tetap bisa memiliki kesempatan. Namun, untuk nama, jenis kelamin, juga usia adalah hal yang bisa dirumah dan wajib diikuti. Semoga pembahasan tentang perbedaan job description juga job specification di atas, akhirnya bisa membedakan apa yang perlu disiapkan dan dibutuhkan dalam sebuah recruitment pekerjaan yang Anda ikuti.

Related Post :