Profesi Sales Marketing : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

Business, Marketing / 0 | | 0

Profesi sales marketing sesungguhnya merupakan dua hal yang berbeda. Namun, selama ini masyarakat menganggapnya sama. Terlebih dari itu antara sales dan marketing memang suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sales jika dirujuk pada berbagai literature sesungguhnya adalah jenis kegiatan pemasaran baik pemasaran barang maupun jasa secara langsung dan tidak langsung dengan tujuan penjualan. Sedangkan marketing lebih dominan pada proses analisa pasar untuk promosi agar barang / jasa dibeli oleh konsumen.

Adapun keduanya sebagai suatu kesatuan adalah dikarenakan sales akan selalu butuh tim marketing untuk mendukungnya membuat konsep menarik agar lebih mudah dalam menjual barang/jasa, adapun marketing memerlukan sales untuk merealisasikan ide dan konsepnya untuk menjual barang dan jasa di lapangan. Karena alasan itulah dua profesi tersebut, sales dan marketing memiliki tujuan satu yakni pemasaran produk dan jasa dan karenanya banyak sekali perusahaan yang menempatkan dua jenis profesi ini menjadi satu dan sama.

Dewasa ini, banyak ditemui fresh graduate atau lulusan baru sangat menghindari lowongan kerja profesi sales marketing dengan berbagai alasan seperti malu dan canggung ketika bertemu dengan banyak orang baru adalah alasan terbesar anak muda saat ini. Agar hal tersebut tidak terjadi, harus pahami segela sesuatu tentang profesi sales marketing pada ulasan di bawah ini.

 

Job Deskripsi dari Profesi Sales Marketing

Setiap pegawai yang menempati posisi dalam perusahaan memiliki perbedaan kemampuan ketika menjalankan perannya. Termasuk pegawai dengan posisi profesi sales marketing. Dengan demikian, informasi mengenai job deskripsi harus tersampaikan dengan jelas agar kinerja pegawai terfokus serta tidak menimbulkan kerancuan.

Job deskripsi sales marketing antara lain sebagai berikut :

 

  • Melakukan perencanaan produk

    Hal awal yang sangat penting dilakukan adalah perencanaan supaya penjualan bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

  • Melakukan analisa pasar

    Hal ini masih berkaitan dengan yang pertama, setelah mengetahui keadaan pasar selanjutnya akan lebih mengetahui minat para konsumen atas produk yang dibutuhkan.

  • Menetapkan dan menentukan harga produk

    Strategi yang cocok digunakan adalah dengan menawarkan dengan harga rendah terlebih dahulu agar dapat menarik minat para konsumen.

  • Melakukan perencanaan promosi

    Bisa dilakukan dengan publikasi melalui internet, TV, radio maupun sosial media lainnya. Bentuk promosi lainnya bisa berupa pemberian bonus.

 

Salah satu faktor pendukung kesuksesan perusahaan adalah penjualan cepat yang dilakukan profesi sales marketing. Hal ini bisa dicapai secara maksimal apabila sales marketing bekerja sesuai dengan job deskripsinya. Tanpa adanya job deskripsi, pekerjaa akan sangat kebingungan terhadap tindakan apa yang sehiarusnya dijalankan.

 

Baca Juga :     Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Bisnis Online

 

Tugas dari Profesi Sales Marketing

Kemampuan seorang berprofesi sales marketing dalam berkomunikasi dengan orang lain menggunakan sikap dan bahasa yang santu merupakan suatu kewajiban. Mengingat sales marketing bertugas secara langsung dengan berinteraksi kepada para konsumennya. Adapun tugasnya antara lain sebagai berikut ini :

 

  • Mencari target konsumen dengan aktif. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menumbuhkan rasa ingin tahu konsumen, mengenali karakteristik mereka dan mempromosikan di tempat yang berebda.
  • Melakukan perekapan data dari hasil penjualan yang telah berhasil dilakukan. Hal ini sangat penting karena bermanfaat untuk memudahkan pihak lain ketika melakukan analisis. Rekap data juga befungsi dalam penilaian ketepatan strategi.
  • Memberikan jaminan kepuasan kepada para konsumen. Hal ini sangat berguna untuk meyakinkan para konsumen dan sebagai langkah untuk mengantisipasi adanya kerugian.
  • Menggaet pihak yang lain (mitra kerja). Mencari mitra kerja adalah salah satu trik agar proses penjualan semakin cepat.
  • Melakukan penyusunan strategi lebih lanjut. Hal ini dilakukan apabila cara-cara dan strategi penjaulan dari perusahaan tidak mampu untuk mencapai target

 

Kunci besar kecilnya pendapatan perusahaan sangat ditentukan oleh yang keberhasilan sales marketing dalam melakukan penjualan. Cepat atau lambat kinerja sales marketing akan memberikan pengaruh dan dampak terhadap proses produksi.

 

Baca Juga :      Mengenal Apa Perbedaan Sales & Marketing dalam Bisnis / Perusahaan

 

Kualifikasi dari Sales Marketing

Menjadi seorang dengan profesi sales marketing harus memenuhi beberapa persyaratan atau kualifikasi yang sudah ditentukan oleh kebijakan dari perusahaan. Di bawah ini beberapa syarat untuk bisa menjadi seorang sales marketing antara lain :

 

  1. Pria / wanita
  2. Berusia maksimal 30 tahun
  3. Pendidikan minimal SMA/ K / sederajat.
  4. Memiliki Good looking
  5. Jujur
  6. Siap bekerja sesuai dengan target
  7. Mampu bekerja baik secara individu maupun dalam tim
  8. Mempunyai interpersonall skill

 

Selain beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi sebagaimana yang telah tercantum di atas, seorang sales marketing harus memiliki skill sebagai ujung tombak untuk menunjang pemasaran barang dan jasa. Skill yang harus dimiliki meliputi : public speaking, teliti, mengikuti trend perkembangan zaman, inovatif, kreatif, dan tidak mudah putus asa.

 

Baca Juga :      Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

 

Tanggung Jawab dari Profesi Sales Marketing

Promosi pun harus terus digencarkan secara berkala oleh profesi sales marketing supaya konsumen lama tetap bertahan dan dapat menarik konsumen yang baru. Promosi bisa dilakukan dengan cara mewujudkan keinginan lebih dalam diri para calon konsumen agar penjualan lebih cepat terlaksana.

Namun demikian, ada tanggung jawab sales marketing ketika melakukan pemasaran produk yakni sebagai berikut :

 

  • Menentukan Harga Baru. Hal ini tidak bisa sembarangan dilakukan sehingga butuh riset dengan cara melakukan perhitungan guna mengetahui harga produk yang sejenis dengan yang akan dipasarkan.
  • Mengetahui kebutuhan serta harapan konsumen. Hal ini snagat bermanfaat untuk penyusunan strategi pemasaran.
  • Melakukan jaminan pelayanan terbaik. Sangat penting sales marketing bertanggung jawab demikian agar para konsumen tetap setia selamanya pada produk yang ditawarkan.
  • Melakukan perencanaan produk. Tanggung jawab yang satu ini membutuhkan pengalaman dan kreativitas tinggi.
  • Menyusun strategi penjualan produk. Tanggung jawab yang terakhir ini harus dilakukan secara maksimal agar pemasaran akan tepat sasaran sehingga menarik banyak konsumen.

 

Baca Juga :      Apa itu Digital Marketing : Jenis-jenis, Manfaat, Konsep dan Strateginya

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi, pada intinya profesi sales marketing memiliki tanggung jawab terhadap ketersediaan jumlah barang yang telah terjual serta target penjualan produk dan jasa yang telah ditentukan oleh perusahaan. Hanya saja yang perlu kamu tahu selain mengenai job deskripsi, tugas, kualifikasi serta tanggung jawab dari profesi sales marketing. Kamu juga perlu tahu bahwa profesi yang dihindari banyak orang ini justru sangat menjanjikan dengan berbagai manfaat yang dihasilkan.

Selain mendatangkan banyak teman dan relasi yang luas karena harus berhadapan dengan banyak konsumen, sales marketing bisa mendapatkan banyak pengalaman, intensif yang cukup besar sebagai tambahan gaji pokok. Posisi sebagai sales marketing sesungguhnya memiliki jenjang karir yang baik dan cepat, dan ini salah satu manfaat besarnya juga. Profesi sales marketing sudah banyak membuktikan akan mendatangkan manfaat yang luar biasa dan jangan pernah menganggap remeh dan pekerjaan ini.
 

 

Related Post :

popup image