Plugin untuk Afiliasi Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Affiliate marketing merupakan salah satu metode pemasaran atau bisnis, yaitu ketika seseorang mendapatkan sejumlah komisi yang berhasil didapatkan setelah melakukan promosi pada produk si pedagang. Program afiliasi ini tidak selamanya dilakukan oleh individu, sekelompok orang atau bahkan perusahaan sekalipun bisa untuk mengikuti program afiliasi yang disediakan. Banyaknya perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing, membuat plugin afiliasi banyak dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan plugin ini untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus keluar rumah.

Pendapatan di tengah pandemi menurun hampir di semua orang, jika Anda salah satunya dan ingin mendongkrak pendapatan bisa memanfaatkan plugin satu ini untuk memulainya. Plugin-plugin yang ada menyediakan banyak fitur sehingga Anda akan mudah dalam menjalankannya, plugin ini bukan lah diperuntukkan kepada orang dengan kemampuan profesional saja. Anda yang merupakan seorang pemula pun bisa leluasa menggunakan plugin yang Anda untuk afiliasi pada website WordPress yang Anda jalankan, strategi yang benar bisa membantu Anda untuk mulai menambah keuntungan hanya dari rumah.

Sistem kerja yang berantakan di tengah pandemi saat ini membuat Anda mengatur dan mengelola website afiliasi hanya dengan cara manual, pekerjaan manual ini tentu melelahkan juga sangat tidak direkomendasikan untuk Anda seorang pemula. Membutuhkan waktu yang lama untuk mengimbangi jumlah link yang dimiliki dengan link dari para pemain afiliasi yang sudah ada.

 

Plugin-plugin untuk Afiliasi

Plugin untuk Afiliasi Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan
 

Ada banyak plugin afiliasi yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan pendapatan, berikut ulasannya.

 

  1. Pretty Link

    Menjadi salah satu dari sekian banyak plugin yang bisa jadi andalan Anda pengguna WordPress, paling utama untuk memanfaatkan sistem monetasi berbasis program afiliasi. Umumnya mereka menggunakan plugin ini untuk mempersingkat alamat URL sehingga menjadi mudah untuk dibagikan dan tentunya praktis, dari segi fitur pretty link cukup lengkap. Karena satu plugin ini saja Anda bisa melakukan penyingkatan URL, melihat statistik dari tautan link yang banyak di klik, menyortir informasi berdasarkan dari alamat IP, melihat lokasi geografis, waktu dilakukannya klik link dan banyak lagi yang lainnya. Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi pengguna untuk meningkatkan dan mendongkrak potensi dengan keuntungan besar, Anda bisa mengunduhnya melalui laman resmi milik WordPress secara gratis. Kualitas yang diberikan plugin ini sudah tidak diragukan lagi sebab sudah lebih dari 200 ribu pengguna aktif yang memberi rating hampir sempurna untuk plugin satu ini.

  2. MonsterInsights

    Kemampuan dalam hal menganalisis strategi menjadi salah satu kunci kesuksesan untuk mengikuti program afiliasi, Anda setidaknya memerlukan data atau statistik pengunjung yang bisa diolah untuk bisa mulai menyusun strategi yang baik dan efektif. Kebutuhan data trafik yang masuk ke dalam website bisa dengan menggunakan plugin satu ini secara gamblang langsung dari dashboard WordPressnya, plugin ini cukup diminati karena fitur tracking Google Analytics yang bisa digunakan hanya dengan beberapa kali klik saja. Kecanggihan fitur yang dimilikinya membuat plugin ini sudah diunduh lebih dari dua juta pengguna aktif dengan review yang mendekati sempurna.

  3. Affiliate WP

    Anda merupakan tipe blogger yang mengandalkan monetize melalui kegiatan penjualan, maka plugin satu ini bisa jadi pertimbangan untuk menunjang pemasaran blog Anda. Merupakan salah satu plugin yang memiliki tools cukup powerfull dan mudah untuk Anda gunakan, untuk menunjang aktivitas pengaturan link menuju produk aplikasi menjadi salah satu kelebihannya. Selain itu Anda bisa langsung mengatur tracking penjualan yang sudah terintegrasi dengan website e-commerce.

  4. MailChimp for WordPress

    Salah satu komponen penting bagi Anda pengguna blogger untuk kepentingan pemasaran link afiliasi yang lebih luas, dengan menginstall plugin satu ini Anda tidak hanya memiliki potensi penjualan yang bagus dari banner atau artikel saja tetapi juga dari email marketing yang biasanya berisi newsletter, weekly catalogue, dan formulir subscribe yang dikirim secara personal via email. Sayangnya fitur-fitur yang ada harus dibayar biaya berlangganannya agar bisa digunakan secara optimal, untuk versi gratis atau trial nya Anda hanya akan mendapatkan fasilitas membuat tiga form dan tidak bisa menyimpan kontak secara bebas. Namun plugin ini masih tetap bisa Anda coba untuk meningkatkan potensi keuntungan yang lebih besar lagi.

  5. ThirstyAffiliates

    Plugin satu ini tercatat sebagai salah satu yang menawarkan berbagai fitur kekinian yang memudahkan Anda mengelola link afiliasi melalui dashboard WordPress, fitur yang paling banyak disukai dari plugin ini adalah kemudahan dalam mengorganisir link secara massal dan menghemat waktu kerjanya. Para pengembangnya juga menawarkan fitur handal seperti dalam kemudahan memasukkan link afiliasi ke artikel postingan, mengkategorikan link berdasarkan referral, dan mampu menyembunyikan link yang dirasa sudah tidak lagi menguntungkan.
     

    Baca Juga : Plugin untuk Pop Up Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

  6. OptinMonster

    Plugin ini memberikan Anda kebebasan dalam mengatur dan mengarahkan pengunjung untuk mau berlangganan melalui email atau dengan nomor telepon, Anda akan memiliki dua keuntungan yaitu database pelanggan yang potensial dan yang kedua berupa perluasan channel penjualan dibantukan dengan penggunaan email marketing.

  7. Ultimate Affiliate Pro

    Plugin satu ini sudah bisa terintegrasi dengan e-Commerce dengan mengaktifkan sistem membership dan pemeringkatan yang didasarkan pada kinerja referral, plugin ini juga memberikan keluasan pada pemilik websitenya menggunakan sistem level komisi, bonus, dan reward yang berbeda-beda. Selain mendukung pengguna afiliasi, plugin ini mampu memberi fungsi spesial dengan menghadirkan diskon spesial, link generator, hingga sistem dompet digital yang tersedia untuk bisa berbelanja langsung dari website yang bersangkutan. Segudang fitur canggihnya hanya bisa digunakan dengan plugin versi berbayarnya, harga yang perlu Anda bayarkan untuk menggunakan plugin ini berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 800 ribu untuk setiap lisensinya yang didasarkan pada kurs dollar.

  8. EasyAzon

    Mungkin Amazon menjadi salah satu situs kurang populer di kalangan shopaholic Indonesia, namun ternyata situs ini sudah cukup terkenal di kalangan blogger yang memberikan komisi menarik untuk program afiliasi. Untuk Anda yang menginginkan penambahan pendapatan, Anda bisa menggunakan program afiliasi dari Amazon yang bernama EasyAzon yang memungkinkan pelanggan Anda untuk langsung mencari barang pada blog.

  9. Affiliates Manager

    Plugin yang sangat cocok untuk digunakan oleh para pelaku UMKM karena mendorong penjualan barang dan jasa yang Anda tawarkan secara global, plugin ini bisa diintegrasikan dengan website berbasis WooCommerce, WP e-Commerce dan sebagainya dengan memberikan komisi penjualan kepada siapa saja yang mengikuti program afiliasinya.

  10. Easy Affiliate Links

    Plugin ini sangat wajib digunakan oleh pengguna affiliate marketing karena kemampuannya dalam mengatur link referral, seperti dalam memperpendek link hingga membatasi link yang ingin ditampilkan.

 

Baca Juga   :   Plugin untuk Under Construction Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Strategi yang Diperlukan

Plugin untuk Afiliasi Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan
 

Anda seorang blogger yang berniat untuk menjalin kerjasama afiliasi dengan sebuah brand dengan tujuan mempromosikan produk mereka dalam situs milik Anda, maka Anda memerlukan tips dan strategi yang bisa digunakan untuk mendatangkan pelanggan berikut ini.

 

  • Menulis Konten yang Berkualitas

    Dalam menjalankan kerjasama afiliasi, Anda perlu mencoba cara ini untuk mulai mendapatkan kunci keberhasilan. Karena konten yang berkualitas akan lebih mudah untuk menarik perhatian para pembacanya dan menaikkan trafik dari sebuah website, besarnya komisi yang Anda dapatkan tentu didasari oleh dua komponen tersebut. Merchant akan senang bekerja sama dengan content creator yang memahami apa yang ia lakukan, blogger dengan kualitas rendah tentu tidak menjadi pertimbangan merchant mengajukan kerjasama. Anda harus mampu memberi jaminan bahwa konten dan promosi yang Anda buat memiliki kualitas yang layak diacungi jempol.

  • Menerapkan SEO

    Untuk menjangkau berbagai kalangan dan pengguna lain, Anda membutuhkan optimalisasi SEO. Peringkat blog dan postingan bisa menghasilkan hal bagus di mesin pencari berkaitan dengan kualitas SEO nya, apalagi jika mampu menjangkau target pasar Anda. Kata kunci yang punya relasi dengan produk yang akan dipromosikan membutuhkan penerapan SEO yang baik,optimasi konten, dan pelacakan kenaikan trafik.

  • Menggunakan Media Sosial

    Website yang berkualitas saja tidaklah cukup, diperlukannya juga sosial media sebagai salah satu tools yang efektif untuk meningkatkan brand awareness. Untuk menaikkan trafik dan memperluas jangkauan audiens, Anda bisa menggunakan media sosial untuk membagikan postingan blog. Anda membutuhkan strategi untuk memastikan postingan Anda bisa menjangkau orang sebanyak mungkin dan engagement Anda yang memuaskan.

  • Upselling

    Keuntungan lebih banyak bisa Anda dapatkan dari menjual suatu produk dengan harga yang sedikit lebih mahal, menerapkan metode ini tidak berarti Anda bebas untuk menjelekkan kualitas produk orang lain. Beri penjelasan secara singkat agar pelanggan mengetahui seberapa layak barang yang Anda promosikan untuk mereka beli, apakah sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak. Pelanggan yang awalnya hanya melihat-lihat bisa jadi tertarik untuk membeli ketika melihat pesan singkat yang Anda jelaskan terkait barang tersebut, sehingga jika mereka merasa bermanfaat terhadap barang promosi tadi tentu ia akan kembali lagi kepada Anda dan menjadi pelanggan setia.

 

Baca Juga  :   Plugin untuk Coming Soon Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Terkait affiliate marketing tentu pembahasan yang timbul tidak terlepas dari pembicaraan soal trafik dan kemampuannya dalam mendorong lead, untuk memaksimalkan trafik yang masuk namun belum sempat melakukan pembelian atau klik web Anda bisa mengubahnya menjadi subscriber. Untuk mendapatkan hasil dari afiliasi yang bagus, Anda membutuhkan beberapa strategi yang bisa dilakukan. Anda bisa mencobanya satu persatu untuk menyesuaikan pada website milik sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba keseluruhan daripada tidak mengetahui sama sekali hasilnya.

Pemasaran yang menggunakan afiliasi belakangan semakin populer dengan tingkat kesuksesannya yang tinggi dan hasil jangka panjang yang akan didapat, tak heran jika plugin ini memiliki peran penting dalam proses panjang sebuah pemasaran. Plugin-plugin di atas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk melakukannya demi mendongkrak pendapatan dengan menggunakan website, sesuaikan dengan fitur yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu memakai versi premium jika versi gratis saja sudah cukup membantu dalam pengembangan afiliasi Anda, untuk menghindari banyaknya pengeluaran kedepan.

Related Post :

popup image