Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Sekarang ini adalah zaman yang serba online dan digitalisasi. Oleh Karen itu, ini juga ini adalah waktunya para pebisnis lebih maju dalam promosi, yang dulu hanya mengandalkan promosi tradisional saatnya beralih ke promosi modern menggunakan promosi online. Maka anda harus belajar digital marketing untuk pemula sebagai bekal menjalankan digital marketing yang bagus, tepat sasaran dan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Cara pemasaran ini memang masih baru dan membingungkan bagi beberapa orang pebisnis yang hanya mengetahui cara menjual konvensional. Namun sekarang ini hampir semua hal telah beralih menggunakan perangkat pintar dan online. Jadi mau tidak mau siapa saja yang berada dalam dunia usaha, perusahaan bahkan organisasi sekalipun ikut juga mengikuti arah perubahan zaman yakni digitalisasi dan online.

Bagi yang belum mengerti tentang digital marketing, mari kita sama-sama belajar digital marketing dengan mengenal terlebih dulu strategi apa yang perlu anda pahami dan kuasai sebelum masuk dalam pengguna digital marketing yang efektif. Berikut ini apa saja yang harus Anda pahami mengenai menggunakan ide digital marketing yang bisa Anda terapkan nanti untuk bisnis dan usaha Anda.

 

Panduan Mudah Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula
 

Hal paling mendasar yang perlu dikuasai oleh seorang digital marketing yang bagus yaitu mereka harus bisa menciptakan konten dalam bentuk tulisan, karena konten tersebut begitu penting dan dibutuhkan pada seluruh channel strategi digital marketing. Andaikan Anda belum paham mengenai penulisan artikel Anda bisa belajar cara membuat konten yang menarik dengan belajar digital marketing untuk pemula :

 

  1. SEO atau Search Engine Optimization

    Seorang penulis konten sebaiknya mengerti kaidah SEO. Search Engine Optimization adalah salah satu dari pada teknik pengoptimasian website pada halaman pencarian Google supaya berada dan muncul di halaman pertama. Maka, dengan konten yang ada di halaman pertama di mesin pencarian ada keuntungan yakni, potensi pengunjung pada situs Anda meningkat, jadi semakin besar kemungkinan produk Anda dilihat dan dinikmati pelanggan.
     
    Teknik Search Engine Optimization ada dua yang sering digunakan saat ini, yakni, teknik SEO On Page juga teknik SEO Off Page. Anda harus tahu bahwa penggunaan teknik SEO ini tidak dapat dikerjakan dengan instan karena membutuhkan waktu cukup lama dalam membangunnya dari awal. Namun, andai SEO telah jadi, Anda cukup focus kepada teknik digital marketing lain.

  2. SMM atau Social Media Marketing

    Social Media Marketing merupakan salah satu kegiatan yang membantu promosi produk, baik barang atau jasa di perusahaan Anda dengan memakai akun social media. Membaca pengertiannya cukup simple bahkan bisa digambarkan begitu mudah dilakukan oleh semua orang. Namun dalam menjalankan strateginya kenyataan cukup sulit, Anda tidak sekedar mempunyai media sosial saja dalam bisnis tersebut, tetapi Anda juga harus mempunyai strategi pada pembuatan konten supaya bisa diterima banyak orang.
     
    Supaya strategi SMM digital marketing Anda berhasil, Anda butuh menjalankan riset dahulu berkaitan tentang selera pasar, persaingan produk, juga target market. Kalau Anda sudah bisa mengetahuinya tingga implementasikan di akun social media bisnis yang digunakan, misalkan, Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.

  3. Content Marketing

    Content marketing merupakan salah satu dari teknik digital marketing yang didalamnya ada pembuatan konten juga distribusi konten untuk konsumen dengan relevannya bisnis yang Anda kerjakan. Pada Content marketing ada 3 hal penting, yakni mendatangkan berbagai traffic, meningkatkan kepercayaan serta penjualan.
     
    Baca Juga :   Tutorial Cara Belajar Digital Marketing untuk Usaha Property

  4. Email marketing

    Pemanfaatan email dalam belajar digital marketing untuk pemula perlu dilakukan, jadi bagi Anda yang belum punya email harus segera membuatnya. Hal ini sebagai cara ampuh, sebab email telah masuk dalam interest dari pada produk jasa maupun barang yang dijual.
     
    Hal lainnya Anda menjalankan retargeting konsumen supaya lebih gampang dengan database email para pelanggan. Bagi pengelola email list hingga ribuan, biasanya butuh memakai tool email marketing supaya lebih mudah dalam menjalankan management list email yang dipunyai.

  5. PCC atau Pay Per Click

    Menggunakan iklan dengan metode PPC sekarang ini begitu diminati, sebagai pembeli cukup membayar sesuai keinginan iklan yang dipilih konsumen. Maka dari budget dalam digital marketing tidak membutuhkan banyak pada segi mana pun dibanding menggunakan iklin model yang konvensional.

 

Setelah mengetahui bagaimana pentingnya hal di atas, sekarang saatnya kita belajar digital marketing untuk pemula dengan mengetahui langkah-langkah belajar digital marketing untuk pemula supaya bisa menjalankan digital marketing yang efektif.

Baca Juga :   Apa itu Digital Marketing : Jenis-jenis, Manfaat, Konsep dan Strateginya

 

5 Langkah Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula
 

Belajar digital marketing untuk pemula bisa dilakukan oleh siapa saja, bukan hanya untuk pengusaha atau pekerja sama, namun Anda juga bisa menjalankan digital marketing dengan beberapa langkah berikut terutama bagi pemula :

 

  1. Punya target produk atau market

    Pertama Anda harus memilih bagaimana target pasar serta produk Anda, mana konsumen yang akan Anda bidik untuk membeli barang atau menggunakan produk Anda. Contohnya, Anda lebih memilih pasar dengan pelaku usaha juga bisnis yang usianya 20 hingga 40 an dan produknya merupakan digital marketing.

    Misalkan yang lain, yang notabene memiliki mobil dan mobilnya bermasalah dengan bau tidak sedapnya, maka Anda harus menyiapkan produk yang bisa menetralkan bau mobil dengan ampuh. Jadi, Anda perlu mencari masalah terlebih dulu sebelum menentukan market atau produk, dan Anda bisa menggunakan promosi dengan : Saya mempunyai pengalaman dengan bau mobil yang aneh, sehingga Saya tidak tahan ingin mabuk dan pusing, dengan demikian menggunakan produk ini Saya bisa merasakan mobil lebih baik dan tidak bau lagi.

  2. Pilihlah produk paling bagus dan memberi solusi

    Setelah Anda mengetahui bagaimana target pasar juga produk yang dibutuhkan, selanjutnya adalah mencari produk atau jasa apa yang cocok untuk masalah tersebut, sehingga bisa memberikan solusi bukan hanya janji promosi. Misalkan, pengusaha clothing gagal mengalami kegagalan, sebab berpikir berkaitan dengan produk yang begitu bagus, bahan bagus, desain bagus, dan lainnya dan tidak memikirkan satu hal berkaitan tentang solusi apa yang diberikan atau ditunjukkan pada produk tersebut.
     
    Baca Juga :   Mengenal Apa Perbedaan Sales & Marketing dalam Bisnis / Perusahaan

  3. Buatlah website pribadi

    Membuat website pribadi adalah wajib, jadi jangan berpikir Anda ingin menumpang saja pada marketplace maupun yang lain, sebab website merupakan toko Anda yang berada pada internet. Dengan memiliki website milik sendiri Anda pasti lebih maksimal dalam mendesain, mengisi berbagai konten, sampai mengiklankan website Anda dengan tidak memikirkan banyak competitor.

  4. Bangun media sosial

    Sebaiknya Anda juga membangun media sosial dengan membuat akun pada, Instagram, Facebook, Linkedln, Twitter. Pilih mana yang anda sukai minimal 2 saja dan paling bagus kalau menggunakan semuanya. Namun, Anda lebih disarankan menggunakan 2 saja tapi Anda harus serius memaksimalkan 2 media sosial tersebut dengan mengisi konten-konten yang sesuai dengan produk Anda di media sosial tersebut. Bagi Anda yang baru mengerti belajar digital marketing untuk pemula ini cukup sulit, Anda dapat merekrut staf dengan pelan-pelan terpenting konten yang ada bisa diisi secara rutin.

  5. Memaksimalkan SEO, SEM, juga Sosial Media Ads

    Seperti panduan di atas, Anda harus paham beberapa strategi dalam belajar digital marketing untuk pemula supaya bisa menjalankan pemasaran dengan baik. SEM sendiri adalah Search Engine Marketing yang umumnya memakai Google Ads. Pada media sosial Ads, Anda perlu belajar bagaimana membuat content creative sehingga bisa memenuhi standar iklan di media sosial.

 

Baca Juga :    10+ Marketing Trends 2020 Paling Update yang Wajib Kamu Ketahui

 

Kesimpulan dan Penutup

Digital marketing adalah istilah jenis pemasaran baru yang masih asing ditelinga awam secara umum, tetapi sebenarnya Anda telah melihat cara pemasaran baru ini sejak 10 tahun belakangan ini. Dimulai dari memanfaatkan platform media social hingga platform jual beli seperti Shopee, Lazada, dan lain- lain. Anda juga dapat menggunakan platform ini namun seiring dengan berkembannya bisnis Anda, mempunyai platform sendiri jauh lebih baik serta menguntungkan.

Meski model pemasaran ini terbilang baru, tetapi ini adalah jenis pemasaran yang progresif dan akan terus berkembang dengan banyak kemungkinan. Maka dari itu pelajari dengan baik panduan cara belajar digital marketing ini dengan seksama. Semoga penjelasan belajar digital marketing untuk pemula di atas semoga bisa membantu anda mengembangkan bisnis dengan lebih baik. Mari belajar digital marketing meski dimulai dari cara yang sederhana.

Related Post :

popup image