Rekomendasi Website E-Commerce Terbaik dan Teraman untuk Berjualan di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Salah satu negara Asia yang mengalami perkembangan dalam banyak hal termasuk teknologi internet, seluler, dan digital adalah Indonesia. Kemajuan ini membuat Indonesia menjadi salah satu pasar yang paling dicari secara global untuk e-commerce. Pasar yang termasuk juga dengan adanya pemain lokal besar dan kelas berat global yang saling bersaing dan berjuang untuk pasar yang berkembang pesat ini.

Perkembangan infrastruktur Indonesia yang cepat membuat banyak dari penduduk Indonesia telah mampu mengikuti arus digitalisasi online. Pemilihan mengakses internet melalui perangkat seluler, demografi besar penduduk Indonesia yang terhubung mampu mendorong perkembangan perusahaan teknologi dan ekosistem tanah air, khususnya di bidang pasar belanja online.

Kini semua orang bisa membeli apa saja secara online begitu juga dengan menjualnya. Pasar dan brand besar kini juga harus bersaing dengan penjual kecil meski dengan lingkup yang berbeda tetapi semuanya akan bertemu di website e-commerce. Berikut ini beberapa rekomendasi website e-commerce terbaik dan teraman untuk berjualan di Indonesia.

 

Mengenal Apa Itu E-Commerce

E-commerce adalah istilah populer untuk perdagangan elektronik atau bahkan perdagangan internet. Sesuai namanya, yakni pasar dimana ini adalah pertemuan pembeli dan penjual di internet. Sama dengan kegiatan di pasar umumnya, tempat ini adalah tempat yang melibatkan transaksi barang dan jasa, transfer dana dan pertukaran data.

Perdagangan elektronik, E-niaga atau e-commerce mengacu pada transaksi yang dilakukan melalui internet. Setiap kali individu dan perusahaan membeli atau menjual produk dan layanan secara online, mereka terlibat dalam e-niaga. Istilah ecommerce juga mencakup aktivitas lain termasuk lelang online, perbankan internet, gateway pembayaran, dan tiket online.

 

Jenis dan Klasifikasi E-Commerce

Rekomendasi Website E-Commerce Terbaik dan Teraman untuk Berjualan di Indonesia
 

Apabila diklasifikan berdasarkan jenisnya dengan melihat siapa saja pihak- pihak yang berpartisipasi dan terlibat dalam transaksi di e-commerce, maka e-commerce itu bisa dibagi sebagai :

 

  • Business to consumer (B2C)

    B2B adalah saat bisnis menjual ke bisnis lain dan contoh nyatanya adalah khas toko alat tulis yang menjual peralatan kantor secara massal untuk bisnis. Biasanya perusahaan B2B memberikan tarif diskon per unit jika pelanggan membeli dalam jumlah besar yang merupakan motivasi besar bagi kantor untuk memanfaatkannya.

  • Business to Consumer (B2C)

    B2C adalah model bisnis yang paling umum dipraktikkan di mana pedagang menjual kepada konsumen yang membeli sejumlah kecil produk. Contoh model B2C yang sudah dikenal adalah supermarket tempat konsumen membeli belanjaannya setiap minggu, tetapi mereka biasanya tidak membeli apa pun secara massal.

  • Consumer to Consumer (C2C)

    C2C merupakan model bisnis yang relatif baru dimana konsumen yang sebelumnya membeli sesuatu berusaha untuk menjual kembali barang tersebut ke konsumen lain. Biasanya bisnis ini dijual melalui media online yang bisa mempermudah dan sangat menguntungkan untuk menjual barang yang tidak lagi Anda gunakan seperti di Ebay.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu E-Commerce : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya

 

Manfaat Adanya E-Commerce

Ada alasan mengapa eCommerce telah menunjukkan pertumbuhan eksplosif seperti itu dalam beberapa tahun terakhir. Memang, dengan internet menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisnis juga belajar memanfaatkan berbagai manfaat e-commerce. Beberapa manfaatnya adalah :

 

  • Pasar skala global

    Toko fisik akan selalu dibatasi oleh wilayah geografis sedangkan toko online, atau jenis bisnis e-commerce lainnya, menjadikan seluruh dunia sebagai pasarnya. Beralih dari basis pelanggan lokal ke pasar global tanpa biaya tambahan benar-benar merupakan salah satu keuntungan terbesar dari perdagangan online.

  • Ketersediaan stock sepanjang waktu

    Manfaat besar lainnya dari menjalankan bisnis online adalah selalu terbuka. Untuk pedagang, ini adalah peningkatan dramatis dalam peluang penjualan yang tidak terbatas lagi. Sedangkan bagi para pelanggan, ini adalah opsi yang mudah dan segera tersedia. Karena tidak dibatasi oleh jam kerja, bisnis e-commerce dapat melayani pelanggan 24/7/365.

  • Mengurangi biaya

    Bisnis e-commerce mendapatkan keuntungan dari biaya operasional yang jauh lebih rendah. Karena tidak perlu mempekerjakan staf penjualan atau mengelola etalase fisik, biaya utama e-commerce adalah pergudangan dan penyimpanan produk mereka saja. Bagi yang menjalankan bisnis dropshipping akan dapat menikmati persyaratan investasi di muka yang lebih rendah. Karena pedagang dapat menghemat biaya operasional, mereka dapat menawarkan penawaran dan diskon yang lebih baik kepada pelanggan mereka.

  • Manajemen persediaan

    Bisnis e-commerce dapat mengotomatiskan manajemen inventaris mereka dengan menggunakan alat elektronik untuk mempercepat prosedur pemesanan, pengiriman dan pembayaran. Kemudahan ini dapat menghemat miliaran bisnis dalam biaya operasional dan inventaris.

  • Pemasaran bertarget

    Dengan akses ke begitu banyak data pelanggan dan peluang untuk mengawasi kebiasaan membeli pelanggan serta tren industri yang sedang berkembang. Bisnis e-commerce dapat tetap gesit dan membentuk upaya pemasaran mereka untuk memberikan pengalaman yang lebih disesuaikan dan menemukan lebih banyak pelanggan baru.

  • Melayani pasar khusus

    Menjalankan bisnis tertentu yang tidak umum bisa jadi menyulitkan sedangkan menskalakan produk khusus untuk menjadi populer itu mudah. Di sisi lain, dengan memasuki pasar global, pebisnis e-commerce dapat membangun bisnis sesuai niche yang sangat menguntungkan tanpa investasi lebih lanjut. Dengan menggunakan kemampuan pencarian online, pelanggan dari seluruh penjuru dunia dapat menemukan dan membeli produk Anda.

 

Baca Juga  :      Cara Berjualan di Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan E-Commerce di Indonesia

 

Rekomendasi Website E-Commerce Terbaik Indonesia

Rekomendasi Website E-Commerce Terbaik dan Teraman untuk Berjualan di Indonesia
 

Layaknya membuka usaha apapun dan dimanapun, tentunya memerlukan persiapan dan strategi yang matang. Begitu juga dalam membangung toko online. Tapi semua itu bisa dipercepat dengan bergabung dalam beberapa e-commerce terbaik di Indonesia seperti :

 

  • Shopee Indonesia

    Salah satu pemain terhandal dalam dunia penjualan online terutamanya di negara- negara yang mengutamakan penggunaan seluler. Shopee adalah toko daring yang terdiversifikasi dan seluler yang juga menyediakan pengalaman belanja web biasa. Platform ini menjadi platform penting dan utama di seluruh Asia Tenggara seperti di Singapura, Filipina, Malaysia, Taiwan Thailand, hingga Vietnam.

  • Tokopedia

    Tokopedia adalah pasar online terbesar di Indonesia yang memungkinkan individu dan bisnis untuk membuka dan dengan mudah mengelola toko online mereka sendiri. Didirikan oleh anak bangsa sejak 2009 lalu, e-commerce ini mulai naik dan menjadikan dirinya sebagai e-commerce lokal terbaik.

  • Bukalapak

    Sebagai salah satu marketplace online terkemuka di Indonesia, Bukalapak menyediakan platform e-commerce bagi merek dan individu untuk membeli dan menjual secara online dengan mudah. Bukalapak juga menekankan pada kemudahan dan keandalan e-commerce, memberikan jaminan finansial ekstra kepada para pelanggannya.

  • Blibli

    Blibli merupakan pusat perbelanjaan online dengan beragam penawaran produk mulai dari komputer dan gadget, fashion, kesehatan dan kecantikan, ibu dan anak, rumah dan dekorasi, otomotif. Untuk melengkapi itu semua, Blibli juga juga memberi pengunjung dan pelanggan promosi khusus, tiket, dan voucher.

  • Bhinneka

    Berbeda dari banyak e-commerce kebanyakkan, Bhinneka adalah jaringan e-commerce khusus yang menyediakan komputer dan gadget, elektronik, peralatan rumah tangga, serta aksesori dan perkakas listrik. Dianggap pelopor e-commerce di Indonesia, Bhinneka telah mengembangkan platform webnya untuk menjual produk ini secara online.

 

Baca Juga   :    Mengenal Perbedaan Marketplace dan E-Commerce beserta Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Pasaran c-commerce Indonesia telah menjadi pasar yang memberi potensi besar selama bertahun-tahun karena banyak bisnis tertarik dengan potensinya yang selalu bertumbuh dari waktu ke waktu. Menyadari populasi negara yang besar dan mengantisipasi ledakan digitalnya, perusahaan lokal dan asing, serta investor telah meluncurkan situs web, aplikasi, dan pasar e-commerce mereka di Indonesia.

Bahkan beberapa dari para perusahaan dan investor itu menjadi sangat sukses dengan jutaan pengunjung yang melambung setiap bulannya. Dengan begitu membuat pasaran kecil juga tertarik untuk bergabung dengan e-commerce tersebut. Pasar yang terbuka luas untuk setiap kesempatan pebisnis dan penjual, potensi e-commerce Indonesia akan terus semakin melejit hingga seterusnya.

Related Post :