Cara Berjualan di Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan E-Commerce di Indonesia

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Memang tidak bisa dipungkiri jika sekarang kegiatan manusia yang dulunya dilakukan secara offline sekarang bisa dilakukan dengan mudah secara online. Dunia digital merubah perilaku masyarakat yang sekarang ingin serba praktis dan instan. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini. Pembatasan aktivitas di luar menuntun manusia berpikir efektif bagaimana mereka bisa tetap untuk survive dan internet membuka jalan untuk itu. Misalnya, perubahan aktivitas masyarakat yang sekarang sedang menggemari belanja online. Hal ini mereka lakukan karena berbelanja lewat internet lebih efektif dan efisien serta tidak memberikan risiko penularan virus.

Banyaknya masyarakat yang menggemari belanja online tentu berdampak positif bagi para penjual online. Biasanya banyak dari mereka menjual dagangan melalui berbagai macam platform, seperti sosial media, website, dan situs e-commerce. Nah, yang sekarang lagi tren sekali adalah situs e-commerce, mungkin kalian sudah banyak yang mengetahuinya. Situs e-commerce di Indonesia sangatlah banyak seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lagi. Pada saat pandemi ini mereka mengalami peningkatan pembeli secara eksponensial. Hal ini merupakan kabar baik bagi para penjual/toko online di marketplace tersebut.

Akibat dari tren tersebut maka tidak mengherankan jika banyak yang berminat untuk membuka toko online di situs ecommerce. Namun, apakah kalian tahu cara membuka toko online di situs ecommerce? Cara untuk membuat toko online sebenarnya sangatlah mudah. Kelebihan yang akan kalian dapatkan sangatlah banyak, mulai dari jangkauan pelanggan yang luas, tidak perlu membangun toko, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pada artikel ini aka dibahas mengenai cara berjualan melalui situs ecommerce yang ada di Indonesia. Yuk kita simak bersama-sama!

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu E-Commerce : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya

 

Mengenal Apa Itu Ecommerce?

Sebenarnya banyak yang salah mengartikan tentang apa itu ecommerce, sebenarnya pengertian dari ecommerce yang benar adalah semua aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. E-commerce sendiri merupakan kepanjangan dari electronic commerce, meskipun sarana dari ecommerce ini luas namun istilah sekarang lebih cenderung diarahkan melalui media internet. Karena istilah inilah banyak yang salah paham antara ecommerce dan marketplace. Pengertian dari ecommerce lebih cocok digunakan untuk menjelaskan semua transaksi yang melalui media elektronik.

Nah, tentu ini berbeda dengan istilah dari marketplace, meskipun sebenarnya marketplace merupakan bagian dari ecommerce. Jadi, marketplace adalah suatu tempat yang mempertemuka antara penjual dan pembeli. Di marketplace inilah terjadi transaksi jual beli. Mungkin kalian juga sudah tahu bahwa di negara kita banyak sekali macam-macam marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, Blibli, dan masih banyak lagi. Pada artikel ini nantinya akan dibahas mengenai bagaimana cara berjualan atau membuka toko di situs marketplace tersebut. Cara membuka toko di situs marketplace sangatlah mudah, kalian tidak perlu menyiapkan persyaratan yang ribet dan rumit. Nah, untuk langsung kepada topiknya berikut adalah penjelasan cara berjualan di situs marketplace yang ada di Indonesia.

 

  1. Tokopedia

    Cara Berjualan di Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan E-Commerce di Indonesia

     
    Tokopedia merupakan market leader marketplace di Indonesia sekarang, startup besutan William Tanuwijaya ini berhasil 90 juta pelanggan. Hal ini tentu tidak lepas dari kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Tokopedia, khususnya bagi penjual. Terdapat aplikasi khusus milik penjual yang memiliki tampilan antar muka yang ringan. Kabar baik lainnya adalah proses pencairan saldo yang sangat cepat hanya membutuhkan waktu 1 jam sampai 2 jam saja. Apakah kalian sudah berniat berjualan di Tokopedia? Berikut adalah cara membuat toko online di Tokopedia.
     

    • Download Aplikasi Tokopedia di Play Store atau Apps Store
    • Buka Aplikasi lalu klik Akun setelah itu pilih Akun Toko
    • Kemudia klik “Buka Toko Gratis”, isi data-data yang digunakan untuk membuka toko
    • Masukkan nomor smartphone kalian dan lakuka verifikasi
    • Masukkan nama pemilik akun, usahakan menggunakan nama sesuai KTP untuk keperluan penarikan saldo ke rekening bank
    • Selanjutnya buat nama toko, pastikan nama toko benar-benar sudah dimatangkan
    • Mengisi survei singkat tentang berjualan
    • Kemudian, masukkan alamat toko lengkap
    • Maka Tokomu sudah bisa digunakan sebagai tempat berjualan

     

  2. Bukalapak

    Cara Berjualan di Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan E-Commerce di Indonesia

     
    Bukalapak merupakan salah satu marketpace terbesar di Indonesia saat ini, Perusahaan yang didirikan oleh alumni ITB ini sekarang banyak sekali membantuk para UMKM untuk merambah ke dunia maya.Bagi kalian yang ingin berjualan di Bukalapak banyak sekali keunggulan yang bisa diambil seperti edukasi kewirausahaan secara online, ada lagi kepastian menerima uang pembayaran yang diberikan pelanggan, dan menghitung ongkos kirim otomatis. Nah, buat kamu yang sudah penasaran berikut adalah cara membuat toko di Bukalapak.
     

    • Klik Daftar Daftar pada bagian kanan atas halaman utama Bukalapak(dot)com
    • Masukkan E-mail atau nomor HP mu pada kolom yang tersedia, dan isi data pribadimu dengan benar, lalu klik Daftar
    • Buka email aktivasi dari Bukalapak yang berjudul Segera Lakukan Konfirmasi Email, lalu klik Konfirmasi Email
    • Setelah itu kalian bisa langsung masuk ke dalam akun penjual
    • Lengkapi profil toko kalian
    • Unggah foto produk kalian

     

  3. Shopee

    Cara Berjualan di Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan E-Commerce di Indonesia

     
    Shopee merupakan situs marketplace terbesar di Indonesia selain Bukalapak dan Tokopedia, meskipun sebenarnya Shopee bukan merupakan perusahaan asli Indonesia. Shopee memiliki kantor utama di Singapura yang berada dibawah naungan SEA Group. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan penjual melalui Shopee ini mulai dari pangsa pasar yang luas karena Shopee tidak hanya bergerak di Indonesia saja, Terhubung dengan layanan pengiriman paket, dan selain itu minim sekali risiko kerugian yang diderita penjual. Berikut adalah cara-cara memulai berjualan di Shopee
     

    • Lakukan pendaftaran akun melalui website atau aplikasi Shopee
    • Kemudian lakukan verfikasi nomor telepon dan email
    • Kemudian lakukan pendaftaran nama toko melalui Seller centre atau aplikasi, setelah ituisi data-data yang digunakan untuk membuka toko
    • Masukkan nomor smartphone kalian dan lakuka verifikasi
    • Masukkan nama pemilik akun, usahakan menggunakan nama sesuai KTP untuk keperluan penarikan saldo ke rekening bank
    • Selanjutnya buat nama toko, pastikan nama toko benar-benar sudah dimatangkan
    • Kemudian, masukkan alamat toko lengkap
    • Maka Tokomu sudah bisa digunakan sebagai tempat berjualan

     

  4. Lazada

    Cara Berjualan di Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan E-Commerce di Indonesia

     
    Selanjutnya adalah marketplace yang merupakan bagian dari Alibaba Group, Marketplace ini bernama Lazada. Lazada adalah raksasa ecommerce do Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012. Pada tahun 2014, Lazada beroperasi di beberapa negara asia tenggara salah satunya adlaah Indonesia. Banyak sekali keuntungan yang dimiliki oleh Lazada salah satunya adalah fitur COD yang dapat memudahkan pembeli dan penjual untuk bertemu melakukan transaksi. Berikut adalah cara berjualan di lazada.
     

    • Buka situs Lazada(dot)co(dot)id
    • Cari Menu Menjadi Seller
    • Klik Daftar untuk menjadi penjual sekarang
    • Lakukan pengisian data yang diperlukan dan tekan geser untuk verifikasi
    • Data yang diperlukan seperti KTP, Buku Tabungan pemilik Toko, Izin usaha
    • Lakukan persetujuan terhadap perjanjian di Lazada
    • Toko kalian sudah bisa digunakan

     

  5. Blibli

    Cara Berjualan di Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan E-Commerce di Indonesia

     
    Blibli adalah salah satu marketplace di Indonesia yang berada di bawah naungan PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan dari Djarum di bidang digital dan didirikan pertama kali pada tahun 2010. Blibli berhasil bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakrta Barat dengan biaya infrastruktu hampir mencapai 100 miliar.
     

    • Buka Situs Blibli melalui Blibli(dot)com
    • Lakukan pendaftarna dengan mengklik daftar sekarang
    • Masukkan informasi dan datang-data yang penting mulai dari email, password, nama pemilik toko, nomor smartphone,
    • masukkan juga nomor KTP
    • Setelah itu akan tampil komisi perjanjian kalian dengan blibli
    • Setelah itu kalian bisa mengisi nomor rekening untuk mencairkan transaksi
    • Dan pendaftaran sudah selesia dilakukan

 

Kesimpulan dan Penutup

Nah jadilah itu penjelasan bagaimana cara memulai membuka toko di situs marketplace. Aktivitas belanja online memang sekarang lagi digandrungi oleh masyarakat luas. Bahkan, pertumbuhan ecommerce akan terus tumbuh secara eksponensial. Mengingat hal ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi para penjual khususnya bagi mereka yang sebelumnya hanya bergerak secara online. Mereka bisa merambah bisnisnya ke dunia digital melalui situs marketplace. Banyak sekali situs marketplace yang bisa dipilih oleh para calon penjual, mereka bisa memilih marketplace yang ideal sesuai dengan ciri khas dari marketplace.

Marketplace memang terlihat menjual beragam barang di dalam situsnya, namun apakah kalian tahu jika setiap marketplace memiliki ciri khas produk sendiri-sendiri, contoh saja Shopee yang terkenal dengan produk fashion, sehingga bisa diperkirakan bahwa konsumen mereka adalah kalangan wanita. Contoh lainnya seperti Blibli yang banyak menjual kebutuhan elektronik dana keperluan ibu dan bayi. Jadi, kalian bisa mempertimbangkan terlebih dahulu. Cara untuk menjual di masing-masing marketplace sangatlah mudah bahkan hampir mirip-mirip.

 

Related Post :