Mengenal Perbedaan Marketplace dan E-Commerce beserta Contohnya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan internet, menjadikan bisnis online juga semakin berkembang pesat. Sebab hadirnya internet bisa mempermudah para pelaku bisnis online untuk melakukan transaksi penjualan produk secara online. Saat ini berbagai jenis bisnis online mulai mengembangkan promosi bisnisnya dengan memanfaatkan website, marketplace maupun e-commerce. Akan tetapi, tahukah Anda perbedaan marketplace dan e-commerce?

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang sudah melakukan transaksi perdagangan bisnis berbasis online. Tak heran banyak toko-toko online yang saling berlomba menawarkan produk-produknya kepada calon konsumen. Hal tersebut ternyata juga sebanding dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan secara online melalui internet. Sehingga para pembeli bisa secara mudah mencari produk yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua bisnis online yang ada saat ini merupakan bisnis online shop. Sebab ada juga bisnis yang termasuk dalam kategori marketplace dan E-Commerce. Lalu manakah diantara kedua bisnis online tersebut yang lebih baik dan unggul? Mari simak penjelasan berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Marketplace

Perbedaan Marketplace dan E-Commerce
 

Marketplace adalah sebuah model bisnis yang memfasilitasi pedagang online untuk berjualan atau dalam kata lain dikatakan sebagai perantara pada pedagang online. Melalui Marketplace inilah proses jual beli bisa berjalan lancar, cepat dan mudah. Sebab para pedagang sangat terbantu untuk mempromosikan produk dagangannya serta diberikan fasilitas yang memudahkan transaksi uang secara online.

Selain itu, Marketplace juga dapat diartikan sebagai website yang menyediakan tempat bagi pelaku bisnis online yang ingin menawarkan produk jualannya. Tidak hanya para pelaku bisnis online yang diuntungkan dengan adanya Marketplace, para pembeli juga lebih mudah menemukan berbagai jenis barang dari berbagai macam online shop melalui satu Marketplace saja.

Semua produk yang ditawarkan di Marketplace sudah dilengkapi dengan foto dan detail yang lengkap sehingga pembeli tidak perlu bertanya kepada penjual. Pembeli cukup mengklik tombol beli dan melakukan transfer sesuai harga produk dalam marketplace. Para penjual juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan saat berjualan di Marketplace karena layanan tersebut bisa digunakan secara gratis untuk semua pelaku bisnis online.

Baca Juga :    Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)

Saat ini industri Marketplace di Indonesia berkembang begitu pesat sehingga berbagai Marketplace bermunculan dari tahun ke tahun. Berikut contoh Marketplace di Indonesia yang perlu Anda ketahui :

 

  • Tokopedia

    Marketplace satu ini merupakan karya anak bangsa yang begitu inovatif. Sejak kehadirannya pada tahun 2009 lalu, Tokopedia berhasil merebut hampir sebagian besar market virtual di Tanah Air.

  • Bukalapak

    Marketplace satu ini menggunakan konsep customer to customer sehingga dapat memfasilitasi dan mendukung kegiatan usaha bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

  • Blibli

    Blibli adalah Marketplace yang memiliki konsep mall online di Indonesia. Dimana para penggunanya dapat melakukan transaksi jual beli online kapan saja dan dimana saja melalui situs Blibli.

 

Mengenal Apa Itu E-Commerce

Perbedaan Marketplace dan E-Commerce

Sebagian dari Anda mungkin sulit membedakan antara Marketplace dan E-Commerce. Salah satu perbedaan Marketplace dan E-Commerce yaitu E-Commerce menjual berbagai produk hanya dari website tersebut saja. Sehingga pembeli hanya bisa menemukan satu toko online saja. Berbeda dengan Marketplace yang menyediakan berbagai produk dari toko online yang berbeda.

Selain itu, E-Commerce juga tidak menyediakan tempat berjualan bagi para pelaku bisnis. Harga yang ditawarkan di E-Commerce kebanyakan adalah harga pas sehingga pembeli tidak bisa melakukan proses tawar-menawar. Supaya Anda lebih mudah memahami perbedaan Marketplace dan E-Commerce, berikut beberapa contoh E-Commerce yang perlu Anda ketahui :

 

  • Zalora Indonesia

    E-Commerce satu ini menjual beragam produk fashion dari berbagai brand baik untuk wanita maupun pria. Produk fashion yang ditawarkan tidak hanya pakaian saja, tetapi juga sepatu, produk kecantikan hingga aksesoris.

  • BerryBenka

    Berrybenka menjual berbagai jenis produk fashion dari brand lokal hingga internasional. E-Commerce satu ini sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan fashion ternama untuk menjamin kualitas produk yang ditawarkan.

  • Hijup

    E-Commerce satu ini didirikan pada 1 Agustus 2011 oleh Diajeng Lestari. Dimana Hijup ini khusus menyediakan aneka pakaian muslim, mukena, jilbab, tas, sepatu dan sebagainya. Tidak hanya fokus pada produk fashion wanita, Hijup juga merambah ke produk fashion pria.

  • IDCloudhost

    IDCloudhost bisa menjadi salah satu contoh dari E-Commerce yang dalam hal ini menjual jasa dan layanan seperti domain, hosting, server untuk kebutuhan website dan Aplikasi Anda. IDCloudhost saat ini sudah dipercaya lebih dari 90.000 Customer diseluruh Indonesia bahkan dunia menjadikan IDCloudhost menjadi salah satu Web Hosting Terbaik di Indonesia saat ini.

Baca Juga :     Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020

 

Mengenal Perbedaan Marketplace dan E-Commerce

Berbicara mengenai perbedaan Marketplace dan E-Commerce, maka hal yang paling mencolok di antara keduanya yaitu kemasannya. Sebab Marketplace menyediakan berbagai produk dari berbagai toko online. Sedangkan E-Commerce menyediakan berbagai produk namun hanya berasal dari satu penjual yaitu perusahaan E-Commerce itu sendiri. Secara lebih jelasnya berikut perbedaan Marketplace dan E-Commerce yang perlu Anda ketahui adalah :

 

  • Pendekatan Marketing

    Jika dilihat dari segi pendekatan marketing untuk memperoleh pelanggan, baik Marketplace maupun E-Commerce mempunyai cara yang berbeda. Dimana E-Commerce sangat bergantung dari traffic website serta cara pelanggan bisa menemukan website tersebut. Sedangkan Marketplace umumnya mempunyai banyak merchant sehingga tidak perlu khawatir terhadap traffic. Marketplace hanya perlu fokus pada pembuatan toko online serta meyakinkan pelanggan agar mau membeli.

  • Waktu dan Uang

    Perbedaan Marketplace dan E-Commerce berikutnya adalah dilihat dari segi waktu dan uang. Dimana para penjual bisa lebih mudah membangun toko online melalui Marketplace dibandingkan memakai E-Commerce. Sebab untuk membangun website E-Commerce dibutuhkan waktu yang cukup lama dan maintenance dengan biaya besar. Sedangkan untuk berjualan di Marketplace, Anda cukup mendaftarkan akun saja secara gratis.

  • Pilihan yang Kompleks

    Perbedaan Marketplace dan E-Commerce juga dapat dilihat dari segi pilihannya. Dimana Marketplace menyediakan pilihan produk di halaman utama atau sesuai pengkategorian produk yang disediakan. Sedangkan E-Commerce memberikan keleluasaan bagi Anda untuk menentukan sendiri kategori produk untuk website Anda sendiri sehingga katalog produk lebih kompleks tanpa batasan.

  • Menarik Perhatian Pelanggan

    Dalam menarik perhatian pelanggan, Marketplace dan E-Commerce juga memiliki perbedaan. Dimana perbedaan Marketplace dan E-Commerce tersebut tampak dari kemudahan yang ditawarkan oleh Marketplace dengan adanya banyak pilihan penjual dan kategori yang disediakan. Sebagai penjual, Anda hanya perlu fokus mengembangkan toko agar lebih menarik dibanding toko-toko lainnya. Salah satu caranya dengan memperoleh review yang bagus dari pelanggan. Sedangkan E-Commerce hanya menyediakan satu penjual saja sehingga pilihan pelanggan juga lebih terbatas.

Baca Juga  :    Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Baik Marketplace maupun E-Commerce memang sama-sama baik untuk mendukung perkembangan bisnis online di Indonesia. Anda bisa memilih salah satu ataupun keduanya sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang tidak ingin direpotkan saat membangun toko online sebaiknya disarankan memilih Marketplace saja. Apalagi Anda kini semakin memahami perbedaan Marketplace dan E-Commerce sehingga memudahkan Anda memilih platform bisnis yang tepat.

Perbedaan Marketplace dan e-Commerce memang sudah bisa terlihat dari pengertian kedua platform tersebut. Dimana Marketplace bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku bisnis online yang membutuhkan tempat berjualan terpercaya. Sedangkan E-Commerce merupakan website yang khusus menjual berbagai produk hanya dari website tersebut sehingga para pelaku bisnis online lainnya mungkin tidak bisa bergabung dengan E-Commerce.

Setelah mengetahui perbedaan Marketplace dan E-Commerce tentu kini Anda tidak akan bingung lagi membedakan kedua istilah tersebut. Terlebih saat ini sudah banyak contoh Marketplace maupun E-Commerce yang sukses di Tanah Air. Anda juga bebas mengakses berbagai platform tersebut secara mudah untuk menjual atau membeli produk yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah.

Related Post :